3 Resep Kue Bebas Gluten Berbahan Tepung Sorgum, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Read Time:3 Minute, 5 Second

harfam.co.id, Jakarta – Saat Anda mengurangi konsumsi gluten, tepung sorgum bisa menjadi pilihan. Tepung sorgum dihasilkan dari serealia dengan nama latin Sorghum bicolor. Biji-bijian ini merupakan sumber karbohidrat yang populer bagi masyarakat di Afrika.

Salah satu keunggulan tepung sorgum adalah bebas gluten. Kandungan patinya kompleks sehingga membutuhkan waktu untuk dicerna dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan cara ini, Anda bisa mendukung program penurunan berat badan.

Olahan tepung sorgum sangat beragam khususnya kue, mulai dari bolu labu kuning, aneka cookies, hingga brownies. Cara membuat kue ini juga cukup mudah. Berikut tiga resep praktis olahan tepung sorgum yang dihimpun Cookpad, Senin 23 Oktober 2023.  Kue Labu Sorgum Bebas Gluten

Resep yang dibuat oleh pengguna @NayNay2020 ini membutuhkan bahan-bahan: Bahan A:

2 putih telur

Garam secukupnya

40 gram gula palem

2 kuning telur Bahan B :

50 gram labu kuning, dikukus dan dihaluskan

2ml minyak VCO

40 ml santan encer Bahan C :

25 gr tepung sorgum

20 gr tepung beras

1/4 sendok teh baking powder Topping:

Untuk memberi rasa pada meises Cara membuat Bolu Labu Sorgum Bebas Gluten Rebus labu hingga empuk. Lalu blender bahan B. Sisihkan. Kocok putih telur dan garam melalui mixer hingga mengembang, tambahkan gula sedikit demi sedikit sambil terus kocok selama kurang lebih 5 menit hingga terbentuk soft peak. Lalu tambahkan kuning telur. Campur dengan baik. Kurangi kecepatan mixer, lalu masukkan bahan C sedikit demi sedikit. Aduk perlahan hingga tercampur rata. Lalu masukkan bahan B, aduk rata. Siapkan loyang anti lengket, olesi sedikit minyak lalu masukkan adonan, lalu beri topping. Panaskan oven selama kurang lebih 10 menit. Kemudian panggang adonan dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama kurang lebih 25 menit dengan menggunakan api atas dan bawah. Angkat, potong dan sajikan.

Resep yang dibuat oleh pengguna @BC_Sukasuka ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

100 gram margarin

30 gram gula kelapa organik

1 kuning telur

125 gram tepung sorgum premium

1/4 sendok teh garam

1/2 sendok teh baking powder, opsional

25 gram kacang almond giling Cara Membuat Biskuit Sorgum ‘Bebas Gluten’ Campur gula kelapa dan margarin, lalu aduk hingga rata dan creamy dengan menggunakan pengocok, tambahkan kuning telur, aduk kembali hingga semuanya tercampur rata. Tambahkan tepung terigu, garam dan almond, lalu aduk perlahan hingga seluruh adonan tercampur sempurna. Panaskan ovennya terlebih dahulu. Bentuk adonan sesuai selera, lalu tata di atas loyang yang dialasi kertas roti. Panggang dengan suhu 150 derajat celcius selama 30 menit, sesuaikan oven masing-masing. Sajikan kue sesuai selera.

Resep yang dibuat oleh pengguna @BC_Sukasuka ini membutuhkan bahan-bahan: Bahan A:

3 butir telur ayam

90 gram gula kelapa organik Bahan B :

40 gram tepung sorgum premium

20 gram tepung beras

10 gram tepung maizena

20 gram coklat bubuk Bahan C:

50 gram Memasak Cokelat Hitam

80 ml minyak kacang kedelai

Keju parut secukupnya untuk topping, opsional Cara Membuat Brownies Sorgum Kukus Bebas Gluten Lelehkan bahan C dengan metode steam. Setelah air mendidih matikan api, lalu letakkan mangkuk berisi coklat di atas air, aduk hingga meleleh, lalu tambahkan minyak, aduk rata. Menyisihkan. Panaskan kukusan, tutup tutup kukusan dengan kain. Campur bahan A dengan mixer kecepatan tertinggi hingga mengembang dan kental tidak harus kaku, sekitar 5-10 menit. Masukkan bahan B, lalu aduk kembali perlahan sebanyak 4x dengan menggunakan pengocok, atau dengan mixer pada kecepatan paling rendah sebentar hingga rata. Tambahkan bahan C, lalu aduk terus adonan perlahan menggunakan spatula hingga seluruh adonan tercampur sempurna. Siapkan loyang lalu olesi dengan margarin atau alasi dengan kertas roti. Masukkan adonan ke dalam loyang, ketuk-ketuk loyang beberapa kali agar udara yang terperangkap di dalamnya bisa keluar. Kukus selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang-kecil hingga matang. Lakukan tes tusuk, bisa menggunakan tongkat atau garpu. Jika tidak ada adonan yang menempel di tusuk, berarti brownies sudah matang. Tambahkan keju parut sebagai topping, angkat dan sajikan sesuai selera.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kia Mulai Pamer Tangguhnya Sedan K4 Jelang Peluncuran di New York
Next post