January 24, 2025
Skutik Terbaru yang Diprediksi Meluncur di Sepanjang 2024

Skutik Terbaru yang Diprediksi Meluncur di Sepanjang 2024

0 0
Read Time:6 Minute, 15 Second

harfam.co.id, Jakarta – Banyak skutik atau sepeda motor baru yang diprediksi akan meluncur di tahun 2024. Hal ini dipastikan dengan membuka daftar paten yang terdaftar, serta unit yang dijadwalkan untuk diuji.

Menurut Anda model apa itu? Berikut rating yang dilansir Oto.com:

Honda Stylo 160

Honda Stylo 160 baru berbasis Giorno diperkirakan akan dirilis akhir tahun lalu. Tapi dia diperkirakan akan debut di Waterproof tahun 2024. Di semester pertama. Jantung pacunya mirip dengan Vario 160 cc.

Jadi, skutik ini memiliki SOHC 4 katup dengan satu silinder. Pendinginan mesin dilakukan dengan menggunakan radiator. Sistem fogging ruang bakar menggunakan injeksi PGM-Fi. Pada saat yang sama, kopling kering bersifat sentrifugal.

Oleh karena itu, ia akan memiliki teknologi Smart Power Plus (eSP+) yang canggih untuk mengurangi gesekan. Sekali lagi, ini hanya dugaan. Namun jika sasis tubular dipadukan dengan teknologi mesin empat katup 160, itu masuk akal.

Kalau mesinnya sama Vario atau ADV. Blaster piston tunggal menghasilkan tenaga puncak hingga 11,3 kW (15,36 PS) pada 8.500 rpm, dengan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi CVT. Yang menarik adalah penggunaan framing.

Skutik baru Giorno, pesaing Stylo, tidak menggunakan sasis Advanced Smart Architecture Frame (eSAF) seperti Beat Scoopy dan Vario 160 milik Indonesia.

Namun bertipe tubular dan berbasis Honda Lead 125. Rangka jenis ini sama tahan lamanya dengan produk AHM lawas.

Melanjutkan desainnya, Stylo 160 yang futuristik terlihat sangat menawan. Suzuki Saluto terbilang mirip dengan skutik yang kerap jadi perbincangan warganet.

Desain bodi buatan tangan dingin oleh para insinyur Honda Jepang dan Thailand sangatlah unik. Gaya klasik juga semakin menonjolkan karakter metropolitan. Ideal untuk menarik pelanggan perkotaan. Terutama generasi muda.

Apalagi bisa mirip dengan Honda Giorno+ dari segi fitur yang disertakan. Sepeda ini memiliki sistem pengereman CBS standar. Kemudian, model kelas atas dilengkapi dengan ABS agar tidak mudah tergelincir.

Lebih stabil bila digunakan di jalan basah. Perangkat ini memiliki sistem keyless (smart key) atau penguncian jarak jauh. Semua lampu menggunakan bohlam LED, dan terdapat port pengisian USB serta kompartemen penyimpanan lampu di bagian depan

Honda Giorno+ bertumpu pada sasis bodi rangka tubular yang dikenal dengan nama Tubular (bukan eSAF). Menariknya, tutup pengisi bahan bakar tidak berada di belakang jok motor. Namun letaknya di belakang sayap (rangka tengah).

Memang tujuannya menambah volume muatan yakni 30 liter, namun bentuk bodi tetap kompak. Sejujurnya, jika saya melihatnya, terlihat sangat menarik.

Rumah lampu depannya berbentuk bulat dan pinggirannya diberi chrome, menambah kesan skutik premium.

Lampu sein kemudian dipasang secara horizontal di kedua sayap. Selain itu, lampu belakangnya juga berbentuk trapesium terbalik. Setelah menggambar badan, posisi braketnya melengkung.

Cakram 220 mm dipasang di bagian depan dengan suspensi atas teleskopik. Selain itu, ban belakang juga diakselerasi menggunakan tromol. Kursi berwarna coklat membuatnya semakin kontras.

Kemudian panel meternya digital (monokrom). Ada speedometer, odometer, konsumsi bahan bakar dan indikator lainnya. Honda Stylo 160 secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengannya. Bicara soal harga, varian Indonesia mungkin dibanderol lebih mahal dari Vario 160 ABS (Tk 29,5 juta).

 

Prediksi selanjutnya adalah kemunculan Honda Beat facelift. Bodi dan aksesorisnya bisa diubah untuk menyegarkan tampilan. Karena alat pacu jantung modern sangat andal.

Jadi tidak banyak yang berubah. Di belakang rangka bawah tulang terdapat mesin SOHC 110cc. Sistem foggingnya menggunakan injeksi PGM-FI dan bantuan eSP (Enhanced Smart Power).

Piston tunggal tercanggih menghasilkan tenaga 6,6 kW (8,97 PS) pada 7.500 rpm, dengan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Bensin dengan standar emisi Euro 3 irit digunakan.

Mesin kecil ini mudah perawatannya dan tidak mudah rusak. Trim teratas seperti Beat Deluxe juga memiliki perangkat keras yang besar. Mesin selalu dilengkapi dengan ISS (Idling Stop System). Fungsinya untuk mematikan mesin secara otomatis saat sepeda motor berhenti dan menghidupkan kembali saat throttle dibuka.

Fitur memungkinkan penggunaan bensin secara irit. Berdasarkan data pabrikan menggunakan metode World Motorcycle Test Cycle (WMTC). Alhasil, konsumsi bahan bakarnya mencapai 60,6 km/l (dengan ISS diaktifkan).

Skuter ini mampu menempuh jarak 254,52 km dengan tangki bensin. Perlengkapan lainnya adalah power charger yang ada di rak dalam kanan depan. Perangkat dapat mengisi ulang baterai.

Yamaha Lexi 155

Bersaing dengan Honda di pasar skutik kelas menengah. Yamaha Indonesia (YIMM) kini sedang mempersiapkan Lexi baru. Selain itu, pengujian jalan unit tersebut dikatakan sedang berlangsung.

Halaman Samsat PKB Angkutan DKI Jakarta terdapat kode BPN – AT. Tersedia tiga varian: Standar, S dan S ABS. Namun, OTO Media yakin akan menggunakan perangkat yang lebih besar. Apalagi Blue Core 155 mirip Nmax sehingga mampu bersaing dengan Vario 160.

Mesin pacu jantung Blue Core 155 cc ini sudah terbukti kemampuannya selama beberapa tahun sejak diluncurkan di Indonesia. Bahkan memiliki teknologi Variable Valve Actuation (VVA).

Kalau New Lexi pakai dan tidak ada perubahan teknis. Dengan demikian, mesinnya mampu mengeluarkan tenaga hingga 11,3 kW (15,36 PS) pada 8000 rpm. Pergerakan piston tunggalnya kemudian menghasilkan torsi maksimal 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Semuanya disalurkan melalui CVT agar berkendara menjadi praktis.

Seperti halnya Yamaha NMAX, torsi dan tenaga yang merata seharusnya mudah dicapai pada putaran mesin berapa pun. Tak ketinggalan, teknologi Smart Motor Generator (SMG) juga harus disertakan. Dengan demikian mesin hidup dengan lancar.

Selain itu, Lexi 155 selalu dilengkapi dengan Stop-Start System (SSS) untuk mengurangi konsumsi bahan bakar saat berhenti. Seperti kemacetan lalu lintas atau berhenti di lampu merah.

Sehingga, sistem pengeremannya akan optimal. Yamaha Lexi 155 versi teratas akan lebih aman jika dilengkapi dengan rem ABS.

Termasuk menambahkan kontrol traksi untuk mengurangi risiko slip ban belakang saat berakselerasi di berbagai kondisi permukaan jalan. Untuk memperkuat posisinya melawan Honda Vario 160 cc. Penuh fitur tentunya senjata.

Misalnya saja sistem smart key plus immobilizer dan sistem feedback. Jadi mencari tempat parkir motor itu mudah. Perangkat lain yang ada kemudian dapat diservis.

Pepatahnya, colokan listrik untuk mengisi baterai ponsel pintar. Operasikan terus saklar stok untuk memudahkan pengemudi menampilkan informasi pada speedometer dan memilih pengaturan.

Mari kita membuatnya lebih kuat. Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect) dapat ditambahkan ke versi teratas. Teknologi canggih dan informatif ini memberikan rekomendasi perawatan, konsumsi bahan bakar, lokasi parkir terakhir, pemberitahuan kerusakan dan banyak lagi. Menghubungkan sepeda motor ke smartphone untuk konfirmasi

Jika mereka memberi Lexi mobil yang lebih besar di masa depan. Mungkin pengukurannya akan tetap kompak seperti sekarang. Pijakan kaki datar yang lebih lebar dan jok yang lebih panjang menjadi ciri khas Nmax.

Namun Anda bisa memperbarui bentuk wajah dan tubuh agar mengikuti perkembangan zaman. Ingat, skutik ini sudah ada selama lima tahun.

 

Rumor menarik berikutnya adalah… Sepertinya seluruh permukaan luar bodinya telah banyak berubah. Namun sepertinya mesin Blue Core 155cc akan selalu ada.

Sepeda motor ini juga dilengkapi teknologi Smart Motor Generator (SMG) untuk menghidupkan mesin dengan mulus. Tetap dilengkapi dengan Stop-Start System (SSS) untuk mengurangi konsumsi bahan bakar saat berhenti.

Untuk pengereman optimal, versi teratas dilengkapi dengan ABS dual channel. Termasuk menambahkan kontrol traksi untuk mengurangi risiko slip ban belakang saat berakselerasi di berbagai kondisi permukaan jalan.

Nmax baru sepertinya menguasai segmen ini. Dengan fitur Y-Connect yang memudahkan pengemudi dalam mengakses informasi.

Saat dihidupkan, Y-Connect dapat menampilkan notifikasi telepon atau pesan masuk di dashboard sepeda motor. Informasi konsumsi bahan bakar, lokasi parkir terakhir saat terhubung dengan aplikasi.

Terdapat rekomendasi perawatan yang menunjukkan status baterai dan oli, laporan kesalahan, dan fitur dasbor Revs yang menarik bagi pengguna.

Yamaha Nmax 2024 baru juga dilengkapi dengan sistem kunci pintar serta sistem immobilizer dan feedback. Jadi mencari tempat parkir motor itu mudah.

Anda harus memiliki stopkontak untuk mengisi baterai ponsel cerdas Anda. Operasikan terus tuas pengatur saklar untuk memudahkan tampilan informasi dan pemilihan setting pada speedometer. Nantikan kabar baik lainnya.

Sumber: Oto.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link