8 Penyebab Sering Mengantuk di Pagi Hari, Hindari Pola Hidup Tak Sehat

Read Time:3 Minute, 15 Second

harfam.co.id, Jakarta Alasan tidur pagi seringkali dipengaruhi oleh istirahat yang tidak teratur. Banyak orang, bahkan setelah tidur sepanjang malam, masih tetap mengantuk di pagi hari. Hal ini dapat disebabkan oleh jam tidur yang tidak teratur, kurang tidur, gangguan kesehatan, dan konsumsi makanan dan minuman tertentu.

Tidur di pagi atau siang hari dapat mengganggu pekerjaan Anda dan menurunkan produktivitas harian Anda. Selain itu, rasa kantuk bisa membuat Anda pelupa, kehilangan fokus, dan kurang waspada.

Karena gaya hidup yang tidak sehat, sering kali disebabkan oleh tidur di pagi hari. Anda perlu segera mengatasinya dengan menghilangkan kebiasaan tidur yang tidak sehat. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan kantuk dan mengganggu tidur serta konsultasikan ke dokter jika terdapat gangguan kesehatan.

Demikian harfam.co.id rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/11/2019) berbagai penyebab sering tidur pagi.

Penyebab utama sering ngantuk di pagi hari adalah kebiasaan tidur. Salah satunya adalah kurang tidur. Insomnia sering kali disebabkan oleh perjalanan larut malam, begadang di tempat kerja, atau sekadar ingin begadang.

Hal ini akan membuat seseorang merasa mengantuk dan lelah. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyebab sering mudah tersinggung di pagi hari, sebaiknya tidurlah sesuai durasi yang dianjurkan, yaitu 7-9 jam per malam.

Selain itu, berkaitan dengan siklus tidur alami dalam tubuh. Setiap harinya ada dua periode yang membuat tubuh mengantuk, yaitu malam hari (umumnya antara tengah malam hingga jam 7 pagi) dan siang hari (sekitar pukul 13.00-16.00 WIB). Jika Anda tidak istirahat atau tidur pada jam-jam tersebut, jelas ini menjadi salah satu penyebab sering mengantuk di pagi hari. Gangguan tidur

Penyebab umum kantuk di pagi hari berikutnya adalah kurang tidur. Berbagai jenis gangguan tidur, seperti insomnia, hipersomnia atau kegelisahan meski Anda cukup tidur, sleep apnea, atau narkolepsi, bisa membuat Anda mengantuk di pagi hari.

Berbagai gangguan tidur ini memang membuat tidur Anda menjadi gelisah dan tidak nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter jika mengalami berbagai gangguan tidur tersebut agar dapat ditangani dengan baik

Minum minuman tertentu bisa menjadi salah satu penyebab sering ngantuk di pagi hari. Salah satunya adalah kafein. Jika Anda mengonsumsi kafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda lainnya sebelum tidur, hal tersebut dapat mengganggu tidur Anda.

Hal ini dikarenakan kafein akan terus bekerja di dalam tubuh Anda selama kurang lebih 6 jam setelah Anda mengonsumsinya. Hal ini akan membuat Anda sulit tidur sehingga membuat tubuh lelah di pagi hari. Minuman beralkohol

Selain kafein, konsumsi minuman beralkohol, meski dalam jumlah kecil, dapat mengubah durasi tidur dan kualitas tidur secara umum. Bahkan alkohol di malam hari sebelum tidur bisa menyebabkan kantuk di pagi hari.

Anda sebaiknya menghindari alkohol karena juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Tak hanya itu, alkohol juga bisa membuat orang sulit berkonsentrasi, apalagi jika mereka banyak menderita penyakit tertentu.

Alasan kenapa Anda sering tidur keesokan paginya adalah karena Anda sedang sakit. Berbagai penyakit seperti anemia, penyakit tiroid, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal bisa membuat Anda merasa lelah dan letih sepanjang hari.

Selain itu, sindrom kelelahan kronis, refluks asam, malnutrisi, dan asma dapat membuat tubuh terasa lelah dan lemas di siang hari. Oleh karena itu, sebaiknya segera atasi berbagai gangguan kesehatan tersebut dengan mengunjungi dokter. Stres dan depresi

Kecemasan dan depresi adalah penyebab umum kantuk di pagi hari. Masalah mental ini menguras energi Anda, mengakibatkan rasa tidak nyaman dan kurang tidur.

Kecemasan dan depresi dapat menyebabkan Anda mengalami masalah tidur seperti insomnia. Oleh karena itu, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami fenomena tersebut

Kekurangan air dalam tubuh atau kurang air menjadi salah satu penyebab ngantuk di pagi hari. Dehidrasi bisa mengurangi aliran darah ke otak sehingga membuat tubuh rentan mengantuk. Selain itu, kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan mulut dan pernapasan menjadi kering, serta kram kaki saat tidur sehingga dapat mengganggu kualitas tidur. Efek samping pengobatan

Mengonsumsi obat-obatan seperti obat asma, jantung, obat tekanan darah, dan antidepresan dapat mengganggu tidur Anda. Hal ini berdampak pada mudahnya Anda tertidur di pagi hari karena tubuh masih lelah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kapal Pesiar Resorts World One Bawa 3.500 Penumpang Jelajah Singapura dan Kuala Lumpur dari Jakarta
Next post Investasi Energi Bersih Secara Global Diperkirakan Rp32.000 T di 2024