Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya memperkuat digitalisasi layanan perbankan khususnya layanan pemrosesan bisnis bagi nasabah perorangan di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia). Kemitraan ini dirancang untuk memudahkan nasabah Manulife Indonesia dalam membayar premi asuransinya melalui pendaftaran online otomatis melalui sistem otomatis BRI di BRIAPI Autodebet.
Kemitraan ini dikukuhkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ‘Pemanfaatan Layanan Perbankan’ antara General Manager Bisnis dan Institusi BRI Agus Noorsanto dengan Direktur dan Chief Financial Officer Manulife Indonesia Meylindawati di Jakarta, Rabu (10). /7).
Tak hanya memudahkan pembayaran, kemitraan keduanya memberikan kemudahan bagi nasabah Manulife Indonesia untuk mengakses jaringan kantor cabang BRI, termasuk di berbagai pedesaan di Indonesia. Kemitraan ini juga akan memberikan manfaat bagi nasabah BRI dan Manulife Indonesia melalui proses pengumpulan pembayaran otomatis yang lebih cepat dan efisien.
General Manager dan Bisnis Institusional BRI Agus Noorsanto mengungkapkan, sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BRI selalu mengedepankan produk untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada nasabah.
“Kemitraan dengan Manulife Indonesia merupakan wujud komitmen BRI dalam mendukung digitalisasi proses bisnis nasabahnya,” kata Agus.
Dengan pengalaman BRI dan Manulife Indonesia di sektor jasa keuangan, kemitraan ini menjadi bukti dukungan dalam mendukung digitalisasi proses bisnis di sektor jasa keuangan. Diharapkan kerja sama ini dapat memberikan nilai tambah bagi kedua belah pihak.
“Selain sistem otomasi yang diberikan BRI melalui BRIAPI Autodebet, BRI juga memberikan layanan pengelolaan transaksi keuangan yang efisien dan end-to-end melalui platform Qlola by BRI,” kata Agus.
Qlola merupakan solusi keuangan digital bagi perusahaan dimana perusahaan dapat mengakses layanan BRI dengan single sign-on seperti Financial Dashboard, Financial Management, Supply Management, Forex, dengan fungsi beberapa bahasa salah satunya Mandarin.
Platform QLola besutan BRI yang diluncurkan pada tahun 2022 mencatat peningkatan volume aktivitas pengelolaan uang nasabah sebesar 41,94% year-on-year (YoY) hingga hampir Rp 8.450 triliun yang terjadi pada segmen grosir dan non grosir. QLola sebagai solusi enterprise terintegrasi dari BRI juga memperoleh lebih dari 4.800 nasabah baru.
BRI saat ini bermitra dengan Manulife Indonesia yang melayani hampir 2 juta nasabah di Indonesia. Direktur dan Chief Financial Officer Manulife Indonesia Meylindawati mengatakan, Manulife Indonesia menyambut baik kerjasama dengan BRI untuk memberikan kemudahan akses bagi nasabah Manulife Indonesia, dengan melakukan pembayaran melalui rekening secara otomatis, untuk bertransaksi lebih efisien dan efektif.
“Kemitraan ini sejalan dengan tujuan kami untuk selalu mempermudah pengambilan keputusan nasabah dan membuat hidup nasabah menjadi lebih baik. Selain itu, kemitraan dengan BRI merupakan wujud kuat komitmen Manulife Indonesia untuk menjangkau lebih banyak nasabah di wilayah terpencil,” kata Meylindawati.
MoU ini juga mencerminkan upaya Manulife dalam memanfaatkan teknologi untuk memberikan akses yang lebih besar terhadap produk asuransi, sehingga memungkinkan keluarga untuk mengambil keputusan yang mendukung masa depan keuangan yang aman. Dukungan fasilitas perbankan yang diberikan BRI dan Manulife Indonesia merupakan wujud kuat kehadiran kedua perusahaan dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia dan di sisi lain dapat memberikan perlindungan dan keamanan dalam bertransaksi bagi nasabah.
(*)