5 Negara Ini Ternyata Ditakuti Israel, Nomor 2 Punya Senjata Nuklir

Read Time:2 Minute, 35 Second

harfam.co.id Edukasi –  Sejak didirikan pada tahun 1948 sebagai negara terpisah bagi orang Yahudi, Israel telah menjadi musuh negara-negara Arab karena tindakannya terhadap rakyat Palestina. Banyak negara Arab yang memberikan ancaman yang mengkhawatirkan bagi Israel, bahkan secara terbuka menyatakan negara Zionis sebagai musuh.

Meskipun beberapa negara tersebut telah menjalin hubungan diplomatik dengan Tel Aviv, ketegangan masih bisa muncul. Ketegangan dengan negara-negara ini bisa meledak menjadi konflik besar jika mereka mendapat momentum. Nah, lihat saja daftar negara yang ditakuti Israel menurut Defense Street: 1. Mesir

Mesir menjadi salah satu dari banyak negara yang bermusuhan di sekitar Israel. Mesir menolak keras pembentukan negara berdaulat Israel di wilayah Palestina pada tahun 1948. Ketegangan antara kedua negara meletus selama Perang Israel-Arab tahun 1948, 1956, dan 1967, yang berujung pada perselisihan regional yang berujung pada ketegangan politik.

Belakangan, hubungan kedua negara membaik ketika Perjanjian Perdamaian Mesir-Israel ditandatangani pada tahun 1979, yang menjalin hubungan diplomatik dan menormalisasi hubungan ekonomi dan budaya.

Namun, kedua negara kerap menghadapi tantangan dalam menjaga stabilitas hubungan. Juga, setelah konflik Israel-Palestina dan geopolitik regional yang menciptakan ketegangan antara negara-negara tersebut.2. Iran

Di antara negara-negara lain yang memusuhi Israel, Iran adalah musuh yang paling gigih. Kedua negara kerap bentrok. Sejak tahun 1947, ketika Israel dibentuk, Iran menjadi satu-satunya negara yang memilih tidak, dan pada tahun 1949 Israel tidak memilih untuk bergabung dengan PBB.

Ketegangan kedua negara terus berlanjut hingga Pemimpin Tertinggi Khomeini menyatakan Israel sebagai musuh Islam. Selain itu, Iran juga menolak legitimasi Israel sehingga memaksa Israel memutus seluruh hubungan diplomatik.

Iran dituduh mendukung dan melatih kelompok teroris seperti Hamas dan Hizbullah, yang berhasil menyerang Israel dan merenggut banyak nyawa rakyat Israel.3. Yordania

Ketegangan antara Yordania dan Israel meningkat sejak pemberontakan Arab Spring tahun 2011. Israel sangat menentang negara ini karena keputusan mengenai yurisdiksi daerah kantong Naharaim yang telah menjadi milik kedua negara selama 25 tahun. Turki

Turki adalah negara Muslim pertama yang menjalin hubungan luar negeri dengan Israel, bekerja sama dalam kegiatan militer, diplomatik, dan ekonomi.

Namun, hubungan dekat ini memburuk ketika Turki secara terbuka menentang Operasi Cast Lead Israel, sebuah serangan militer di Jalur Gaza pada tahun 2007.

Ketegangan meningkat setelah tentara Israel membunuh sembilan warga Turki dalam armada yang mencoba menerobos blokade Gaza. Menanggapi kejadian ini, Presiden Turki Erdogan menetapkan Israel sebagai negara teroris, yang menyebabkan memburuknya hubungan diplomatik dan militer kedua negara pada tahun 2011. Pakistan

Konflik kedua negara dimulai pada tahun 1947 ketika Pakistan menolak mengakui legitimasi Israel. Pakistan menciptakan sentimen anti-Israel, yang kemudian menyebar di kalangan partai politik kecil besar di Pakistan, karena Israel tidak diakui di PBB sebagai negara berdaulat.

Selain itu, Israel menentang program senjata nuklir Pakistan, yang dimulai pada tahun 1970an. Badan intelijen Israel, Mossad, juga dilaporkan melakukan operasi rahasia untuk mengganggu kemajuan nuklir Pakistan.

Pada tahun 1980, Israel meminta bantuan India sebagai landasan peluncuran pesawat tempurnya karena Israel mencurigai Israel akan menyerang fasilitas nuklir Pakistan di Kahuta. UI tiru langkah AS yang mengadakan kamp solidaritas Palestina untuk menghentikan perang terhadap banjir Gaza, Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) resmi mendukung inisiatif komunitas Universitas Indonesia (UI) yang mulai memperkuat protes dan solidaritas di harfam.co.id.co. ID 5 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Jendela Kokpit Retak, Pesawat Domestik Harus Putar Balik
Next post Perang Iran-Israel Pecah, Ekonom: Lupakan Target Ekonomi Tinggi dan Angan-angan Kampanye