September 21, 2024
Warga Jakarta Mudik, PT KAI Commuter Prediksi Penumpang KRL Capai 16,4 Juta Orang

Warga Jakarta Mudik, PT KAI Commuter Prediksi Penumpang KRL Capai 16,4 Juta Orang

0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

harfam.co.id, Jakarta – Warga di sekitar Jakarta hari ini mulai kembali ke rumah masing-masing untuk merayakan Idul Fitri. Biasanya dengan budaya lebaran yang homey seperti ini, Jakarta akan sepi. Meski demikian, PT KAI Commuter yakin jumlah penumpang KRL akan terus meningkat pada masa transit Lebaran.

Deputy Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, PT KAI Commuter memperkirakan jumlah penumpang kereta listrik/commuter line (KRL) Jabodetabek bisa mencapai 16,4 juta orang pada masa transit Lebaran pada 5 hingga 16 April 2024.

Jika dicermati, angka ini meningkat 4% sejak tahun 2023, yaitu 15,7 juta orang.

Lima stasiun yang diperkirakan padat adalah Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakartakota, Stasiun Citayam, dan Stasiun Bekasi, kata Sekretaris Jenderal Suburban KAI Anne Purba kepada Jurnal KAI pada konferensi pers Angkutan Lebaran 2024, Jakarta, Jumat (4/5).

Selain itu, penumpang commuter line Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) juga diperkirakan mencapai 131.000 orang pada periode Idul Fitri 2204. Angka tersebut meningkat 12 persen dibandingkan periode Idul Fitri 2023.

“Peningkatan sebesar 12 persen ini juga sejalan dengan apa yang kami rencanakan bersama Angkasa Pura,” jelasnya.

Pada angkutan lebaran kali ini, KAI Commuter akan mengoperasikan KRL sesuai hari kerja mulai pukul 04:00 WIB hingga 24:00 WIB. Selain itu, KAI Commuter akan mengoperasikan 1.061 perjalanan di jalur Jabodetab Suburban per hari untuk seluruh rute yang melintasi Jabodetab.

Puncak pengguna pada libur lebaran kali ini turun pada 14 April sebanyak 791.246 orang, imbuh Anne.

 

Dari sisi keamanan, KAI Commuter akan menyiagakan lebih dari 4.500 petugas, termasuk 3.603 petugas keamanan (petugas keamanan, Stasiun PAM, WALKA PAM, BKO Laut) dan 24 personel polisi dari Metrojaya, Lebak, dan Bogor.

Selain itu, akan tersedia fasilitas tambahan pada masa transit Idul Fitri 2024, antara lain fasilitas air minum gratis, fasilitas tenda di Stasiun Ancol, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Tangerang, Stasiun Rangkasbitung, dan Stasiun Serang.

Ada juga pemasangan mihrab dan parket di musala beberapa stasiun serta penambahan toilet portable bertema Idul Fitri 1445 H, tambahnya.

KAI Commuter mewajibkan pengguna menyiapkan saldo minimal setiap perjalanan menggunakan KRL Jabodetabek.

Wartawan: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link