12 Penyebab Ngantuk di Pagi Hari, Mulai dari Anemia hingga Sleep Apnea

Read Time:5 Minute, 30 Second

harfam.co.id, Jakarta Alasan tidur pagi mungkin karena kurang tidur atau sakit. Tak hanya membuat Anda merasa lebih baik, tidur juga membuat Anda lebih fokus dan waspada terhadap apa yang terjadi di sekitar Anda. Hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Penyebab mual di pagi hari juga berbeda-beda tergantung orang yang mengalaminya, mulai dari waktu tidur, gangguan kesehatan, mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat, dan lingkungan tidur yang kurang baik. Namun seringkali kita melihat penyebab dari gaya hidup yang tidak sehat.

Jika penyebab ngantuk di pagi hari adalah karena pola hidup yang tidak sehat, maka Anda bisa mengatasinya dengan menghindari pola hidup tidak sehat, Anda juga bisa menghindari mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang tidak baik dan membuat Anda sulit tidur. . . Dan bila gangguan tidur berlanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter.

Untuk lebih jelasnya berikut harfam.co.id rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022) faktor penyebab ngantuk di pagi hari dan banyak cara sederhana yang bisa Anda coba atasi 1. Kafein

Sebagian besar dari kita terbiasa dengan motivasi untuk memberi kita sedikit dorongan di pagi hari. Sebagian besar kopi pagi Anda dikonsumsi dalam 45 menit pertama setelah dikonsumsi dan hasilnya langsung terlihat. Kopi dapat memblokir reseptor adenosin, yang merupakan bagian dari sistem yang mengatur tidur dan terjaga.

Kopi memang bisa membuat kita tidak bisa tidur untuk sementara waktu, namun tidak menghentikan kita dalam memproduksi adenosin untuk tidur. Dia masih melakukan tugasnya dengan gembira, menunggu untuk mulai bekerja lagi saat kafein mulai masuk.

Inilah sebabnya Anda akan tertidur lagi dalam satu jam. Kafein bersifat diuretik. Artinya, dapat membuat tubuh dehidrasi dan memengaruhi hidrasi sehingga dapat membantu Anda merasa lelah dan lebih mudah tertidur.

2. Merokok

Nikotin dalam rokok dan vape juga merupakan stimulan. Mereka dapat menyembunyikan rasa lelah Anda dan memberi Anda energi untuk berkreasi. Bahan-bahan tersebut dapat menekan nafsu makan, yang dapat mempengaruhi pilihan makanan sehat. Perokok seringkali menderita nikotin di pagi hari. Hal ini dapat menyebabkan mudah tersinggung dan lelah hingga Anda tertidur.

Tubuh kita memiliki sistem yang tepat untuk mengatur energi dan pernapasan. Penting agar stimulan tidak dikonsumsi berlebihan. Mereka bisa mengganggu pola tidur kita. Anda akan tidur sebentar dan bangun lebih buruk. 3. susah tidur

Penyebab ngantuk di pagi hari yang kedua adalah kurang tidur pada malam sebelumnya, terbangun di malam hari dan tidur beberapa jam bisa membuat Anda lelah dan mengantuk sepanjang hari. Jumlah tidur yang ideal adalah 7 hingga 9 jam sehari. Memiliki kebiasaan tidur tepat waktu dalam jangka waktu tertentu dapat membantu mengatasi masalah ini.

4. Frustrasi

Kegelisahan di pagi hari bisa menjadi gejala gangguan tidur. Hal ini dapat mencakup depresi dan perasaan negatif. Hal ini dapat memengaruhi tujuan dan kekuatan Anda.

Tubuh memantau jam internal tubuh. Ini disebut ritme sirkadian. Semua hormon yang menentukan fleksibilitas bergantung pada hal ini. Suasana hati yang buruk mengaktifkan hormon melatonin, yang menyebabkan tidur.

Kebiasaan buruk harus segera diatasi jika terjadi setiap hari. Ada garis tipis antara depresi dan kecemasan, jadi pastikan untuk menemui dokter untuk mengetahui apa yang menyebabkan depresi Anda. Gula darah tinggi

Setelah makan, tubuh mengubah gula menjadi glukosa. Glukosa mudah diserap oleh tubuh kita dan digunakan sebagai energi. Insulin adalah hormon yang diproduksi di hati dan fungsinya untuk mengatur gula darah. mereka mengambil insulin dan memutuskan di mana akan menyuntikkannya. Ini digunakan oleh sel-sel di seluruh tubuh untuk menghasilkan energi atau disimpan dalam bentuk lemak.

Jika Anda tidak makan selama beberapa jam, tubuh akan menggunakan hormon lain untuk melepaskan simpanan gula. Ini akan membuat Anda terus makan sampai waktu makan berikutnya. Inilah cara kita mengontrol kadar gula darah.

Terkadang insulin mungkin tidak cukup karena Anda memiliki terlalu banyak darah. Hal ini bisa disebabkan oleh makan yang terlalu sering namun tidak terasa terbakar. Asupan gula yang tinggi secara berulang-ulang dapat memicu penyakit diabetes dan membuat Anda mengantuk.

6. Pendahuluan

Hal lain yang menyebabkan seseorang tertidur di pagi hari adalah terlalu banyak minum alkohol. Minum terlalu banyak alkohol membuat hati lebih sulit memecah gula dalam darah. Berbeda dengan glukosa yang berasal dari makanan. Kadar glukosa darah yang tinggi akibat konsumsi alkohol dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Tekanan darah tinggi akibat alkohol ini membuat Anda mengantuk dan lemas saat bangun di pagi hari. Melewatkan waktu makan dan makan sepuasnya juga menurunkan gula darah karena tidak ada lemak di dalam tubuh.

7. Lebih banyak berolahraga di malam hari

Alasan tidur pagi selanjutnya adalah memperbanyak olahraga sebelum tidur. Olahraga berat di malam hari bisa menyebabkan lonjakan gula darah keesokan paginya. Ketika tubuh ditekan terlalu keras, tubuh bisa kehilangan banyak hal, seperti air, garam, makanan, gula, atau protein yang dibutuhkan untuk pemulihan.

8. pengeringan

Penyebab lain dari mual di pagi hari adalah dehidrasi. Saat Anda tidur, tubuh kehilangan air saat bernapas, batuk, dan saat sulit tidur. Kekeringan juga bisa disebabkan oleh kekeringan atau suhu ruangan.

Dehidrasi atau dehidrasi saat tidur dapat menyebabkan nyeri pada kaki serta mulut dan hidung kering, hingga akhirnya menyebabkan Anda batuk. Hal inilah yang membuat Anda sulit tidur dan melihat matahari di pagi hari. Hasil kelompok narkoba

Penggunaan obat-obatan tertentu bisa menjadi salah satu penyebab ngantuk di pagi hari, misalnya saja obat untuk mengatasi penyakit jantung yang bisa menyebabkan Anda sulit tidur. Atau minum obat seperti antidepresan, obat tiroid, dan dekongestan yang bisa membuat mengantuk.

Obat pilek, flu, dan alergi juga diketahui menyebabkan kantuk. Selain itu, ada juga beta blocker untuk tekanan darah tinggi dan antidepresan untuk mengobati epilepsi.

10. Apne atauun

Alasan lain yang menyebabkan seseorang tertidur adalah tidur. Ketika Anda menderita sleep apnea, Anda mulai sering bergerak-gerak saat tidur dan tidur Anda akan menjadi buruk karena Anda tidak dapat istirahat untuk beberapa saat sehingga menyebabkan Anda sering terbangun di tengah malam.

Insomnia merupakan salah satu masalah kesehatan sehingga untuk mengatasinya Anda harus mencari bantuan dokter untuk mencari pengobatan yang tepat, sehingga dapat mengembalikan kualitas tidur Anda yang rusak akibat tidur.

11. Menderita suatu penyakit tertentu

Tahukah Anda kalau tidur di pagi hari juga bisa menimbulkan penyakit lain yang bisa mengganggu tidur. Gangguan tidur merupakan gejala dari suatu kondisi medis yang sedang Anda alami, oleh karena itu penting untuk mengetahui kondisi medis apa yang Anda derita agar dapat mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Penyakit yang dapat mempengaruhi kualitas tidur antara lain diabetes, penyakit ginjal, penyakit tiroid, penyakit pernafasan, penyakit saraf, insomnia, depresi, penyakit saraf dan masih banyak lagi.

12. Sesak napas

Penyebab ngantuk di pagi hari yang terakhir adalah kekurangan udara. Saat tubuh kekurangan oksigen, Anda mudah merasa lelah, gelisah dan letih sehingga membuat Anda mengantuk.

Ada banyak penyebab yang menyebabkan tubuh kekurangan oksigen, seperti kamar tidur yang tidak memiliki cukup oksigen dalam darah. Pasalnya, sel darah merah bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga jika tidak mendapat oksigen, Anda tetap mengeluarkan darah sehingga membuat Anda mengantuk.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Daftar Masuk Cyber University Kini Sudah Bisa Lewat Aplikasi
Next post Pratama Arhan Banjir Pujian Netizen Usai Jadi Penentu Kemenangan Indonesia vs Korea Selatan