5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pemudik dengan Kendaraan Pribadi

Read Time:1 Minute, 43 Second

harfam.co.id, JAKARTA — Penggunaan kendaraan pribadi untuk mudik semakin meningkat setiap tahunnya. Survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan RI mengenai kemungkinan mudik menunjukkan bahwa kereta api menjadi metode pilihan pemudik untuk pulang kampung.

Namun penggunaan kendaraan khusus masih tinggi karena terbatasnya kapasitas kereta. Dalam perjalanan pulang, rute berbayar dan tidak berbayar jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bapak Sony Sulaksono Vibovo, pakar transportasi, mengatakan bahwa mereka yang pulang kampung dengan mobil harus memperhatikan lima hal berikut:

1. Perhatikan kondisi mobil sebelum berkendara. Pastikan minyaknya penuh. Saat bepergian, jangan menunggu sampai tangki terisi seperempat dan mulailah mengisi. Selalu isi tangki bahan bakar setengah penuh.

2. Memperhatikan kondisi fisik pengemudi dan anggota keluarga dalam perjalanan pulang.

3. Ingatlah bahwa shuttle house sangat ramai karena lalu lintas yang padat. Siapkan mental untuk menghadapi lalu lintas. Dengan persiapan ini, kami berharap Anda tidak perlu khawatir lagi ketika menghadapi kendala lalu lintas 

4. Selalu mengikuti trend media dan jejaring sosial.

5. Bagi pengguna jalan non tol, berhati-hatilah dalam memilih jalur alternatif. Jika Anda tidak terbiasa dengan metode lain, lebih baik hindari. Jika harus memilih rute yang kurang populer, sebaiknya dilakukan pada siang hari. Khusus bagi pemudik roda dua, sebaiknya mengambil jalur alternatif dan bergerak berkelompok.

“Bagi masyarakat yang mengendarai kendaraan roda dua atau empat, usahakan istirahat setiap dua atau tiga jam, minimal 10-15 menit. Jangan mulai bernapas saat merasa mengantuk,” kata Sony saat dihubungi Republika.co..id , Minggu (4/7/2024).

Setelah istirahat, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama lima menit, gerakkan kaki, lengan, dan lain-lain. Jika Anda berhenti makan dan masih berjalan, sebaiknya jangan makan berlebihan (jangan sampai kenyang) dan konsumsi makanan kaya serat.

Tawarkan camilan seperti keripik, aktivitas makan yang menggerakkan otot. Hal ini sering kali membantu Anda tidak tertidur saat mengemudi, tambah Sony.

Dia menunjukkan bahwa untuk perjalanan pulang yang jauh, yang terbaik juga adalah memiliki sopir cadangan, seperti anak yang lebih besar, atau teman di kantor untuk mengantar pulang bersama teman-temannya. Sekalipun Anda seorang pengemudi cadangan, setiap kali Anda mengemudi, Anda harus istirahat setelah dua atau tiga jam.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 10 Penampakan Makanan Tak Sesuai Ekspektasi Ini Bikin Senyum Kecut
Next post Rupanya, Seperti Ini Keluarga Muhammad Fardhana Melihat Ayu Ting Ting