September 21, 2024
Aminah Cendrakasih Meninggal Dunia Desember 2022, Tokoh Google Doodle Hari Ini Sempat Kena Glaukoma

Aminah Cendrakasih Meninggal Dunia Desember 2022, Tokoh Google Doodle Hari Ini Sempat Kena Glaukoma

0 0
Read Time:2 Minute, 36 Second

harfam.co.id, Jakarta – Karakter Google Doodle hari ini Amina Sendrakasih meninggal dunia pada 21 Desember 2022. Pemeran Mak Nyack di “Si Doel Anak Sekolahan” itu meninggal dunia beberapa hari sebelum perayaan Hari Ibu.

Beberapa tahun terakhir sebelum kematiannya, Amina Sendrakasih harus terbaring di tempat tidur karena kelumpuhan dan glaukoma yang membuatnya tidak bisa beraktivitas normal. Kreasi terbaru Amina Sendrakasih adalah C-Series Doyle.

Tak hanya itu, Amina Sendrakasih juga kehilangan penglihatannya akibat penyakit glaukoma. Beruntung banyak artis yang tak melupakan kehadirannya, terutama para pemain Si Doel Anak Sekolahan yang tak bisa menjenguknya.

Hari ini Senin 29 Januari 2024 kita memperingati dan merayakan hari lahir Amina Sendrakasih dalam bentuk Google Doodle. Tentang Amina Sendrakasih

Amina Sendrakasih adalah salah satu aktris paling berbakat dan berpengaruh di industri hiburan Indonesia. Karakter Mock Nyack yang dibawakannya tidak hanya menghibur tetapi juga menciptakan ikatan emosional yang kuat dengan penontonnya.

Dalam gambar Google Doodle, sosok ikonik Amina Sendrakasih mengenakan jilbab khas wanita Batavi.

Menurut informasi Amina Sendrakasih yang dikutip dari situs resmi Festival Film Indonesia, wanita bernama asli Siti Amina Tjendrakasih ini merupakan putri komedian Husni Nagib dan artis kawakan Voli Sutina Mack Wok. (FI).

Amina Sendrakasih memulai karir panggungnya pada tahun 1955 sebagai aktris dan penyanyi.

Pada tahun yang sama, ia berkesempatan membintangi “O, Ibuku”, bagian pertama dari “Gadis Tiga Djaman” setelah “Puteri Revolution” yang diproduksi oleh Garuda Film dan Semeru. Di bawah arahan sutradara Ali Yoga.

Di tahun yang sama, Amina juga ikut serta dalam film “Gambang Semarang” bersama ibunya Woli Sutina.

Film ketiga, Mother and Daughter, disutradarai oleh Ha Van Wu pada tahun 1955 dan diyakini dibintangi oleh Amina Sendrakasih dan Lais Noor.​

Rekan main Rano Karno dalam “Si Doel Anak Sekolahan” memainkan peran pendukung dan utama dalam 101 film antara tahun 1955 dan 1989.

Pada tahun 1992, Amina Sendrakasih menerima Penghargaan Fidelity dari Dewan Film Nasional untuk Profesional Seni atas kontribusinya yang signifikan terhadap dunia perfilman.

Pada tahun 1959, Amina berkonsentrasi pada perannya dalam “Habi’s Gelap Terbitla Terang” dan pensiun sementara dari industri film setelah menikah. Pada tahun 1970, nama Amina kembali bersinar dengan membintangi beberapa serial TV.

Apalagi Amina Sendrakasih resmi kembali ke dunia film pada tahun 1971 dan merambah layar lebar.

Glaukoma merupakan penyebab kebutaan nomor dua di dunia setelah katarak. Berbeda dengan katarak, kebutaan akibat glaukoma tidak dapat disembuhkan. Menurut WebMD, glaukoma adalah penyakit yang merusak saraf optik mata dan memburuk seiring berjalannya waktu. Kondisi ini sering dikaitkan dengan peningkatan tekanan intraokular.

Jika kerusakan berlanjut, penglihatan mungkin hilang secara permanen. Tanpa pengobatan, glaukoma dapat menyebabkan kebutaan total hanya dalam beberapa tahun.

Pada sebuah kasus pada pertengahan tahun 2019, dr. Astrianda Suryono, Staf Pengajar Departemen Pelayanan Glaukoma Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Departemen Oftalmologi RS Sipto Mangunkusumo Kirana menjelaskan, secara umum ada dua jenis. dari glaukoma. Mereka adalah primer dan sekunder.

Penyebab glaukoma primer belum diketahui dan mungkin berkaitan dengan faktor genetik, sedangkan glaukoma sekunder mempunyai penyebab yang jelas.

Menurut Tria, ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan risiko seseorang terkena glaukoma, di antaranya primer dan keturunan. Faktor genetik berperan dalam glaukoma primer, dan jika ada riwayat keluarga yang mengalami kebutaan akibat glaukoma, kemungkinan besar gen tersebut akan diturunkan ke generasi mendatang.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link