September 21, 2024
Pemerintah Korea Bakal Batasi Adegan Merokok di Drakor, Harap Tak Ada Lagi Suzy yang Isap Rokok di Doona

Pemerintah Korea Bakal Batasi Adegan Merokok di Drakor, Harap Tak Ada Lagi Suzy yang Isap Rokok di Doona

0 0
Read Time:1 Minute, 54 Second

harfam.co.id, Jakarta Pemerintah Korea Selatan sedang menggalakkan larangan adegan merokok dalam drama Korea (drakor) yang tayang di platform streaming seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mengatur konten terkait rokok dan tembakau di media.

Korea Selatan melarang adegan merokok di televisi lokal. Jika ada keributan, itu akan memudar. Namun menurut AllKpop, Selasa (6/2/2024), terdapat kesenjangan penonton untuk menonton adegan dalam konten yang disiarkan di platform streaming luar negeri.

Untuk mengungkapkan hal ini, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan telah mengumumkan bahwa mereka akan berpartisipasi dalam konferensi Konvensi Kerangka Kerja Organisasi Kesehatan Dunia tentang Pengendalian Tembakau (FCTC). Konferensi ini akan diadakan di Panama dari tanggal 5 hingga 11 Februari.

Pada konferensi tersebut, delegasi Korea Selatan akan meminta Sekretariat Konvensi dan pihak lain untuk mengurangi atau membatasi adegan terkait tembakau dan rokok di platform streaming internasional.

Sekadar informasi, Korea Selatan mengawasi undang-undang terkait adegan merokok di platform streaming karena negara tersebut telah berhasil meluncurkan kampanye anti-rokok. Dimulai dengan regulasi media, perpajakan dan inisiatif media.

“Kami akan berbagi pencapaian kebijakan peraturan tembakau Korea secara rinci dengan komunitas internasional dan meninjau secara cermat diskusi di konferensi tersebut untuk memperkuat kebijakan anti-rokok di Korea,” kata Jeong Yoon-hee, yang bekerja sebagai kepala Promosi Kesehatan kata Departemen. Di Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan, mengutip KBI Zoom.

Banyak serial drama Korea yang banyak menampilkan adegan merokok. Salah satunya adalah peran aktris Lim Ji-yeon dalam serial populer Netflix The Glory.

Lalu yang paling menyita perhatian adalah saat Suzy berperan sebagai Donna yang sedang mengalami masa-masa sulit. Dalam banyak adegan, Suzy terlihat sedang merokok seperti yang ditampilkan dalam drama berbasis webtoon tersebut. Sekitar 17 adegan Suzy merokok di Donna.

Selain itu, Ji Chang Wook juga terlihat merokok di drama Korea Disney+ Hotstar The Worst of Evil.

 

Rencana pemerintah daerah untuk melarang adegan merokok dalam drama Korea yang ditayangkan di platform streaming menuai reaksi beragam dari netizen Korea. 

“Mengapa mereka menindak adegan merokok padahal ada begitu banyak adegan yang menunjukkan karakternya minum alkohol berlebihan dan melakukan tindakan kekerasan setiap hari? Jika mereka akan menyensor adegan merokok, mereka juga harus menyensor adegan minuman keras.”

“Ada adegan kekerasan dan orang dipukuli dengan kapak, tapi menurut mereka merokok itu masalah?”

“Narkoba diperbolehkan, tapi rokok tidak?”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link