January 10, 2025
OPINI: Siap atau Tidak, AI akan Hadir di Semua Lini Bisnis

OPINI: Siap atau Tidak, AI akan Hadir di Semua Lini Bisnis

0 0
Read Time:5 Minute, 39 Second

harfam.co.id, Jakarta – Meski kecerdasan buatan (AI) bukanlah hal baru, dengan dirilisnya ChatGPT pada November 2022, terjadi perubahan dramatis dalam lanskap AI.

Dilengkapi dengan versi LLM baru termasuk chatbot dan model bahasa baru (LLM), Chatbot mengubah kecerdasan buatan dari alat yang hanya digunakan oleh para teknolog dan ilmuwan data menjadi alat yang dapat diakses oleh siapa saja.

Dengan demikian, hal ini menciptakan revolusi teknologi yang setidaknya sama disruptifnya dengan Internet – dan banyak yang percaya bahwa hal ini akan lebih mengganggu lagi.

CEO Google Sundar Pichai mengatakan kecerdasan buatan akan memberikan dampak yang lebih besar terhadap umat manusia dibandingkan listrik atau api.

Sementara itu, Satya Nadella dari Microsoft berpendapat bahwa kecerdasan buatan generatif adalah teknologi yang dikembangkan di Silicon Valley pertama yang memberikan manfaat langsung dan nyata bagi kehidupan masyarakat sehari-hari.

Dampak kecerdasan buatan generatif terhadap bisnis

Kehadiran AI generatif diperkirakan akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap bisnis Goldman Sachs memperkirakan bahwa AI generatif dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja tahunan sekitar 1,5 poin persentase selama 10 tahun dan menambah 7% PDB global.

McKinsey juga sama optimisnya Menurut penelitian perusahaan, AI dapat menghasilkan setara dengan $2,6 triliun hingga $4,4 triliun setiap tahunnya dari 63 kasus penggunaan yang dianalisis.

Perusahaan juga mencatat bahwa angka-angka ini bisa berlipat ganda jika dampak dari penyematan gen AI ke dalam perangkat lunak yang digunakan untuk tugas-tugas selain yang sedang dianalisis juga dimasukkan.

Kontribusi AI terhadap PDB di Indonesia akan mencapai $366 miliar pada tahun 2030, kata Kearney.

Berdasarkan analisis hubungan antara pekerjaan dan produksi dalam perekonomian Indonesia, diperkirakan penggunaan AI generatif untuk melengkapi aktivitas terkait pekerjaan dapat meningkatkan produktivitas sebesar $243,5 miliar, setara dengan 18% PDB. 2022

Kasus penggunaan dan fitur baru muncul hampir setiap hari, namun berikut adalah beberapa penggunaan gen AI yang paling menarik di bidang keuangan, layanan kesehatan, pemerintahan, dan manufaktur.

 

Industri jasa keuangan sering kali cepat mengadopsi teknologi yang dapat meningkatkan proses dan layanan, karena peningkatan kecil dalam kecepatan atau efisiensi dapat menghasilkan manfaat yang besar.

Di industri, gen AI dievaluasi atau digunakan dalam berbagai proses, mulai dari menilai kredit dan risiko kredit hingga mengelola kontrol peraturan, mendeteksi penipuan, atau meningkatkan layanan pelanggan.

Misalnya, versi terbaru dari Visa Account Attack Intelligence (VAAI) menggunakan kecerdasan buatan generasi berikutnya untuk mengevaluasi lebih dari 180 atribut risiko dalam hitungan milidetik dan menghasilkan skor yang memprediksi kemungkinan kartu digesek oleh bot.

Visa telah mengembangkan model gen kecerdasan buatan untuk mengatasi masalah penipuan verifikasi kartu. VAAI Score yang didukung AI memiliki fitur deteksi penipuan 6x lebih banyak dibandingkan model sebelumnya.

Visa mengembangkan model gen kecerdasan buatan untuk mengatasi masalah penipuan tes kartu dan mampu mengurangi tingkat positif palsu sebesar 85%.

Perusahaan jasa keuangan juga menyadari potensi Gen AI untuk meningkatkan layanan pelanggan dan pengambilan keputusan Bank of America baru-baru ini memperkenalkan Erika, asisten virtual bertenaga AI untuk memberikan panduan keuangan yang dipersonalisasi kepada pelanggan.

Capital One juga mengambil langkah serupa dengan Eno, asisten SMS bahasa alami yang didukung AI

Gen AI juga membantu perusahaan jasa keuangan beradaptasi dengan lingkungan peraturan yang kompleks Penyedia perangkat lunak manajemen kepatuhan menanamkan algoritma AI dan pembelajaran mesin ke dalam platform mereka untuk menganalisis peraturan, kebijakan, dan proses peraturan. dan identifikasi dan penilaian risiko kepatuhan

 

Layanan kesehatan adalah salah satu penerima manfaat terbesar dari kecerdasan buatan, yang penerapannya mulai dari pengembangan produk farmasi hingga perawatan pasien.

Kecerdasan buatan digunakan untuk mengotomatiskan tugas-tugas administratif, meningkatkan analisis gambar medis, mendukung diagnostik, dan mengembangkan program perawatan yang dipersonalisasi.

Salah satu kasus penggunaan yang paling menarik adalah penemuan dan pengujian obat Gen AI dapat mempercepat proses identifikasi senyawa obat baru dan mempercepat pengembangannya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Boston Consulting Group menemukan bahwa AI dapat mengurangi biaya, pengembangan, dan waktu pengujian obat sebesar 25-50%, sehingga membawa obat-obatan yang dapat menyelamatkan nyawa dan mengubah hidup ke pasar dengan lebih cepat. Berikut beberapa contohnya: Ilmuwan MIT menggunakan kecerdasan buatan untuk mempelajari lebih dari 100 juta senyawa kimia, yang mengarah pada pengembangan Halicin, antibiotik yang telah terbukti efektif melawan banyak jenis bakteri yang resistan terhadap obat. Insilico menggunakan platform kecerdasan buatannya untuk mengembangkan dan mengoptimalkan INS018_055, yang dimaksudkan untuk mengobati fibrosis paru idiopatik (IPF), sejenis penyakit paru-paru. Obat tersebut, yang saat ini dalam pengembangan klinis, dikembangkan dalam waktu 18 bulan mulai dari identifikasi target hingga penetapan kandidat. Perusahaan bioteknologi Recursion telah memanfaatkan kecerdasan buatan pada data pencitraan biologis untuk mengidentifikasi lebih dari 20 obat penelitian baru untuk penyakit biologis dan penyakit terkait usia, banyak di antaranya saat ini sedang dalam uji klinis.

Pemerintah kemungkinan besar akan menjadi penerima terbesar AI karena banyaknya data yang mereka tangani setiap hari dan besarnya jumlah audiens yang mereka layani.

Di pemerintah federal AS, kasus penggunaan AI tampaknya berkembang begitu pesat sehingga database telah dibuat untuk melacaknya.

Basis data saat ini berisi lebih dari 700 contoh AI yang digunakan oleh departemen dan lembaga, termasuk analisis titik panas perkotaan, perlindungan penduduk yang lebih baik dari cuaca ekstrem, analisis kritik tidak terstruktur, dan saran dari veteran militer untuk meningkatkan layanan dan mempercepat proses benchmarking. Permohonan paten baru beserta paten yang sudah ada

Di Argentina, Kementerian Kesehatan menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi penyebaran penyakit seperti demam berdarah berdasarkan data iklim dan pergerakan populasi.

Secara lokal, Kantor Kejaksaan Buenos Aires telah bermitra dengan Laboratorium AI Universitas Buenos Aires untuk mengembangkan asisten virtual AI yang disebut Promitei yang membantu mempercepat kerja layanan peradilan.

Manufaktur telah memperoleh manfaat besar dari AI dan teknologi canggih lainnya, dan gen AI akan memungkinkan efisiensi dan kualitas yang lebih baik.

Kecerdasan buatan digunakan untuk mempercepat desain dan pengembangan produk, memantau kualitas, dan meningkatkan akurasi perencanaan produksi dan manajemen inventaris.

General Motors menggunakan desain generatif bertenaga AI untuk terus meningkatkan komponen kendaraan dengan penekanan pada bobot yang lebih ringan.

Bekerja sama dengan AutoDesk, para insinyur GM dapat dengan cepat mengevaluasi lebih dari 150 desain tempat duduk alternatif dan membuat desain dengan proses manufaktur yang disederhanakan yang mengurangi bobot sebesar 40% dan meningkatkan kekuatan sebesar 20%.

Airbus memiliki pengalaman serupa dalam desain generatif, menggunakannya untuk membuat partisi yang lebih kuat dan ringan untuk pesawat A320 miliknya. Untuk mengoptimalkan struktur partisi, mereka menggunakan algoritma kecerdasan buatan generatif berdasarkan pola pertumbuhan yang ditemukan di alam.

“Sekat bionik” yang dihasilkan 45% lebih ringan dibandingkan struktur konvensional sekaligus memenuhi persyaratan ketat untuk menahan gaya tumbukan tekanan dan perpindahan.

Gen kecerdasan buatan digunakan di pabrik untuk mengurangi waktu produksi dan biaya layanan Model AI dapat dilatih berdasarkan data sensor peralatan dan mengenali pola dari data peralatan yang mungkin mengindikasikan kegagalan yang akan terjadi.

Kecerdasan buatan juga digunakan untuk menganalisis data pemeliharaan historis untuk membantu pemecahan masalah dan analisis kegagalan.

AI bersiap untuk revolusi

Pertanyaannya bukanlah apakah kecerdasan buatan akan muncul di perusahaan Anda, namun kapan — jika Anda tidak menggunakannya

Jika Anda tertarik dengan potensi AI di perusahaan Anda, penting untuk mengidentifikasi perubahan yang diperlukan untuk mendukung perjalanan AI Anda dan memaksimalkan ROI kasus penggunaan AI Anda.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link