January 24, 2025
14 Games untuk MPLS yang Lucu dan Seru, Makin Cepat Adaptasi di Sekolah Baru

14 Games untuk MPLS yang Lucu dan Seru, Makin Cepat Adaptasi di Sekolah Baru

0 0
Read Time:5 Minute, 48 Second

harfam.co.id, Jakarta Memulai sekolah bagi siswa baru merupakan masa yang menegangkan dan mencemaskan. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak sekolah yang menerapkan inisiatif kebijakan seperti MPLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah). Rangkaian aksi MPLS seringkali intens sehingga membuat siswa bosan atau mengantuk. Untuk mengatasi suasana tersebut, panitia sering mengadakan gaming session untuk MPLS. 

Permainan untuk MPLS merupakan kegiatan dimana siswa mereproduksi kata-kata dengan menggunakan gerakan sementara siswa lain mencoba menebaknya. Kegiatan ini selain menyenangkan, juga membantu meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa baru. Dengan melibatkan interaksi antara mahasiswa baru dan mahasiswa lain, permainan MPLS akan membantu meruntuhkan hambatan dan membangun hubungan di antara mereka.

Permainan MPLS juga memungkinkan para pemula untuk belajar mengenal kosa kata baru, meningkatkan keterampilan sosial dan membangun kepercayaan diri di depan teman sekelasnya. Itulah beberapa cara menyenangkan dan interaktif untuk mengenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah dan sesama siswa.

Berikut kumpulan ide pemutaran MPLS yang dihimpun harfam.co.id dari berbagai sumber pada Selasa (09/07/2024). 

Salah satu yang sering diadakan pada ajang MPLS adalah permainan “Hubungkan Lirik Lagu”. Dalam permainan ini panitia meminta salah satu peserta untuk menyanyikan sebuah lagu. Ketika berhenti, peserta yang berdiri di sampingnya harus segera melanjutkan lirik dari kata terakhir yang dinyanyikan tadi. Proyek ini tidak hanya seru, namun juga menguji kecepatan berpikir dan kreativitas para peserta dalam menciptakan kelanjutan lirik secara spontan. Tantangan ini menambah kejutan dan tawa, serta meningkatkan keterampilan mendengarkan peserta dan waktu reaksi yang cepat.

  2. Bentuk datar

Dalam permainan Bentuk Datar, siswa diminta untuk membentuk kelompok-kelompok kecil dan menyusun suatu benda sesuai petunjuk di papan, misalnya “Buatlah persegi!” atau “Buatlah segitiga!”. Permainan MPLS ini tidak hanya mengembangkan kerjasama tim, tetapi juga mengembangkan kemampuan komunikasi visual dan kemampuan mengikuti arahan dengan baik. “Bilangan Datar” mengajarkan siswa untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Siswa harus berpikir cepat dan bekerja efisien untuk membentuk bangun datar yang diperlukan dalam batas waktu. 3. Teka-teki

Dalam permainan Teka-teki, papan memberi siswa potongan-potongan besar teka-teki berdasarkan gambar atau kata-kata acak. Setiap siswa harus mencari siswa lain yang mempunyai potongan puzzle yang cocok untuk disatukan menjadi satu gambar utuh. Permainan MPLS ini tidak hanya melatih kecerdasan visual dan pemecahan masalah, tetapi juga mendorong kerja sama tim dan komunikasi siswa. Teka-teki adalah cara menyenangkan untuk memperkenalkan konsep kolaborasi dan mencapai tujuan bersama di tahap awal MPLS. Dengan kerja sama dan koordinasi yang baik, siswa dapat menyelesaikan teka-teki dengan lebih cepat dan akurat, sehingga memberikan mereka rasa pencapaian dan kesatuan.  4. Tebak gambarnya

Permainan “Tebak Gambar” selalu menjadi salah satu yang paling menarik. Panitia biasanya menunjuk beberapa kelompok, masing-masing kelompok mencalonkan satu wakil sebagai pemohon. Tugas penantang adalah menggambar suatu benda yang ditentukan oleh panitia, dan anggota kelompok yang lain harus menebak benda tersebut dengan benar. Hal ini tidak hanya mengembangkan keterampilan komunikasi visual, tetapi juga meningkatkan kerja sama tim antar anggota kelompok. Setiap tebakan yang benar menghasilkan poin bagi grup, menjadikan permainan ini tidak hanya kompetitif tetapi juga menyenangkan. 5. Gergaji mesin

“Cerita Berantai” merupakan permainan yang melibatkan kreativitas bersama siswa. Biasanya peserta duduk melingkar dan memulai cerita dengan satu kalimat. Siswa di sebelahnya juga akan melanjutkan cerita dengan menambahkan kalimat lain. Permainan ini terus berlanjut hingga ceritanya menjadi panjang dan mungkin menarik. Ini adalah cara yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berbicara, bekerja sama, dan memperluas imajinasi Anda. Setiap giliran mengungkap cerita ke arah yang tidak terduga, menjadikan game ini tidak hanya seru, tetapi juga mendidik.

Salah satu game yang sering dimainkan di MPLS adalah Kursi Goyang. Peserta diajak membuat kursi goyang berukuran 50 x 50 cm atau disesuaikan dengan kebutuhan permainan yang disiapkan panitia. Setiap kelompok yang terdiri dari beberapa siswa berdiri di atas satu jungkat-jungkit. Game untuk MPLS dirancang tidak hanya untuk menguji keseimbangan fisik, tetapi juga untuk meningkatkan kerja sama tim. Siswa harus bekerja sama untuk menyeimbangkan dan menjaga kursi agar tidak terjatuh, menciptakan suasana kompetisi yang menyenangkan dan membangun solidaritas antar anggota kelompok. 7. Tantangan Joko Tole

“Joko Tole Challenge” merupakan sebuah permainan pemecah kebekuan yang tidak hanya menghibur, namun juga melatih tanggung jawab para peserta MPLS. Cara permainannya adalah dengan menugaskan setiap kelompok atau individu dengan tugas tertentu, seperti mengumpulkan barang-barang unik dalam waktu tertentu sebelum matahari terbit. Permainan ini mengajarkan pentingnya tanggung jawab, kerjasama tim dan manajemen waktu sekaligus menciptakan energi positif di antara peserta.

  8. Kuis yang bodoh

Ya atau Tidak Kuis konyol Ya atau Tidak merupakan permainan populer di ajang MPLS yang menguji pengetahuan dan strategi kerjasama peserta. Peserta harus menjawab pertanyaan dengan benar berdasarkan petunjuk yang diberikan, dan pasangannya harus memastikan jawabannya dengan jawaban Ya atau Tidak. Permainan MPLS memerlukan kerjasama tim yang baik dan komunikasi yang efektif antar anggota tim untuk mencapai hasil yang akurat dan tepat. Dengan memecahkan teka-teki dan menyelesaikan tugas, siswa belajar bekerja sama dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah kolektif. 9.Bling Blang

Bleng Bleng merupakan permainan yang dirancang untuk melatih konsentrasi dan meningkatkan semangat kerja para anggota MPLS. Peserta diminta menghitung angka sesuai petunjuk tertentu, seperti menghitung kelipatan 8 dari angka 8. Jika peserta salah menjawab, dapat dikenakan sanksi. Permainan ini tidak hanya mengembangkan keterampilan berhitung, tetapi juga mendorong kerja sama tim dalam kelompok serta mengajarkan kesabaran dan ketelitian dalam menjawab. 10. Gambar Siapa

Permainan “Gambar Siapa” menguji kepekaan visual dan kemampuan kreatif siswa. Setiap peserta ditugaskan menggambar seseorang yang mereka kenal, baik itu wajah, ciri-cirinya, atau ciri-ciri unik lainnya. Kemudian peserta yang lain harus menebak gambar apa itu. Permainan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan artistik tetapi juga memperdalam pemahaman observasi dan pengetahuan pribadi para peserta.

Pup the Balloon adalah game seru yang setiap balonnya diisi dengan pertanyaan atau perintah seru yang mendorong keberanian, seperti “Sebutkan hobimu!” atau “Bergabunglah dalam tarian yang menyenangkan!”. Peserta memilih balon secara acak, meledakkannya, kemudian menjawab pertanyaan atau mengikuti perintah yang terdapat di dalam balon. Selain untuk hiburan, permainan MPLS ini juga merangsang kreativitas peserta untuk bermain di depan kelompok, menciptakan suasana gembira dan mendorong pengembangan kepribadian yang positif. 12. Temukan tempat

Dalam latihan ini, siswa diminta untuk mencari teman sekelas yang mempunyai kesamaan tertentu, misalnya kesamaan minat, kesamaan warna favorit, atau bahkan kesamaan film favorit. Setelah menemukan teman sekamar yang cocok, mereka berbagi kesamaan dengan kelompok kecil yang telah terbentuk. Selain untuk meningkatkan interaksi sosial antar siswa baru, kegiatan ini juga menciptakan silaturahmi dan silaturahmi yang positif di lingkungan sekolah. 13. Sebutkan hewannya

Dalam permainan ini, papan secara acak memberi nama pada hewan kemudian memilih siswa lain untuk melanjutkan permainan dengan memberi nama pada hewan berikutnya berdasarkan huruf terakhir dari hewan sebelumnya. Selain menyenangkan, permainan ini juga meningkatkan kemampuan berpikir cepat dan pengetahuan tentang berbagai jenis hewan, sehingga dapat memperluas wawasan siswa dalam suasana santai dan menyenangkan. 14. Permainan 3, 6, 9 Dor

Dalam permainan sederhana namun menyenangkan ini, peserta diminta berhitung dari 1 hingga 100 dengan satu aturan khusus: mereka harus mengganti angka 3, 6, dan 9 serta kelipatannya dengan kata “bang”. Peserta yang tidak mematuhi peraturan ini akan didiskualifikasi. Selain menciptakan unsur kompetitif yang menyenangkan, permainan MPLS ini juga merangsang kecepatan berpikir, mempererat kerjasama, dan meningkatkan konsentrasi siswa dalam kelompok.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link