3 Varian Resep Praktis Sayur Bening yang Gurih dan Menyegarkan untuk Menu Buka Puasa

Read Time:2 Minute, 44 Second

harfam.co.id, Jakarta – Sayur bening menjadi salah satu sajian berkuah yang menjadi pilihan favorit banyak orang. Rasanya yang segar dan lezat serta kandungan nabatinya menjadikan makanan anti penyakit ini.

Sayuran bening dengan kandungan yang beragam mengandung banyak vitamin, mineral, antioksidan dan kadar serat yang tinggi dibandingkan jenis makanan lainnya. Sayuran tambahan seperti jagung, wortel dan kentang juga mengandung karbohidrat.

Paket lengkap ya? Untuk itu, simak resep sayur praktis berikut yang dirangkum Cookpad pada Sabtu 16 Maret 2024 untuk dinikmati sebagai menu sarapan atau sahur. 

Lengkuas suci bumbu tege

Tege sayur ini merupakan makanan khas dari Cilacap, Jawa Tengah. Teksturnya mirip dengan sup sayur dan cocok untuk panas dalam ruangan. Tambahkan beberapa pepaya muda ke dalam resep ini untuk membuat rasanya lebih kaya.

Resep yang dibuat oleh pengguna @windri_aries menggunakan bahan-bahan berikut.

1 ikat kecil bayam

5 kartu Melingo

1 wortel

1 buah jagung manis

1/4 pepaya muda (opsional)

1/4 labu siam

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Kenkur 3 cm

800 ml air

1/2 sendok teh garam

1/4 sdt gula pasir (bisa diganti kaldu bubuk, sesuai selera)

Beberapa bawang goreng (opsional)

Cara membuat: siapkan semua bahan dan bilas hingga bersih. Potong dan potong sayuran. Cincang halus semua bawang bombay lalu cincang halus lengkuas. Masak jagung sampai empuk. Rebus air, masukkan bawang bombay, masak hingga harum. Masukkan wortel, labu siam, pepaya muda. Jika sudah hampir empuk masukkan lengkuas, masak terus hingga sayuran empuk. Jika sudah empuk masukkan jagung, daun melingo, bayam, garam dan gula. Aduk rata dan jangan lupa sesuaikan rasanya. Masak sebentar agar bayam tidak empuk. Tege kenkuri murni dengan bumbu, siap disantap.

Selain melancarkan produksi ASI, daun katuki juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya mencegah sembelit, mencegah obesitas, menurunkan gula darah, dan meningkatkan antioksidan. Selain rasanya yang gurih dan asin, juga kaya akan manfaat sehingga cocok dijadikan menu sarapan atau sahur.

Resep yang dibuat oleh pengguna @Phi_Phit menggunakan bahan-bahan berikut.

Segenggam daun katuki

Segenggam jagung manis kupas

2 bawang merah, iris tipis

1 penampang kunci

1 buah tomat potong dadu

700ml air

1 sendok teh garam

1/4 kg gula pasir

Cara pembuatannya : Siapkan daun katuki, buang batangnya lalu cuci bersih. Siapkan bawang merah, ketimun dan jagung kupas. Rebus air, cincang bawang merah dan timun kunci. Tambahkan jagung giling, masak hingga matang. Lalu masukkan daun katuki, masak hingga layu. Tambahkan garam dan gula, masak hingga bumbu meresap. Tambahkan tomat cincang sebelum mematikan api.  Anda bisa menyantap daun sayur Katuk Temu Kunchi panas.

Sayur Wortel Benin Oyong ini selain enak juga menyegarkan. Selain itu ada tambahan sayuran sehingga lebih bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan bagi yang tidak suka sayur pun, sayur ini akan enak.

Resep yang dibuat oleh @Kaianiandra menggunakan bahan-bahan berikut. 

1 labu

1 wortel

20 g bihun

500 ml air

1 bawang bombay

1 tomat

1 sendok makan siung bawang putih cincang

1/4 kg merica bubuk

1/4 sendok teh garam

1/4 sendok teh bubuk kaldu

Bawang goreng untuk hiasan

Cara pembuatan: siapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Potong wortel menjadi bulat-bulat, kupas labu kuningnya dan potong juga menjadi bulat-bulat.  Potong bawang bombay dan tomat menjadi irisan. Tumis bawang putih cincang hingga harum lalu tambahkan air. Tambahkan wortel dan masak hingga wortel empuk. Lalu masukkan gurita, bumbui dengan garam dan merica serta kaldu. Setelah mendidih masukkan bihun, aduk rata. Terakhir masukkan irisan bawang bombay dan tomat. Aduk rata dan cek rasa, bila sudah benar matikan api. Sajikan panas, dengan bawang merah goreng.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Sony Minta Pengembang Siapkan Game Mereka untuk Optimasi PS5 Pro
Next post Mobil Mungil Hatchback Ini Masih Jadi Backbone Penjualan Honda, Diikuti HR-V dan WR-V