100+ Kata-kata Bahasa Arab yang Mengandung Pesan Moral Beserta Terjemahannya

Read Time:18 Minute, 41 Second

harfam.co.id, Kata Arab Jakarta menjadi salah satu kata yang dijadikan motivasi khususnya oleh umat Islam. Kata kata bijak bahasa arab mempunyai banyak makna dan keindahan yang mampu memberikan hikmah mendalam bagi pembacanya. 

Ketika Anda memikirkan kata-kata Arab yang memiliki pesan yang baik, Anda merasa bahwa kata-katanya kuat dan dalam. Kata kata bijak dalam bahasa arab bukan sekedar tulisan huruf saja, melainkan hikmah dengan hikmah dan kebenaran. Mereka memberi kita pelajaran penting yang dapat menuntun kita menjalani kehidupan yang bijaksana, adil dan bermakna.

Kata-kata Arab ini dapat memberikan latar belakang dan pembelajaran penting. Menerapkan kata-kata ini dalam kehidupan kita sehari-hari akan membantu kita hidup dengan kebijaksanaan dan harapan. Berikut kata-kata berbahasa Arab yang dihimpun harfam.co.id dari berbagai sumber, Jumat (17/11/2023).

1. Saya melihat bahwa Yehuwa berharga bagi alasan Tuhan, dan saya melihat bahwa itu sangat penting bagi kehidupan-Nya. (Qad yamur al-insan bilkathir min al-sa’ab wal-tahadiyat fibiologihi, walakinuhu yajib an yablqa qawian wathabitan fi ma yu’min bih)

Artinya : Seseorang boleh saja menghadapi banyak persoalan dan kesulitan dalam hidupnya, namun ia harus tetap tegar dan teguh pada keyakinannya.

2. Hidup itu ibarat roda sepeda, tidak bisa berhenti lama-lama. (Al-hayat mithl ‘ajjilat al-daraja, la yastatiu al-shakhs al-waqa’ fi makanati tawal al-waqt, yajib an yastamar fi al-haraka hatta yastamti’a bi al-tawazun wal-sa’ada)

Artinya : Hidup itu ibarat roda sepeda, seseorang tidak bisa terus menerus berada pada tempatnya, ia harus terus bergerak agar bisa hidup baik dan bahagia.

3. Jika kamu ingin hidup bahagia, kamu akan bahagia, dan kamu akan bahagia. (Idha kunt tureedu hayatan sa’ida, fa-ibtisme da’iman, fa al-ibtisamah hiya miftahun itulah Futuh qulub al-nas wa Jalb al-amal wa al-farah lil akhirin)

Artinya: Jika ingin bahagia, berbahagialah selalu, karena tersenyum adalah kunci untuk membuka hati orang lain dan membawa harapan serta kebahagiaan bagi orang lain.

4. Kesabaran adalah kunci sukses dalam hidup. (Al-sabr terbuka untuk al-najah fi al-hayat, fa ‘alayna an nata’allam an nasbir ‘ala al-sa’ab wanastamar fi al-sa’i nahnu ahdafuna)

Artinya : Kesabaran adalah kunci sukses dalam hidup, kita harus belajar bersabar ketika menghadapi kesulitan dan terus berjuang untuk mencapai tujuan.

5. Kegagalan adalah langkah awal menuju kesuksesan. (Al-fasl adalah khutwat ‘ulaan nahnu al-najah, fa la takhsha al-fasl bal aftadh minhu wahawil maratan ukhra)

Artinya : Kegagalan adalah langkah awal menuju kesuksesan, jangan takut gagal tapi belajarlah dari kegagalan dan coba lagi.

6. Tuhan ingin segala sesuatunya berjalan lancar dan membahagiakan bagi kita. (‘Alayka an takhtar ahlamik wa taj’alha waqi’an, fa al-iradah al-qawiyah hiya al-miftah li Tahqiq al-najah wal-sa’adah)

Artinya: Anda harus memilih impian Anda dan mewujudkannya, karena keinginan yang kuat adalah kunci kesuksesan dan kebahagiaan.

7. Kepercayaan diri adalah landasan kesuksesan dalam hidup. (Al-thiqah bil-nafs hiya ‘asas al-najah fi al-hayat, fa ‘alayna an numin biqadharatina wanatahadda al-sa’ab bi’i’man al-dhi yadfauna lil-amam)

Artinya: Kepercayaan diri adalah landasan kesuksesan dalam hidup, kita harus percaya pada kemampuan yang kita miliki dan menghadapi tantangan dengan keyakinan yang menggerakkan kita untuk maju.

8. Bahasa Inggris ada di Hariya dan حياة الذرون. (La itu’ watak fi al-karahiyat wal-tadhamur, bal istaghul watak fi khalq taghyir iijabi fi biologisk wa hayat al-akhirin)

Artinya: Jangan buang waktumu dalam kebencian dan pesimisme, tapi gunakan waktumu untuk melakukan perubahan positif dalam hidupmu dan kehidupan orang lain.

9. Al-‘Aqlu Zinah (Al-‘Aqlu Zinah)

Artinya : Kecerdasan dan perhiasan. 

10. العدل سر السلطان (Al-‘Adlu Sirru As-Sulṭān) 

Artinya: Keadilan adalah kunci kekuasaan. Kutipan Arab yang Inspiratif

11. Tersenyum adalah setengah dari obat, itu tidak mengatur hidup Anda. (Al-ibtisamah tuctabar nisfu al-ilaj, fala tadbcaabadan at-tutur yuçītar calabiik.) 

Artinya: Tersenyum adalah separuh dari pengobatan, jadi jangan biarkan depresi mengatur hidup Anda.

12. Sesungguhnya Allah memberinya segala kekuasaan; (Al-caql al-qaawi dan setiap golongan). 

Artinya: Kepala yang kuat adalah landasan dari segala kesuksesan.

13. Percaya diri adalah rahasia sukses yang pertama. (At-thiqat bani nafs hiya al-miftaḥ al-awwal lil-tahaqqiq an-najaḥ.) 

Artinya: Percaya diri adalah kunci pertama menuju kesuksesan.

14. Ketekunan adalah satu-satunya cara untuk mencapai tujuan. (Al-caamal al-ǧaadi adalah at-ṭarīq al-waḥīd lil-tahaqqiq al-ahdaf.) 

Artinya: Kerja keras adalah satu-satunya cara untuk mencapai tujuan.

15. Nama Tuhan untuk hujan. (Al-ḥayat laysat can intiḍar al-caṣifah taman, walakin cal taclum kayfiyyat ar-racṣ taḥt al-maṭar.) 

Artinya: Hidup bukan tentang menunggu badai berlalu, tapi belajar menari di tengah hujan.

16. Tuhan ingin mati. (An-najah laysa adalah al-miftaḥ ila as-saʿādah, bal as-saʿādah hiya al-miftaḥ ila an-najaḥ.) 

Artinya: Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan, namun kebahagiaan adalah kunci kesuksesan.

17. Jalani hidupmu dengan bebas dan bebas. (Cīš hayātik bi-ḥurriyyah wa istimtiʿā, fahiya laḥaẓāt lan tutakkarir.) 

Artinya : Miliki kebebasan dan kebahagiaan, karena momen itu tidak akan pernah terulang kembali.

18. Memang benar demikian; (Al-amal adalah quwatak biologis, la tufqidhuhuabadan.) 

Artinya: Harapan adalah kekuatan dan hidupmu, jangan sampai hilang.

19. 19. 19. 19. 19. (Al-cuzīmah hiya as-silah al-aqwa fī muhadapat at-tahaddiyāt.) 

Artinya : Tekad adalah alat yang paling ampuh untuk mengatasi masalah.

20. Kesabaran adalah kunci kesuksesan. (Aṣ-ṣabr dan al-miftaḥ dalam fawz dalam an-nihāyah.) 

Artinya:  Kesabaran adalah kunci kesuksesan.

21. التحبت في الحياة العسيبة segera menang. (At-thabat fi al-awaqit al-casībah yucacil an-najaḥ qarīban.) 

Artinya: Ketekunan di masa sulit mendekatkan kesuksesan.

22. Kegagalan bukanlah akhir dari sebuah cerita, tapi awal dari sebuah cerita yang baik. (Al-fašl laysa nihayat al-qaṣṣah, bal dan bidāyat dalam qaṣṣah afḍal.) 

Artinya: Kegagalan bukanlah akhir dari sebuah cerita, melainkan awal dari sebuah cerita yang baik.

23. Ingatlah bahwa Anda bisa, meskipun orang lain mengatakan Anda bisa. (Tadhakkar dāʼiman anka tastaṭīc, hattā camā an yuḫbiruka al-āẖarūn anka lā tastaṭīc.) 

Artinya : Ingatlah selalu bahwa kamu bisa, meskipun orang lain mengatakan kamu tidak bisa.

24 Tidak ada تتفرق بالرقبة sendirian, بل علم الجاد والاجتهاد. (Al-aḥlām la tatḥaqqiq bi ar-riḡbah fa-ḥuṣub, bal bi al-caamal al-ǧād wa al-ijtihād.) 

Artinya : Impian tidak hanya tercapai dengan keinginan saja, namun dengan kerja keras dan usaha.

25. Mulailah hidupmu hari ini, jangan menunggu hari esok. (Begdāʼ hayātik al-yawm wa la tuntadhir gadan, fal waqt dan al-ʼāna.) 

Artinya : Mulailah hidupmu sekarang, jangan menunggu hari esok, karena sekaranglah waktunya.

26. Sesungguhnya kamu adalah تعليبية ستجلب النور dan السعدة لحياتك وحياة علونة. (Kun kash-shams allati tashruq biishraha wa tanir lilljamii’ dun tamiiz aw tahyiz, wa taakid ‘an al-iijabiyah satajlib al-nur wal-sa’ada lihayatik wa hayat al-‘akhirin)

Artinya: Jadilah seperti matahari yang menyinari dan menyinari segala sesuatu tanpa prasangka atau diskriminasi, dan pastikan pikiran positif membawa cahaya dan kebahagiaan dalam hidup Anda dan orang lain.

27; Al-‘ilmu Hayāt al-qulūb wa nūr al-aẓhān. 

Artinya: Pengetahuan adalah kehidupan bagi hati dan cahaya bagi pikiran.

28. Pohon besar tumbuh dari benih kecil, jangan takut dengan ilmu. Ash-shajarat al-kabīrah tanbut min bid’ah ṣaghīrah, falā tastaḥīn bial-‘ilm al-basīṭ. 

Artinya: Pohon besar tumbuh dari benih kecil, jangan remehkan ilmu pengetahuan sederhana.

29. Jangan pernah berhenti belajar. Itu adalah alat ampuh Anda dalam perjalanan hidup. Lā tata”an at-talim. ‘Innahu silāḥuka al-aqwa fī raḥlati al-ḥayāh. 

Artinya: Jangan pernah berhenti belajar. Itulah senjatamu yang paling ampuh dalam perjalanan hidup.

30 Ragi suci itulah yang dibuat oleh Yehuwa; Al-‘ilmu al-ḥaqīqī mā yuj’al al-‘insān adalah yadurak jahlahu. 

Artinya: Ilmu yang hakiki itulah yang menyadarkan manusia akan kebodohannya sendiri.

31.  

Artinya: Kesabaran adalah kunci kesuksesan.

32. Pengetahuan tidak hanya ada dalam buku, tetapi juga dalam peristiwa.  (Al-‘ilmu laysa faqat fī al-kutub, bal fi at-tajārib ayyiḍan.)

Artinya: Pengetahuan tidak hanya ada dalam buku, tetapi juga dalam pengalaman.

33. Saya akan hidup sendiri;  (Hukum Ta’allam kama kuntu sa’īsha ‘ilā al-‘abad, wa ‘amal hukum kama kuntu sutūtu gadan.)

Artinya: Belajarlah jika kamu hidup selamanya, dan lakukanlah jika kamu mati besok.

34. Pengetahuan adalah subjek kebebasan dan jalan ke depan. (Al-‘ilmu adalah bāb al-ḥurriyah waṭ-ṭarīq ‘ilā at-taqaddum.)

Artinya: Pengetahuan adalah pintu gerbang menuju kebebasan dan jalan menuju kemajuan.

35. العلم لا عرض المزيد حوداًا, فابخل عنه في كل وقت دي مكان. (Al-‘ilmu la ya’rif ḥudūdan, fabḥuth ‘anhu fī kulli waqtin wa-makān.)

Artinya: Ilmu pengetahuan tidak mengenal batas, maka carilah ilmu kapan saja dan di mana saja.

36. 36.  memberi Anda kekuatan, dan kemampuan untuk mengubah dunia. (Al-‘ilmu ya’tīka al-quwwah, wal-qudrah ‘alā taghyīr al-‘ālam.)

Artinya: Pengetahuan memberi Anda kekuatan dan kemampuan untuk mengubah dunia.

37; (Al-‘ilmu la yamḥū al-jahl wahidah, bal al-‘amalu al-mustamirr wal-muṭāla’ah al-jayyidah.) 

Artinya: Ilmu tidak hanya menghilangkan kebodohan, tetapi juga kerja keras dan bacaan yang baik.

38. Jangan lupakan kegagalan dalam belajar, kegagalan adalah bagian dari pengalaman dan pertumbuhan. (La takhshā al-faṣl fī at-ta’lim, fa-l-faṣlu adalah juz’ min at-tajruba wa-n-namū. )

Artinya : Jangan takut gagal belajar, karena kegagalan adalah bagian dari pengalaman dan pertumbuhan.

39. Pengetahuan bernilai setiap usaha dan pengorbanan. (Al-‘ilmu yastahiqqu kulla al-juhūd wa at-taḍḥiyāt.)

Artinya: Ilmu itu sepadan dengan segala usaha dan pengorbanan.

40. Pengetahuan adalah kekuatan; (Al-‘ilmu adalah silāḥ al-ḍu’afā’ wa dur’ al-aqwiyā’.)

Artinya: Pengetahuan adalah senjata bagi yang lemah dan perisai bagi yang kuat.

41. Belajar tidak bergantung pada usia, itu adalah perjalanan seumur hidup. (At-ta’allumu la yu’tamidu ‘alā al-‘umar, ‘innahu raḥlatun mustamirrah madā al-ḥayāh.)

Artinya: Belajar tidak bergantung pada usia, melainkan perjalanan seumur hidup.

42. Pengetahuan bukanlah suatu kondisi, melainkan cara hidup. (Al-‘ilmu laysa thaqafah, bal adalah uslūb Hayah.)

Artinya: Pengetahuan bukan sekedar budaya, tetapi cara hidup. Kata Kata Bijak Bahasa Arab Tentang Persahabatan

43. Seorang teman itu seperti surga di bumi. (As-sadiq mathal al-jannah fi al-ard)

Artinya: Sahabat itu ibarat surga dunia.

44 Jangan katakan apa pun tentang ; (La tata’b nafsak fi irzā’ al-asdiqā’, falsudaqat al-haqiqiyah taqbala al-nas kama hum)

Artinya : Jangan khawatir dalam berusaha menyenangkan sahabatmu, persahabatan sejati menerima orang lain apa adanya.

45. Teman sejati adalah sinar matahari di hari-hari gelap. (Al-asdiqā’ al-haqiqiyun hum ash’ā’ al-shams fi ayyam al-thalam)

Artinya: Sahabat sejati bersinar di hari-hari gelap.

46. ​​​​. . dan (Al-mahabah al-haqiqiyah la tatlāshi bimurur al-waqit)

Artinya: Cinta sejati tidak pudar seiring berjalannya waktu.

47. Allah menghendaki (Inn as-sudaqah al-kadhbah tushbih az-zuhur al-jamīlah walakinha tudhbil bis-su’rah).

Artinya: Persahabatan palsu itu ibarat bunga yang indah namun cepat layu.

48. Persahabatan adalah makanan. (As-sudaqah hiya ghidā’ ar-rūh)

Artinya: Persahabatan adalah makanan kehidupan.

49. Ceritakan tentang latar belakang Anda. (Anta kal’asifah allati tnir haiti as-sawdā’)

Artinya: Kamu ibarat badai yang menerangi kehidupanku yang kelam.

50. Persahabatan bukanlah jumlah hari yang Anda habiskan bersama, tetapi kualitas momen pertemuan Anda. (As-sudaqah laisat bi’adad al-ayyam allati taeisha ma’a, bal bi-jawdat al-lahdhat allati taqadiaha)

Artinya: Persahabatan bukan tentang waktu yang dihabiskan bersama, tapi kualitas waktu yang dihabiskan bersama.

51. Hanya sedikit teman yang mengetahui segalanya tentang Anda dan terus mencintai Anda. (Al-asdiqā’ hum al-qalā’il alladhīn yaerifūna setiap shay minak wa yastamiruna fi hubbak)

Artinya: Sahabat adalah orang-orang langka yang mengetahui segalanya tentangmu dan masih mencintaimu.

52. Cinta sejati adalah cinta yang mendukung Anda dan berdiri di sisi Anda di saat-saat sulit. (Al-hubb al-haqiqiy adalah al-huwa alladhi yuda’mmūk wa yaquf ila jambak fi awqat al-shada’id)

Artinya: Cinta sejati adalah cinta yang membantu Anda dan berdiri di sisi Anda di masa-masa sulit.

53 Teman sejatimu mendengarkanmu bahkan tanpa berbicara. (Al-asdiqā’ al-haqiqiyun yasma’ūnak hatta ‘indama la tatakallam)

Artinya: Sahabat sejati mendengarkanmu meski kamu diam.

54 Persahabatan hidup di hati kita selamanya. (As-sudaqah tamansh fi qulubuna ila al-abad)

Artinya: Persahabatan hidup di hati kita selamanya.

55. Kebenaran sebenarnya adalah tautan yang tidak perlu dihubungkan. (Al-ukhuwah al-haqiqiyah hiya ar-rawabit allati la yujabar ‘alayha ad-dam)

Artinya : Hubungan yang sejati adalah suatu ikatan yang tidak terikat oleh darah.

56. Teman menghapus air matamu dan tersenyum. (Al-asdiqā’ yamsahuna dumū’ak wa yaj’abesar tubtasm)

Artinya: Temanmu menghapus air matamu dan tersenyum.

57 Persahabatan membuat hidup menjadi indah. (As-sudaqah taj’al al-hayat ajmal)

Artinya : Persahabatan membuat hidup menjadi lebih indah.

58. Sesungguhnya يما تستغله فتفوز ومما تهدره فتخسر. (Algat kalsayf, ima tasta’lehu fatufuza wa ima tahdharahu fatukhsar.)

Artinya: Waktu itu ibarat pedang, bisa dimanfaatkan untuk menang, atau dibuang begitu saja.

59 Sesungguhnya tidak ada عبد على عرض المزيد; (Algat ni’mah la ya’ud marra ukhra, liza istghluhu bihikmah.)

Artinya: Waktu adalah anugerah yang tidak dapat dikembalikan, maka pergunakanlah dengan bijak.

60. Nikmati setiap momen, itu tidak akan pernah kembali. (Astamta’ bi kulli lahzhah, fa’in aljaqt la ya’ud marra ukhra.)

Artinya : Nikmatilah setiap momen, karena waktu tidak dapat diputar kembali.

61. Waktu adalah al-athman la altharwah alkabirah.

Artinya: Waktu adalah sumber daya yang berharga, bukan komoditas yang berharga.

62. Gunakan waktu Anda dengan bijak, dan investasikan uang nyata Anda. (Astathmir waqtaka bidhikaa’, fa alwaqt adalah ra’s almakan alhaqiqi.)

Artinya: Gunakan waktu dengan bijak, karena waktu adalah uang yang nyata.

63. Jangan buang waktumu dengan hal-hal kecil, hidup ini singkat dan waktu singkat. (La waqtaka bi’umur tafihah, fa al’umr pendek wa alwaqt thamin.)

Artinya: Jangan buang waktu untuk hal-hal kecil, karena hidup ini singkat dan waktu sangat berharga.

64 Nilai waktu لا تقاس بالساعات بلا بالاعمال. (Yang akan membuatnya lebih mudah.)

Artinya: Nilai waktu tidak diukur dengan jam, tapi dengan tindakan.

65. Saatnya untuk bodoh, jangan bodoh. (Sebaliknya, bersabarlah.)

Artinya: Waktunya untuk orang bijak, jadilah bodoh.

66. Jika Anda mengabaikan waktu, Anda mengabaikan sebagian dari hidup Anda. (Iza ahamalat alwaqt, faqad ahamalt juz’an minbiik.)

Artinya: Jika Anda mengabaikan waktu, maka Anda mengabaikan bagian lain dari hidup Anda.

67. Waktu tidak menunggu siapa pun, فاجعله هسوك انت. (Selalu la yantaẓir ahadan, faij’alhu yantaẓiruka anta.)

Artinya: Waktu tidak menunggu siapa pun, buatlah itu untuk Anda.

68. Waktu yang Anda habiskan untuk belajar adalah salah satu investasi terbaik. (Aljaqt alladhi tasta’lehu fi alta’lim adalah satu min afḍal alistithmarat.)

Artinya: Waktu yang Anda habiskan untuk belajar adalah salah satu investasi terbaik.

69. Bekerja untuk mencapai tujuan pada waktu yang tepat adalah tujuannya. (Al’amal ‘ala tahqiq al’ahdaf fi alwaqt almunasib dan pak alnajah.)

Artinya: Bekerja untuk mencapai tujuan tepat waktu adalah kunci kesuksesan.

70. Waktulah yang menentukan nilai hidup kita. (Lebih lanjut di bawah.)

Artinya: Waktulah yang menentukan nilai hidup kita.

71. Waktu tidak memiliki gunung atau lautan, waktu lebih mahal dari uang. (Algat laysa lahu jibal wala bikhawar, fahuwa thamin lebih dari almal.)

Artinya: Waktu tidak ada gunung dan lautan, sehingga lebih berharga dari uang.

72. Waktu bukanlah musuh, tetapi jika kita tidak menggunakannya dengan bijak, waktu tidak akan menjadi musuh bagi kita. (Alwaqt laysa ‘aduwan, walakin idha lam nastakhdemuhu bihikmah fasayakun ‘aduwan lana.)

Artinya: Waktu bukanlah musuh, namun jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik maka waktulah yang menjadi musuh kita. Kata Kata Bijak Orang Tua Bahasa Arab

73. الابوة هي الصفح جميلة تتبلد أن الحياة للحياة بالامل (Al-ubuwah hiya safah jamilah tusbittu anna al-hayah mali’ah) 

Artinya: Menjadi orang tua adalah tanda harapan yang indah dalam hidup.

74. إن رضا الوالدين هو تريق السعدة في الدنيا والاخترة (Dalam radi al-walidayni dan tariq al-sa’adah fi al-dunya wa al-akhir. 

Artinya : Kepuasan orang tua adalah jalan menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

75 Ihtaram والديك وتقدم لهما يد تحديق في حذين تحديقان (Ihtaram والديك وتاقدم lahumaya dalmusaadah fi hin). 

Artinya: Hormati dan bantulah orang tuamu ketika mereka membutuhkan bantuan.

76. علم اطفالك قيم الامعل والمتنان لتذيز شكليتهم (Alim atfalika qayam al-amal meratap-iamtanani littazizzo shakhsiyatuhum.) 

Artinya : Ajarkan anak anda etos kerja yang baik dan penghargaan untuk memantapkan kepribadiannya.

77. Al-ubuwah walu’amuwah hima aghla hiibah fi al-hayah. 

Artinya: Menjadi orang tua adalah anugerah terbaik dalam hidup.

78. أبوك حبك الأول وامك قلبك الحقيق (Abuka hubbaka al-awwal w umuka qalbaka al-haqiqi.) 

Artinya: Ayahmu adalah cinta pertamamu dan ibumu adalah hatimu yang sebenarnya.

79. Memang benar demikian; 

Artinya: Hormatilah dan hargai orang tuamu karena merekalah yang mengantarkanmu menuju kebahagiaan sejati.

80. عرض العبة هي الحب العبدي الذهي لا ينضب (Ra’ayat al-ubuwah hiya al-hubb al-abadi al-ladi la yandab.) 

Artinya: Pengasuhan orang tua adalah kasih sayang yang kekal dan kekal.

81. الابوان هما الملاذ السعودية في اي وقت (Al-abawain huma almalaz al-amnin fi ayyi waqtin.) Artinya : Orang tua adalah tempat perlindungan disetiap waktu.

82. الابوان هما الجورق التي تحميلك جنوجة لتلق في الحياة (Al-abawain huma al-jithur allati timnih ajnihah ahyalaqa). 

Artinya : Orang tua adalah akar yang memberikanmu sayap untuk terbang dalam kehidupan.

83. قيم al-waqt مع والديك فالحياة قرئة.

Artinya: Hargai waktu yang dihabiskan bersama orang tuamu karena hidup ini singkat.

84 حتى بعدما تكبر , تقرب والديك افضل علما في هايتعة (Hatta Ba’dama Takbur, Aitabara Waaladayka ‘Alamat Hayadal.

Artinya: Bahkan ketika kamu sudah dewasa, anggaplah orang tuamu sebagai simbol terbaik dalam hidupmu.

85. على تواجدك مع والديك هناحما تعلمان كل الحب والتحمدة (Ihhasa’ ala tawajud مام) htimam.

Artinya: Usahakan untuk selalu bersama orang tuamu karena mereka membutuhkan semua kasih sayang dan perhatian.

86. Azamatu al-ubuwah takmun al fi qudahratuhah-wahhu ‘al-qudratuha-wah’ al-qudahratuha-wah-hubb.

Artinya : Kehebatan menjadi orang tua terletak pada kemampuannya memberikan kasih sayang, kekuatan dan kebijaksanaan).

87. افعل الخير لابويك, فهو التريق إلى الرضا والبركة (Afa’al al-khair li-abawayik, fa hu al-tariq ila al-rada wa al-barakah).

Artinya: Berbuat baiklah kepada orang tuamu, karena itulah cara mendapatkan kepuasan dan keberkahan.

88. Al-hubbu lugatu qulub, fahtim bi-ihtiyari kalimatik bi-hadhir

Artinya: Cinta adalah bahasa hati, jadi berhati-hatilah dalam memilih kata.

89. الحب عتا بلا حود, فلا تتحدابه لنفسك بل شاركه مع العلم (Al-hubbu ‘ta’ b ata’a’ yang mencintai ”ata’a”l-a’l-hubbu ”ata’a” l .-a’l-hubbu ”ata” -‘alams)

Artinya: Cinta adalah anugerah yang tidak terbatas, jadi jangan hanya disimpan untuk diri sendiri, tapi bagikan kepada dunia.

90. يبني الجسور ولا يهدمها, قدر قوطة الحب بالبناء وليس الحمادة (Al-hubbu yabni al-jubbu yabni al-jubbu yabni al-jubbu qadiwat la yubbih diwat la tadmirihdiwat)

Artinya: Cinta membangun jembatan dan tidak meruntuhkannya, karena kekuatan cinta adalah membangun, bukan menghancurkan.

91. Cinta akan menyertaimu di hari-hari bahagia dan bahagia, itu pasti membantu sepanjang hari.

Artinya: Cinta menyertaimu dalam suka dan duka, karena cinta selalu memberikan pertolongan yang pasti.

92. Al-hubbu adalah as-sirru alladhi yafthu abwadaba as-‘saugh’abwadaba

Artinya: Cinta adalah kunci yang membuka pintu kebahagiaan dan menutup pintu kesakitan.

93. Cinta adalah cara berkomunikasi, فدع كلمة الحب تعبر عن مشاهريك (Al-hubbu al-ḥabbar al-habbar, al-habbar dan at-malta’ al-habbar a’an masha’irik).

Artinya: Cinta adalah bentuk komunikasi terbaik, jadi biarkan kata-kata cinta mengungkapkan perasaanmu.

94. Cinta adalah bahasa hati, dan kecerdasan adalah rahasia api. (Al-hubb dan lughat al-qulub, waltafaahum dan al-miftaah li’isha’al an-nar.)

Artinya: Cinta adalah bahasa hati, dan pengertian adalah kunci menyalakan apinya.

95. Cinta adalah hadiah terbesar yang bisa kita berikan kepada orang yang kita cintai. (Al-‘ishq dan aghla hadiyyah yumkinuna tadamimuha lishakhsin nahbuh.)

Artinya: Cinta adalah hadiah terbaik yang bisa kita berikan kepada orang yang kita cintai.

96. Tidak ada cinta yang lebih kuat dari cinta yang menyatukan banyak jiwa dalam satu kelompok. (La hubb aqwa min al-hubb al-ladhi yajmau muqaddaran min al-arwah fi kayan wahid.)

Artinya: Tidak ada cinta yang lebih kuat dari cinta yang menyatukan banyak jiwa menjadi satu.

97. Cinta adalah nyanyian hati, menggetarkan hati dan membuatmu tertidur. (Al-‘ishq adalah musik al-qalb, tahuuzzu awbetu wa tansabu fi ar-ruh.)

Artinya: Cinta adalah musik hati yang bergetar dan bergerak sepanjang hidup.

98. Cinta adalah ketika waktu berhenti, dan waktu yang Anda habiskan bersama orang yang Anda cintai selamanya. (Al-hubb adalah ‘indama yata pembuat al-zaman, watubqa al-lahzah allati taqdiha ma’a man tuhibba khaledah di hatimu.)

Artinya: Cinta adalah ketika waktu terhenti, dan waktu yang kamu habiskan bersama orang yang kamu cintai tetap selamanya di hatimu.

99. (Tuhan) menciptakan kita (Tuhan) dari gambar Tuhan; (Al-‘ishq is daw’ tushiu min hawlik wa tarunahu fi ‘ayni al-habib.)

Artinya: Cinta adalah cahaya yang memancar di sekitarmu dan kamu melihatnya di wajah orang yang kamu cintai.

100. Cinta adalah sebuah kata kecil. (Al-hubb adalah saghirah kalimah tahmilu ma’ani kabirah wa quwwah la tusaffir.)

Artinya: Cinta adalah sebuah kata kecil dengan makna besar dan kekuatan luar biasa.

101. Dan dia memberinya kehormatan; (Bu’duk ‘anni adalah ta’mu al-maut, wa qurbuk dan bio wa nasmah al-hayah.)

Artinya: Jauh darimu ibarat menghadapi kematian, dan dekatmu adalah jiwaku dan nafas kehidupan.

102. Cinta adalah matahari yang terbit setiap pagi dan terbenam setiap sore. (Al-‘ishq adalah asy-syams allati tashruq fi kulli sabaah wa taghrub fi kulli masa.)

Artinya: Cinta adalah matahari yang terbit setiap pagi dan terbenam setiap sore.

103 Cinta adalah ikatan yang kita lawan di saat-saat sulit dan sulit. (Al-hubb dan as-sundu alladhi nastaunidu ‘alayhi fi masa ad-daya’ wal-tahdiyat as-sabah.)

Artinya: Cinta adalah dukungan yang kita andalkan di saat kehilangan dan kesulitan.

104 Arsitekturnya حكاية; (Al-‘ishq dan hikayat la tantahi, tatrjimu b anfisina wa taktub dengan awtar qulubna.)

Artinya: Cinta adalah kisah abadi, yang diterjemahkan melalui nafas kita dan ditulis oleh untaian hati kita.

105. Cinta adalah semangat yang bergerak dalam diri kita dan menghangatkan kehidupan orang lain. (Al-hubb dan ar-ruh allati tanbadh fidalamina wa tadfi’ arwah al-akhreen.)

Artinya: Cinta adalah semangat yang merasuki diri kita dan menghangatkan kehidupan orang lain.

106. Cinta adalah motivasi berkorban dan memberi tanpa ada bandingannya, cinta mengajarkan kita kekuatan pengorbanan dan kekuatan pengorbanan, dan mengajarkan kita kekuatan pengorbanan dan cinta. (Al-‘ishq adalah ad-da’fu liltadhhiyah wa i’ta dunan muqabil, fahuwa ya’allimuna quwwat al-budlh wal-i’thar.)

Artinya: Cinta memotivasi untuk rela berkorban dan memberi tanpa mengharapkan imbalan apa pun, karena kita telah belajar tentang kekuatan pengorbanan dan mendahulukan kepentingan orang lain.

107. Cinta adalah harapan yang tetap ada bahkan di saat-saat tersulit sekalipun, dan menyelamatkan kita dari masalah sehari-hari. (Al-hubb dan al-amal alladhi yabqa hatta fi as’abi al-awqat, wayislbuna min tiyagitina al-yawmiyah.)

Artinya: Cinta adalah harapan yang terus berlanjut meski dalam situasi sulit, dan mengambil alih aktivitas kita sehari-hari.

108. Cinta adalah keberanian untuk melompat dalam kegelapan dan percaya bahwa sayap akan mengalahkan kita. (Al-‘ishq dan asy-shujaa’ah lalluqfzi fi al-ghumiyzah wa ath-thiqah bi’ann al-ajnaha satanbadh bina.)

Cinta adalah keberanian untuk melompat dalam kegelapan dengan keyakinan bahwa sayap akan membawa kita pergi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Bank Mega Syariah Bidik Transaksi Kartu Kredit Rp 20 Miliar di Ramadan 2024
Next post Momen Lebaran 2024 Dorong Lonjakan Minat Masyarakat Beli Mobil LCGC