5 Hal yang Bikin Android Lemot dan Solusinya

Read Time:2 Minute, 36 Second

harfam.co.id, Batavia – Bagi banyak orang, smartphone menjadi perangkat yang tak tergantikan karena digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Namun, perangkat lunak yang lambat sering kali membuat pengguna frustrasi. Bagaimana tidak, jika ponsel lemot maka produktivitas pemilik bisnis akan terbuang percuma.

Ada hal yang perlu dipahami, meskipun kemerosotan fotografi smartphone bukanlah sesuatu yang bisa dicegah sebagai perangkat zaman, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan smartphone Android Anda dan memperpanjang umurnya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang bisa dilakukan oleh HP Android lemot, berikut rangkumannya, diambil dari Gizchina, Selasa (2/4/2024). 1. Muat cache

File sementara, yang disebut cache, sering kali bertambah karena sering digunakan. Meski tujuan utamanya adalah untuk mempercepat loading aplikasi di smartphone dan menyimpan data yang sering diakses, cache yang besar bisa menjadi kendala.

Sebagai solusinya, Anda bisa membersihkan cache secara rutin. Strategi ini sederhana namun efektif. Untuk melakukan ini, Anda dapat pergi ke Pengaturan Android, lalu navigasikan ke Aplikasi.

Anda kemudian dapat memilih masing-masing aplikasi untuk mengatur penyimpanan dan penyimpanan datanya.

Alternatifnya, alat seperti Google Docs dapat membantu pengguna menghapus cache beberapa aplikasi sekaligus.

Mengabaikan pembaruan perangkat lunak adalah kesalahan yang sering diabaikan. Faktanya, pembaruan perangkat lunak sering kali mencakup peningkatan kinerja, perbaikan bug, dan perbaikan keamanan.

Android adalah sistem operasi lama yang rentan terhadap masalah kinerja dan kerentanan keamanan.

Solusinya adalah dengan mengutamakan update OS di Android. Pembaruan sering kali mencakup pengoptimalan kinerja, perbaikan bug, dan pembaruan patch keamanan.

Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak, pilih Pilihan > Sistem > Pembaruan sistem.

Animasi benar-benar dapat menggambarkan visual perangkat MAS Anda. Meskipun secara halus berkontribusi pada pengalaman pengguna, menjalankan animasi juga menghabiskan sumber daya sistem yang berharga.

Menonaktifkan atau mengurangi intensitas animasi juga dianggap dapat meningkatkan kinerja Android.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengadaptasi animasinya. Untuk resolusi teks yang lebih tinggi, pertimbangkan untuk mengubah posisi animasi. Ini memerlukan pengaktifan Opsi Pengembang.

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan > Tentang ponsel, ketuk opsi untuk memanggil nomor tersebut tujuh kali dengan cepat.

Setelah diaktifkan, Anda dapat kembali ke Pengaturan dan menemukan opsi pengembang. Pada bagian tersebut terdapat pilihan Windows Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Scale.

Nilainya dapat dikurangi atau dinonaktifkan sepenuhnya untuk menyederhanakan pengalaman visual dan meningkatkan kinerja.

Saat ponsel cerdas menyimpan data, aplikasi, foto, video, musik, dan file lainnya, ruang penyimpanan berkurang.

Ketika ruang penyimpanan habis, hal ini memperlambat fungsi sistem yang penting.

Solusinya adalah menghemat ruang. Tinjau aplikasi di ponsel Anda dan hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan.

Selain itu, periksa file yang Anda kirim dan hapus item yang tidak diperlukan.

Alat seperti Google Files dapat membantu Anda memvisualisasikan penggunaan penyimpanan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Penting untuk mempertimbangkan koneksi jaringan Anda jika menyangkut Android yang lambat.

Jika Anda mengalami penjelajahan internet yang lambat, mungkin ada masalah dengan koneksi WiFi atau data seluler Anda.

Sebagai solusinya, Anda dapat mendiagnosis masalah jaringan. Jika kecepatan menjadi lambat hanya saat saya mengakses Internet, periksa koneksi ponsel Android Anda.

Jalankan tes kecepatan menggunakan alat tepercaya, misalnya Speed ​​​​by Ookla atau aplikasi lain.

Jika hasilnya menunjukkan koneksi lambat, coba restart router. Jika masalah ini terus berlanjut, Anda dapat menghubungi penyedia layanan Internet Anda jika perlu.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Jadwal, Lokasi, dan Cara Menyaksikan Fenomena Langka Ini
Next post Terpopuler: Motor yang Bikin Penasaran dan Cicilan Mobil Rp 2 Jutaan di IIMS 2024