September 21, 2024
Manfaat Nonton Film Horor seperti Siksa Kubur Karya Terbaru Joko Anwar

Manfaat Nonton Film Horor seperti Siksa Kubur Karya Terbaru Joko Anwar

0 0
Read Time:2 Minute, 52 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Film Sixa Kubur garapan sutradara Jocko Anwar rencananya akan tayang di bioskop mulai 10 April 2024 atau menjelang Idul Fitri.

Mengangkat tema religi, Jocko Anwar menjanjikan Seksa Kuboor berbeda dengan film horor yang pernah ia garap di masa lalu.

Menurutnya, film ini lebih penting dibandingkan film-film sebelumnya. Dalam keterangan tertulis yang diperoleh harfam.co.id, ia mengatakan, “Setelah bekerja sebagai penulis dan sutradara selama 20 tahun, saya ingin membuat film yang lebih bermakna, lebih dewasa, lebih bermakna dibandingkan film-film sebelumnya. pengembangan cerita dan karakter.” pada hari Jumat, 12 April 2024.

Aktor terkenal seperti Raza Rahadian dan Christine Hakeem akan terlihat di film tersebut. Film Seksa Kuboor bercerita tentang betapa mengerikannya keadaan ketika seseorang disiksa atas perbuatannya selama di bumi.

Film tersebut menceritakan tentang kehidupan Sita dan orang tuanya. Sita mulai tidak percaya pada agama setelah orang tuanya menjadi korban bom bunuh diri. Sejak saat itu tujuan hidup Sita tetap sama. Dia ingin menemukan orang yang paling berdosa.

Nanti, ketika orang tersebut meninggal, Sita ingin mengunjungi samadhinya untuk membuktikan bahwa siksaan samadhi itu tidak ada dan bahwa agama itu tidak benar. Namun, niscaya akan ada akibat yang mengerikan bagi mereka yang tidak beriman.

Jocko Anwar mengaku menghadirkan cerita dan karakter dekat dengan penonton melalui film Sixa Kuboor. Film ini juga merangkum permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini.

Film tersebut berdasarkan pada film pendek Penyiksaan Kuburan tahun 2012 garapan Sixa Kubur Joko Anwar yang dirilis di YouTube. Film pendek Grave Torture berkisah tentang anak seorang pembunuh berantai yang tanpa sengaja masuk ke dalam peti mati ayahnya.

Hanya bermodalkan korek api, sang bocah harus menyaksikan ayahnya menderita di alam kubur atas perbuatannya di dunia.

Film ini sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia khususnya para penggemar film horor.

Selain mendapat manfaat dari cerita yang disajikan, menonton film horor secara umum juga menjadi favorit sebagian orang karena manfaatnya bagi kesehatan mental.

Film horor dipercaya dapat membantu mengurangi kecemasan. Meski terkesan berlawanan dengan intuisi, orang yang gugup atau cemas lebih cenderung menikmati film horor.

Menurut sebuah makalah yang ditulis oleh Colton Scrivner PhD, seorang ilmuwan perilaku di Recreational Fear Lab di Universitas Aarhus di Denmark, film horor menimbulkan rasa takut yang dapat dikontrol dan diprediksi.

Scrivener mengatakan ini baik untuk orang yang merasa stres karena menyembunyikan perasaannya.

Scrivner menulis pada Jumat, 12 April 2024, mengutip Verywell Health, “Tidak seperti kecemasan yang disebabkan oleh dunia nyata, kecemasan yang disebabkan oleh gambaran ketakutan memiliki sumber yang jelas, mudah dikelola, dan “memiliki durasi yang jelas.”

Menurut Scrivener, film horor dapat menyebabkan perubahan fisiologis yang mirip dengan perasaan saat latihan aerobik.

“Saat Anda menonton film menakutkan, sebagian otak Anda menganggap ancaman itu nyata dan mengaktifkan respons tubuh Anda untuk melawan atau lari. Jantung Anda mulai berdebar kencang, detak jantung dan tekanan darah Anda meningkat. Dan pernapasan Anda menjadi lebih cepat.” ” dia berkata.

“Mempersiapkan tindakan juga memengaruhi suplai oksigen tubuh. Melarikan diri atau menghadapi bahaya dapat meregangkan otot Anda,” kata Scrivner.

Temuan Scrivener konsisten dengan temuan Harold Hong, MD, seorang psikiater bersertifikat dan direktur medis New Water Recovery di North Carolina.

Menurut Hong, respons stres akut ini dapat memberikan sensasi yang membantu seseorang merasa lebih hidup dan terlibat dengan lingkungan sekitarnya.

Rasa takut yang ditimbulkan akibat menonton film horor dapat memicu pelepasan hormon stres adrenalin dan kortisol dalam tubuh.

Otak Anda juga melepaskan endorfin dan dopamin ketika Anda sedang bersemangat. Endorfin adalah hormon yang mengurangi rasa sakit dan stres, sedangkan dopamin adalah neurotransmitter ‘perasaan baik’ yang berperan dalam pengaturan suasana hati, kata Hong.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link