8 Penyakit Pasca-lebaran akibat Makan Berlebihan, Kolesterol hingga Asam Urat

Read Time:2 Minute, 6 Second

JAKARTA – Kue lebaran yang biasa ini kerap membuat orang tergila-gila. Pasalnya, rasanya enak dan hanya disajikan pada hari-hari khusus. Namun jika dimakan terlalu banyak bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Ada pula penyakit pasca Idul Fitri yang umum dialami banyak orang, seperti diare, pencernaan yg terganggu, sakit tenggorokan, dan diabetes.

Inilah berbagai jenis penyakit menjelang Idul Fitri yang patut Anda waspadai, seperti dijelaskan di situs RS Siloam, Sabtu (13/4/2024).

Penyakit Pasca Idul Fitri 1. Kolesterol Tinggi: Konsumsi makanan berlemak yang tidak terkontrol, seperti gorengan, susu, dan kelapa, saat lebaran diketahui berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Jika terus berlanjut, peningkatan kadar kolesterol jahat ini bisa menimbulkan masalah serius, seperti penyakit arteri koroner dan serangan jantung.

2. Diabetes: Mengonsumsi makanan lebaran yang tinggi gula diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa memicu penyakit diabetes. Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi asupan gula yang tinggi saat lebaran untuk memastikan kadar gula darah stabil.

3. Sakit Tenggorokan Sakit tenggorokan atau faringitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada tenggorokan sehingga menimbulkan rasa nyeri dan perih saat menelan.

Saat lebaran, penyakit ini biasanya terjadi akibat konsumsi minuman panas, dingin, atau pedas yang berlebihan.

4. Diare Penyakit setelah Idul Fitri berikutnya adalah diare, yaitu gangguan pencernaan yang disebabkan oleh lemahnya tinja sehingga meningkatkan frekuensi buang air besar.

Diare sering terjadi saat lebaran dan seringkali disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berlemak, atau makan tanpa menggunakan tangan.

5. Dispepsia Selain diare, dispepsia juga menjadi salah satu masalah pencernaan yang paling sering terjadi setelah Idul Fitri. Pasalnya, makanan pedas dan berlemak yang dimakan saat lebaran lebih sulit dicerna lambung sehingga bisa memicu peningkatan asam lambung. Akibatnya, kondisi ini bisa menimbulkan gejala nyeri pada ulu hati, gas, bahkan mual dan muntah.

6. Tekanan darah tinggi (high blood pressure) Tekanan darah tinggi (high blood pressure) adalah suatu kondisi medis berupa tekanan darah tinggi yang melebihi batas normal, yaitu lebih dari 120/80.

Kondisi ini juga sering terjadi saat diet akibat tingginya konsumsi makanan tinggi lemak dan garam.

7. Nyeri otot adalah waktu yang diisi dengan berbagai jenis olah raga, seperti mengunjungi teman atau jalan-jalan bersama keluarga.

Namun jika dilakukan secara berlebihan dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti rasa pegal dan nyeri.

8. Asam urat atau asam urat adalah peradangan pada persendian yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh.

Asam urat lebih mungkin kambuh saat lebaran karena tingginya konsumsi makanan yang mengandung asam urat seperti melinjo, kacang tanah, dan produk olahannya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Konflik Iran-Israel Bisa Ancam Kenaikan Harga Minyak Hingga Defisit Fiskal RI
Next post Kereta Api Hidrogen Pecahkan Rekor Dunia, Tempuh Jarak 2.803 Km Sekali Isi