5 Manajer Tersukses Liverpool, Sulap Si Merah Jadi Klub Terbaik Inggris

Read Time:1 Minute, 56 Second

harfam.co.id, Jakarta – Liverpool telah mengukuhkan diri sebagai salah satu klub tersukses di Liga Inggris. Berbagai kompetisi baik di tingkat domestik, regional, hingga internasional telah diraih The Reds.

Prestasi ini tentu tidak diperoleh begitu saja. Setiap orang yang terlibat dalam klub memainkan perannya masing-masing. Bersamaan dengan pelatih yang memilih tim dan menetapkan strategi.

Sepanjang sejarahnya, Liverpool memiliki banyak kapten yang berpengaruh. Era kesuksesan pertama terjadi ketika Bill Shankly masih memimpin. Tokoh berkebangsaan Skotlandia ini menjadi landasan bagi klub yang bermarkas di Anfield itu untuk memiliki mentalitas juara.

Selepas Shankly pensiun, Bob Paisley yang sempat memperkuat tim melanjutkan momentum dan mempertegas dominasi Liverpool.

Ada statistik lain yang mempengaruhi prestasi klub. Dengan Jurgen Klopp yang saat ini menduduki kursi panas. Siapa mereka?

Berikut daftar pelatih yang berjasa besar dalam kesuksesan klub Merseyside tersebut.

1.Bob Paisley

Bob Paisley adalah manajer Liverpool tersukses sepanjang masa. Bekerja pada 1974-1983, ia membawa The Reds meraih total 20 gelar.

Paisley memimpin Liverpool menguasai Inggris sebanyak enam kali. Ia juga membantu tim menjadi juara Eropa sebanyak tiga kali.

Kesuksesan Paisley tak lepas dari peran pendahulunya Bill Shankly yang membangun fondasi kuat di dalam klub. 2.Bill Shankly

Seperti disebutkan sebelumnya, Shankly berperan penting dalam kesuksesan Liverpool. Mengelola tim pada 1959-1974, ia memenangkan 11 gelar bersama The Reds.

Shankly adalah orang yang mengubah Liverpool dari Divisi II menjadi salah satu kekuatan besar di Inggris. 3. Kenny Dalglish

Kenny Dalglish melanjutkan kesuksesan Liverpool pada 1985-1991. Meski hanya menghabiskan enam musim di Anfield, pemain asal Skotlandia itu berhasil meraih sembilan gelar.

Tiga datang dari Premier League Plus Two di Piala FA. Sayangnya, Dalglish tidak mampu membawa The Reds sukses di Eropa, klub-klub Inggris dilarang berpartisipasi karena perilaku kekerasan fans.4. Juergen Klopp

Setelah tiga dekade menunggu, Liverpool akhirnya merebut kembali Inggris bersama Jurgen Klopp. Tak hanya itu, Jerman juga total meraih delapan gelar diantaranya Piala FA, Liga Champions, Piala UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Klopp telah mengumumkan akan meninggalkan Anfield pada akhir 2023/2024. Setelah menjuarai Piala Carabao musim ini, berpeluang menambah kontribusinya karena Liverpool masih disibukkan dengan tiga kompetisi. 5.Gerard Hollier

Di saat rival berat Manchester United mendominasi Inggris, Gerard Houlier berhasil membawa senyum di wajah para pendukung Liverpool dengan meraih enam trofi.

Koleksi trofinya antara lain Piala FA, Piala Liga Inggris (2), Community Shield, Piala UEFA, dan Piala Super Eropa dari tahun 1998 hingga 2004.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Berikut Bacaan Doa Qunut Subuh, Lengkap dengan Tulisan Arab dan Latinnya
Next post Vina Panduwinata Bahas Kasus Diabetes di Indonesia, Ingatkan Jaga Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat