harfam.co.id, Jakarta Efektifnya Holding Ultra Mikro (UMi) didirikan pada 13 September 2021 yang ditandai dengan terdaftarnya Akta Pin Inbreng Negara di Pegadaian. Dengan langkah tersebut, BRI berniat menjadi induk perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya akses terhadap layanan keuangan bagi sektor ultra-mikro. Lebih lanjut, inisiatif ini diharapkan dapat menciptakan ekosistem yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi usaha kecil di tanah air.
Inisiatif yang menggabungkan kekuatan BRI, Pegadaian dan PNM ini berperan penting dalam meningkatkan akses terhadap layanan keuangan bagi masyarakat kelas bawah sehingga individu dan usaha kecil dapat memperoleh dukungan keuangan yang mereka butuhkan.
Dengan sejarah panjang BRI dalam memberdayakan UMKM, keahlian Pegadaian di pasar gadai dan tabungan emas, serta fokus PNM pada pembiayaan bisnis yang kurang terlayani, UMi Holding telah berhasil melayani 35,6 juta nasabah ultra-mikro, dengan total penerbitan kredit lebih dari Rp 311 triliun pada akhir tahun. Juni 2024 Holding UMi juga terus memperluas operasinya Melalui 1025 Smile Unit di seluruh Indonesia yang memberikan akses tabungan Simpedes kepada 15,5 juta masyarakat, UMI mendorong budaya menabung dan bertransaksi digital bagi nasabah ultra mikro.
Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen Umi Holding dalam meningkatkan literasi keuangan dan pemberdayaan konsumen. Kerjasama ketiga perusahaan ini tidak hanya menyediakan produk keuangan, namun juga mengembangkan potensi nasabah melalui program edukasi seperti Weekly Group Meeting, Bank Account Access dan Bank Account Access. Pelatihan Bisnis : Sistem ini baik untuk uang nasabah Selain itu, lebih dari 400 ribu agen BRILink Mekaar mendapat minimal Rp 15 miliar dari komisi bisnis seperti listrik. biaya, pinjaman dan transfer uang.
Prestasi luar biasa yang diraih UMI selama tiga tahun terakhir tidak hanya dicapai melalui sinergi produk dan layanan yang kuat, namun juga melalui elemen pendukung utama berupa budaya kerja yang terintegrasi melalui Program Aktivasi Budaya (CAP) BRIGADE MADANI.
CAP ini menjadi dasar untuk mengintegrasikan budaya kolaborasi, inovasi dan koordinasi antar pekerja BRI, Pegadaian dan PNM, sehingga mendorong pekerja tidak hanya bekerja di dalam perusahaannya saja, namun juga berpikir dan bekerja sebagai bagian dari ekosistem yang lebih besar, UMi Holding.
BRIGADE CAP MADANI memiliki enam program utama: SERBU, LAT-GAB, 3 NO’s 1 CORSA, dan POSKO SENYUM yang menekankan pada integrasi model bisnis dan pencapaian pembayaran non-tunai yang berfokus pada pelatihan kolaboratif untuk meningkatkan kinerja karyawan, sedangkan LAN-GAB mendukung lintas sektor. penjualan produk dalam perusahaan melalui Ilmu Mobile, SERLOK mengadaptasi strategi regional terkait peluang non finansial dan POSKO SENIUM berfungsi sebagai pusat pemberdayaan pegawai secara berkala, kegiatan dan informasi yang memperkuat integrasi dan sinergi ketiga bagian tersebut.
Di antara enam inisiatif strategis CAP BRIGADE MADANI, LAT-GAB dan POSKO SENYUM merupakan pilar kegiatan bersama yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan, koordinasi dan kolaborasi untuk menciptakan ekosistem yang lebih berkelanjutan. Kegiatan LAT-GAB secara rutin dilakukan sebagai satu-satunya Retret pimpinan UMi yang diikuti lebih dari 1000 pimpinan. Kegiatan ini merupakan bekal penting untuk terus dipromosikan untuk dapat meningkatkan kapasitas penjual Tiga Item, menjadikan mereka lebih siap untuk menjangkau pelanggan ultra-mikro secara efektif dan memberikan layanan yang lebih baik.
Sedangkan kegiatan POSKO SENYUM dilaksanakan oleh 379 Cabang BRI, termasuk lebih dari 5.000 Cabang BRI yang tersebar di seluruh Indonesia dengan peserta lebih dari 51.000 orang, mulai dari pimpinan puncak hingga pegawai PNM, BRI dan Pegadaian.
Dalam acara terpisah, Direktur Bisnis Mikro Supari mengungkapkan kolaborasi di Ultra Micro Holding telah memperkuat upaya bisnis dan memberdayakan lebih banyak masyarakat dengan komitmen bersama untuk mengubah kehidupan jutaan masyarakat ultra mikro.
Dalam hal ini BRIGADE MADANI merupakan simbol internal BUDAYA AKHLAK di seluruh Holding Ultra Mikro. Sistem ini mengintegrasikan nilai-nilai AKHLAK (keandalan, kecerdasan, keselarasan, loyalitas, kemampuan beradaptasi, kerjasama) dalam segala aktivitas, baik dalam melayani nasabah, maupun dalam melayani nasabah. dalam interaksi internal antar pegawai. Dengan mengedepankan sinergi antar perusahaan, BRIGADE MADANI mengedepankan budaya kerja pentingnya pembentukan berdasarkan nilai-nilai bersama dan umum.
Terkait hal tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso menegaskan sinergi dan kerja sama Holding Ultra Mikro menjadi kekuatan utama dalam memperluas akses keuangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia selain juga meningkatkan semangat persatuan. di kalangan karyawan.
“MADANI BRIGADE merupakan jantung dari transformasi Ultra Micro Holding yang tidak hanya menghubungkan nasabah dengan aktivitas bisnis yang relevan, namun juga menyatukan seluruh karyawan dalam semangat kolaboratif. Integrasi silang ini memperkuat budaya kerja kami, menjadikan setiap orang sebagai bagian penting dalam organisasi. perjalanan perubahan,” pungkas Sunarso.