September 21, 2024
Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Ini 3 Bahan Rahasianya Agar Cepat dan Mudah

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Ini 3 Bahan Rahasianya Agar Cepat dan Mudah

0 0
Read Time:2 Minute, 40 Second

harfam.co.id, Jakarta Komedo merupakan masalah kulit wajah yang sering dianggap remeh, namun nyatanya menimbulkan efek yang cukup menjengkelkan. Hal ini disebabkan kemampuan komedo membuat kulit wajah menjadi kasar, tidak bernyawa, warnanya tidak merata bahkan bisa menyebabkan jerawat meradang. Biasanya komedo muncul di area T wajah, terutama di hidung, karena area ini menghasilkan lebih banyak sebum dibandingkan bagian wajah lainnya. Meski sulit diobati, komedo merupakan masalah kulit yang bisa diobati. Namun, banyak orang yang melakukan kesalahan saat mencoba menghilangkan komedo di hidung. Memencet hidung untuk mengeluarkan komedo dari pori-pori merupakan cara yang sering dilakukan. Padahal, tindakan tersebut bisa memperburuk kondisi kulit karena dapat menyebabkan peradangan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo di area hidung yang benar dan efektif?

Berikut tips menghilangkan komedo di hidung hanya dengan 3 bahan alami seperti dikutip brilliobeauty.net (26-03-2024).

Gula pasir merupakan salah satu pemanis yang dapat digunakan untuk membuat scrub alami karena teksturnya mirip dengan butiran eksfoliasi. Gula pasir dipercaya mampu membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Teksturnya yang kasar membuatnya bisa berfungsi sebagai body scrub yang efektif menghilangkan komedo, terutama di area hidung.

Madu merupakan bahan alami yang memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, antibakteri dan antiseptik. Kandungan nutrisi yang beragam pada madu membuatnya efektif sebagai pembersih wajah yang mampu mengatasi berbagai kotoran. Madu mampu membuka pori-pori wajah yang tersumbat dan juga menghilangkan kotoran penyebab komedo.

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Selain itu, bahan alami ini juga ampuh mengatasi komedo dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Kandungan astringent pada gel lidah buaya membantu menyerap minyak berlebih dan kotoran pada pori-pori kulit tanpa menyebabkan kulit kering, karena lidah buaya juga mengandung pelembab alami.

Berikut langkah-langkah membuat dan menggunakan scrub alami untuk menghilangkan komedo di hidung:

1. Tambahkan gula pasir, madu, dan gel lidah buaya ke dalam mangkuk.

2. Aduk ketiga bahan tersebut hingga merata hingga teksturnya menjadi pasta.

3. Bersihkan wajah terlebih dahulu agar bebas dari kotoran atau sisa riasan.

4. Oleskan scrub yang sudah disiapkan secara merata pada area hidung.

5. Gosok perlahan dengan gerakan memutar selama 2 hingga 3 menit.

6. Basuh wajah dengan air hangat hingga bersih, lalu oleskan pelembab.

Komedo seringkali tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya dalam 2-4 minggu.

 

 

 

 

Komedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Minyak ini diproduksi oleh kelenjar sebaceous (sebum) di pori-pori. Meski begitu, minyak alami kulit merupakan bahan anti penuaan alami yang mampu menjaga elastisitas wajah.

Komedo biasanya terdapat di zona T yang lebih berminyak dibandingkan area wajah lainnya. Produksi minyak yang berlebihan pada hidung, dagu, dan dahi dapat menyebabkan pori-pori pada area tersebut tersumbat oleh debu, sisa kotoran dan minyak serta menyebabkan terbentuknya komedo pada hidung, pipi, dan dagu.

Secara umum komedo bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain minyak berlebih, sel kulit mati, penumpukan bakteri, dan perubahan hormonal. Selain itu, pola makan yang tidak sehat juga dapat menyebabkan berkembangnya komedo.

 

 

Salah satu manfaat air garam untuk wajah adalah membantu mengurangi komedo di wajah. Menggosok wajah dengan air garam secara rutin akan menghilangkan sel kulit mati dan minyak berlebih. Dengan cara ini pembentukan komedo akan berkurang.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link