harfam.co.id – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) penting untuk terus beradaptasi dengan perubahan pasar dan teknologi serta mengembangkan strategi bisnis yang kompetitif. UMKM harus memanfaatkan teknologi informasi dan internet untuk memperluas jangkauan pemasaran dan penjualan produk atau jasanya.
Di era digital yang semakin berkembang, penting bagi brand dan UMKM lokal untuk terus berinovasi, memanfaatkan peluang yang ada dan terus bertransformasi untuk memperkuat eksistensinya. Salah satu kunci sukses mendorong pesatnya pertumbuhan merek lokal dan UMKM adalah peran kunci platform e-commerce. Dalam hal ini kemudahan dalam membuat dan mengelola toko online, serta aksesibilitas teknologi mulai dari keamanan pengiriman dan transaksi jual beli, berbagai fungsi, inisiatif dan kampanye menarik, serta program edukasi yang membantu penjual. menyesuaikan. teknologi dan tren terkini.
Menilik kondisi pasar dalam beberapa bulan terakhir, konsistensi dan dukungan platform e-commerce khususnya Shopee telah memberikan pertumbuhan bisnis baru dan penuh warna di Indonesia. Sejalan dengan misi pemerintah dalam mendukung perkembangan ekonomi digital bagi UMKM, program dan fitur yang dihadirkan oleh Shopee merupakan wujud nyata dari rangkaian penawaran selama kampanye yang memberikan peluang dan peluang bagi brand dan UMKM lokal.
Bagaimana Shopee memberdayakan potensi pengembangan bisnis merek lokal dan UMKM
Indonesia memiliki banyak pelaku usaha lokal dengan kreativitas dan produk beragam yang memiliki ciri khas tersendiri. Segala bentuk kreativitas patut diapresiasi, termasuk brand karya anak bangsa. Shopee meyakini bahwa membantu dan memberikan pembinaan kepada UMKM merupakan tugas bersama berbagai pihak. Sepanjang tahun ini, Shopee melaksanakan berbagai program dan inisiatif baru yang bertujuan untuk mendukung pengembangan usaha para pelaku usaha lokal, baik yang sudah resmi menjadi penjual Shopee maupun yang hanya perlu mendaftarkan usahanya secara online di Shopee.
Membangun landasan yang kokoh untuk mendongkrak potensi pertumbuhan bisnis ekosistem Shopee, festival belanja Big Sale 11.11 kemarin menyaksikan pencapaian luar biasa bagi merek lokal dan UMKM. Tercatat, transaksi meningkat hingga 7 kali lipat dari merek lokal dan UMKM pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa. Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat dalam menciptakan bisnis berkelanjutan dan penetrasi pasar digital yang inklusif.
Partisipasi antusias brand lokal dan UKM juga mendukung rangkaian kampanye Shopee setiap bulannya dalam memperkenalkan berbagai produk dari berbagai kategori. Sehingga secara tidak langsung hal ini semakin memotivasi masyarakat untuk lebih semangat berburu produk-produk lokal dan UMKM. Khususnya pada kategori Kecantikan, Fashion dan Gaya Hidup yang mendapat perhatian khusus jelas di hati konsumen pada kampanye 11.11.
Tak hanya itu, untuk mendekatkan hubungan antara pembeli dan penjual, khususnya brand lokal dan UMKM, berbagai fitur seperti Shopee Live menawarkan solusi melalui interaksi langsung dan komunikasi real-time. Mengizinkan pembeli bertanya tentang produk bahkan melihat demonstrasi produk dengan lebih jelas untuk meningkatkan kepercayaan menjadi daya tarik tersendiri. Antusiasme tersebut terlihat dari peningkatan 6 kali lipat jumlah sesi live Shopee yang dihadirkan oleh brand lokal dan UKM pada puncak kampanye 11.11. Aspek ini semakin menunjukkan bahwa live streaming kini telah menjadi wadah bagi para pemasar untuk membangun komunitas dengan pelanggan.
Komitmen #ShopeeAdaForUMKM
Peningkatan kapasitas merupakan langkah tambahan menuju penciptaan bisnis yang berkelanjutan. Melalui komitmen #ShopeeAdaForUMKM, kami juga memperkenalkan serangkaian program, salah satunya adalah UMKM Shopee & Kampus Ekspor Shopee yang hadir sebagai one stop solution bagi UMKM untuk meningkatkan kualitas dan menembus pasar global. Selain itu, Program Ekspor Shopee dapat menjadi strategi ekspansi bisnis di pasar luar negeri. Peluang ini terbukti dimanfaatkan dengan baik oleh brand lokal Shopee dan UMKM yang mengalami peningkatan pesanan ekspor mencapai lebih dari 4x lipat pada puncak kampanye 11.11 Big Sale.
Program ekspor yang dilakukan Shopee tidak hanya menjadi pintu gerbang untuk membuka peluang baru, namun juga menjadi alat untuk memperkuat strategi bisnis. Tentunya brand lokal dan UMKM akan dibimbing untuk memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, sekaligus memanfaatkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi masa depan. Dan kami berharap melalui program-program inovatif yang dihadirkan oleh Shopee, dapat terus membantu brand dan UMKM lokal untuk semakin sejahtera.
Kembangkan merek lokal dan UKM bersama Shopee
Sebagai bentuk komitmen mewujudkan misinya dalam memberdayakan merek dan UMKM lokal, berbagai inisiatif yang dihadirkan Shopee tidak hanya bertujuan untuk mendukung para pelaku usaha lokal di berbagai wilayah Indonesia, namun juga memberikan kesempatan yang sama dalam pengembangan usaha dan peningkatan daya saing usaha. dengan menggunakan teknologi.
Bahkan, manfaat dan keunggulan pembelian konsumen juga memberikan dampak positif bagi mitra merek lokal di setiap kampanye, termasuk kampanye penjualan besar 11.11 lalu. Menjadi kekuatan timbal balik antara Shopee dan penjual. Dampak positif tersebut juga dirasakan oleh mitra lokal brand Benang Yarum yang berhasil mencatatkan peningkatan transaksi lebih dari 93 kali lipat dibandingkan hari biasa. Bergabung dengan Shopee sejak tahun 2020, pemilik merek Alisa Hawadi, salah satu pendiri Benang Jarum, mengatakan: “Menjadi bagian dari kemeriahan obral besar 11.11 tentunya merupakan salah satu strategi efektif yang sebenarnya kami gunakan. Kami senang bisa tumbuh bersama dan merasakan getaran positif dari pengguna Shopee terhadap brand kami sejak pertama kali kami bergabung. Sebagai pelaku usaha di bidang fashion, kerjasama ini tidak hanya membuka peluang bagi bisnis kami hingga saat ini, namun juga menciptakan peluang berkelanjutan agar brand lokal semakin dikenal dan dikenal masyarakat luas. Kami berharap kedepannya Shopee selalu berinovasi untuk mendukung kami mencapai kesuksesan bersama.”
Apalagi termasuk dalam kategori sangat antusias, brand kecantikan NAMA Beauty juga mencatatkan prestasi yang luar biasa. Dengan berpartisipasi dalam Big Sale Shopee 11.11 dan memanfaatkan fitur-fitur yang diperkenalkan selama kampanye, NAMA juga berhasil melihat peningkatan penjualan produk sebanyak lebih dari 64 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.
Kesimpulan; Menuju masa depan yang berkelanjutan bagi merek lokal dan usaha kecil dan menengah
Melalui pendekatan yang kreatif dan strategis, Shopee berhasil menciptakan momentum positif, menarik minat konsumen, dan membantu bisnis lokal dan UMKM memasuki pasar yang lebih luas. Dan kampanye ganda, program, penawaran terbaik, dan fitur interaktif tidak hanya menciptakan cara berjualan yang menyenangkan, namun juga menjadi kekuatan dalam menciptakan potensi pengembangan bisnis yang lebih luas dan menguntungkan bagi berbagai pihak. Dengan semangat tersebut, kami memulai era baru yang menjanjikan bagi brand dan UMKM lokal, masa depan berkelanjutan untuk menorehkan prestasi baru di dunia digital Indonesia. Pertamina Eco RunFest 2024, Dorong Pemberdayaan UMKM Guna Perkuat Komitmen Mewujudkan NZE 2060 Pertamina Eco RunFest 2024 sukses digelar di Istora Senayan Jakarta pada Minggu 24 November 2024. VI 24 November 2024.