4 Strategi Vidio Jadi Jawara OTT di Indonesia, Mampu Bersaing dengan Platform Global

Read Time:1 Minute, 36 Second

harfam.co.id, Jakarta – Video tersebut mengungkap sejumlah strategi utama yang dilakukan perusahaan untuk terus bertahan sebagai platform over-the-top atau OTT lokal di Indonesia yang mampu bersaing dengan pemain global. Padahal, menurut laporan MPA (Media Partners Asia), Vidio telah menorehkan sederet prestasi gemilang.

Menurut salah satunya laporan MPA Q4 2023, Vidio merupakan platform OTT nomor satu di Indonesia dalam hal pelanggan. Platform Vidio Viu berhasil meninggalkan pemain lain seperti Disney Plus dan Netflix.

Vidio juga menduduki peringkat #1 berdasarkan pengguna aktif bulanan dalam laporan MPA. Atas pencapaian tersebut, General Manager Emtek dan SCM & Vidio Sutanto Hartono mengatakan hal tersebut dapat terlaksana berkat penerapan empat pilar penting yang dilakukan perusahaan.

Pilar pertama yang diterapkan Vidio adalah penawaran konten lokal. “Karena kita bisnis konten, mau tidak mau kita harus memulainya dengan konten sebagai persembahan,” kata Sutanto dalam acara Prediksi Streaming 2024 di Jakarta, Selasa (3/5/2024).

Konten lokal juga menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan aplikasi streaming video tersebut. Pasalnya, konten lokal masih banyak diminati konsumen di Indonesia.

Laporan MPA pada paruh pertama tahun 2023 menemukan bahwa konten lokal masih mendominasi konsumen Indonesia. Konten lokal mengungguli konten dari Korea Selatan, Amerika, Jepang, dan Tiongkok.

Strategi kedua yang diterapkan Vidio adalah menjalin kemitraan dengan berbagai pihak.

“Kemitraan ini membuat kami lebih fleksibel dibandingkan perusahaan global,” ujarnya.

Kemitraan ini sendiri merupakan strategi yang dilakukan Vidio mengingat kompleksitas bisnis platform digital. Bentuk kolaborasi ini juga dilakukan dengan berbagai pihak, mulai dari perusahaan telekomunikasi hingga OEM dan mitra distribusi.

Strategi ketiga yang diterapkan Vidio adalah merekrut engineer lokal terbaik untuk mengembangkan berbagai fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia.

Hal ini penting karena Vidio sendiri merupakan platform digital, sehingga produk dan teknologi terbaik harus diterapkan untuk melayani pelanggan.

Sebagai strategi terakhir, Vidio juga mendapat dukungan dari Emtek yang membuatnya berbeda dari penyedia platform video lainnya. Berkat dukungan yang diberikan, Vidio dapat bersinergi dengan ekosistem Emtek lainnya dan bersaing dengan pemain lain.

(Bendungan/Timah)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 8 Hewan di Sawah dan Dampaknya Terhadap Ekosistem Pertanian
Next post 403