September 21, 2024
Jaga Kepuasan Pelanggan Purnajual dengan Teknologi AI

Jaga Kepuasan Pelanggan Purnajual dengan Teknologi AI

0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

harfam.co.id Tekno – Penggunaan algoritma kecerdasan buatan (AI) atau machine learning (ML) menjadi salah satu kunci keberhasilan dan peningkatan operasional bisnis. Padahal, beberapa tahun lalu, Indonesia diprediksi memiliki perekonomian sebesar Rp 5,596 triliun karena penggunaan AI. Jumlah ini merupakan yang tertinggi di ASEAN. Salah satu tantangan yang dihadapi Blibli sebagai pemain di industri e-commerce Indonesia adalah menjaga kepuasan pelanggan di sektor pasca penjualan. Hasilnya, Blibli mendorong inovasi bisnis dengan menggunakan teknologi AI dan ML untuk pengembalian yang lebih cepat. Di bidang purna jual, pelanggan seringkali kebingungan mengenai cara pengembalian barang yang benar, aman dan nyaman, serta kesulitan mencari informasi mengenai hal tersebut. Faktanya, diterbitkan oleh Statista di Bologna pada Juni 2023, kemudahan pengembalian barang menjadi salah satu pertimbangan utama masyarakat Indonesia dalam memilih platform e-commerce. Blibli terus memperkuat strategi hi-tech dan hi-touch tingkat internasional dalam pengalaman pelanggan purna jual. Dengan Solusi Pengembalian Instan ini, pelanggan akan mudah mengembalikan barang berdasarkan penawaran. Cukup ikuti link pada form yang muncul di aplikasi dan situs Blibli, sertakan gambar produk yang ditautkan, maka teknologi AI Damage Detection akan otomatis mengecek kondisi produk yang ingin dikembalikan, cek data dari penggunaan hasil serta data riwayat pembelian pelanggan dan dana pengembalian produk untuk memberikan umpan balik kepada pelanggan Blibli dapat mengakses Solusi Pengembalian Instan untuk mengembalikan barang pada saat pembelian atau setelah transaksi selesai.

Apabila terdapat ketidaksesuaian dengan barang yang diterima dan ingin dikembalikan, pelanggan Blbli dapat langsung membayar secara mandiri. Kedua, lengkapi dan kirimkan formulir online ke nomor lamaran, yang dapat digunakan untuk melacak kemajuan lamaran. Jika diperlukan informasi lebih lanjut, pelanggan akan dihubungi oleh agen Blibli Care. . dan akan memberikan feedback yang cepat, misalnya jika barang rusak sudah diterima, AI akan dapat melihat apa yang terjadi pada gambar dan memerintahkannya untuk segera mengirimkan barang kembalian tersebut ke produk. Berkat teknologi AI dan ML, proses mendeteksi kerusakan dan merekomendasikan solusi hampir 50% lebih cepat. Kolaborasi BIN dan IKN Nusantara menunjukkan bahwa komitmen BIN terhadap perlindungan IKN Nusantara sangat diperlukan dalam menghadapi perubahan lingkungan yang kompleks baik secara global maupun regional. harfam.co.id.co.id 9 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link