11 Ciri Orang Cerdas Dilihat dari Kebiasaannya, Salah Satunya Suka Berbicara Sendiri

Read Time:2 Minute, 21 Second

JAKARTA – Inilah ciri-ciri orang cerdas yang bisa dikenali tanpa tes IQ, melainkan hanya dari perilakunya. Salah satu cara mengetahui kecerdasan seseorang adalah dengan mengikuti tes Intelligence Quotient (IQ). Selain itu, Anda juga bisa mengetahuinya hanya dengan melihat tingkah laku dan kebiasaan seseorang.

Namun tahukah Anda kalau ciri-ciri orang cerdas bisa diketahui tanpa harus mengikuti tes IQ. Bagaimana? Dilansir dari situs Business Insider, artikel kali ini akan membahasnya, simak yuk!

Ciri-ciri orang cerdas tercermin dari kebiasaannya

1. Kamu mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Individual Differences (2016) menjelaskan bahwa rasa ingin tahu yang tinggi merupakan ciri orang cerdas. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan masa kanak-kanak dengan keterbukaan terhadap pengalaman, termasuk rasa ingin tahu saat dewasa.

2. Mudah beradaptasi

Banyak penelitian psikologi yang menunjukkan bahwa kecerdasan seseorang juga berkaitan dengan kemampuan beradaptasi seseorang. Orang pintar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru atau perubahan.

3. Bicaralah pada diri sendiri

Sebuah studi Frontiers in Psychology tahun 2016 mencatat bahwa self-talk adalah teknik populer yang dapat mendorong kesuksesan diri. Tim peneliti menemukan bahwa peningkatan keberhasilan terbesar terjadi ketika partisipan berbicara kepada diri mereka sendiri. Hal ini akan mempercepat reaksi mereka terhadap sesuatu yang akan terjadi.

4. Dia suka membaca

Orang pintar biasanya suka membaca. Mereka haus akan informasi, baik dari buku maupun sumber lain, termasuk situasi membaca, alam bacaan, dan lingkungan sekitar. Hal ini dapat memberikan perspektif yang berbeda untuk memperluas perspektif mereka.

5. Anda tidak merasa mengetahui segalanya

Meski banyak membaca dan menyerap banyak informasi, orang pintar tidak pernah merasa tahu segalanya. Kebiasaan inilah yang mendorong mereka untuk selalu menambah ilmunya melalui pembelajaran dan pembelajaran terus menerus.

6. Berpikiran terbuka

Ciri lain orang cerdas adalah mempunyai pikiran terbuka, yaitu tidak tertutup terhadap kemungkinan-kemungkinan lain, terhadap sesuatu yang baru. Mereka terbuka terhadap ide dan peluang baru.

7. Suka menyendiri

Orang pintar cenderung menikmati kesendirian mereka. Sebuah studi tahun 2016 di British Journal of Psychology menemukan bahwa orang cerdas cenderung lebih bahagia dan santai dengan lebih sedikit interaksi sosial.

8. Anda memiliki kendali emosi yang baik

Para ilmuwan telah menemukan hubungan antara kecerdasan dan pengendalian diri serta emosi. Dalam penelitian di jurnal Psychological Science ditemukan bahwa salah satu bagian otak, yaitu anterior prefrontal cortex, dapat berperan dalam membantu orang memecahkan masalah sulit dan menunjukkan pengendalian diri untuk mencapai tujuan.

9. Rangkullah humor gelap

Dikatakan bahwa orang pintar tahu bagaimana menerima humor gelap atau lelucon kelam. Mereka bahkan mungkin menikmati humor tanpa rasa khawatir, meskipun itu menyinggung perasaan mereka. Orang pintar bisa mengendalikan diri dan terbuka terhadap humor karena pendapat orang lain harus dihormati.

10. Empati

Orang pintar tidak hanya memiliki kecerdasan yang tinggi tetapi juga memiliki empati atau merasakan emosi seseorang melalui perasaannya. Ia bahkan berusaha bertindak untuk membantu orang lain.

11. Menyukai Musik

Terakhir, sebuah studi kecil tahun 2011 di jurnal Psychological Science mengaitkan kecerdasan musikal. Melalui pelajaran musik, anak meningkatkan keterampilan verbalnya lebih cepat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kurang Tidur 2 Malam Bisa Bikin Orang Merasa Lebih Tua dari Usia Sesungguhnya, Kok Bisa?
Next post Penggemar Antusias Hadiri Meet and Greet RCTI 2024 Sambil Ngabuburit Bareng Idola