September 21, 2024
Tak Selalu Buruk, Ternyata Berbohong Juga Baik Bagi Kehidupan

Tak Selalu Buruk, Ternyata Berbohong Juga Baik Bagi Kehidupan

0 0
Read Time:2 Minute, 34 Second

harfam.co.id, Jakarta – Sejak kecil kita belajar dan meyakini bahwa berbohong adalah dosa besar. Karena kebohongan kita bisa kehilangan teman, kesempatan dan membuat kita tidak bisa dipercaya oleh orang-orang di sekitar kita. 

Namun, meski sering kita katakan bahwa berbohong tidak ada gunanya dan banyak dampak negatifnya, namun kenyataannya tidak demikian, lho. Dalam beberapa kasus, misalnya, berbohong justru memiliki manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan mengatakan kebenaran.

Sebab, nyatanya berbohong bukan sekadar cara untuk keluar dari situasi canggung atau menjadikan diri penting. Berdasarkan informasi dari Best Life, Senin (15/4/2024), penelitian menunjukkan bahwa belajar berbohong sebenarnya merupakan tonggak perkembangan yang penting.

Jadi, sebelum Anda memutuskan bahwa kejujuran adalah kebijakan terbaik, cari tahu apakah berbohong itu baik untuk Anda. Iya, ternyata ada manfaat yang bisa kamu peroleh dari berbohong, di antaranya: 1. Membuatmu lebih produktif.

Sedikit kebohongan di kantor bukanlah akhir dari dunia. Faktanya, mereka bahkan dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Misalnya, beritahu atasan Anda bahwa Anda sedang mengerjakan sebuah proyek sesuai dengan jadwalnya, padahal sebenarnya Anda mengerjakan jadwal yang lebih sesuai untuk Anda. Ini sebenarnya dapat membantu Anda menenangkan tenaga sekaligus memungkinkan Anda memprioritaskan pekerjaan Anda.

Karena yang mengetahui keterampilan dan persyaratan pekerjaan itu adalah dirinya sendiri. 

Meskipun kebohongan terang-terangan tentang kesetiaan, uang, atau masalah besar lainnya dapat merusak suatu hubungan, beberapa kebohongan sebenarnya dapat memperbaiki hubungan Anda dalam jangka panjang.

Merahasiakan hubungan sebelumnya atau menyimpan sedikit misteri akan membantu menjaga hubungan Anda agar tidak stagnan.  3. Meredakan stres dalam membesarkan anak

Tanyakan kepada orang tua mana pun dan mereka akan memberi tahu Anda: merawat anak tidaklah mudah. Orang tua mana yang setuju dengan hal ini?

Sedikit kebohongan tentang apakah Anda punya cukup uang di dompet untuk membeli mainan atau jam buka toko es krim setempat dapat membantu menjaga perdamaian.

Berbohong bukan sekedar bercerita. Berbohong karena kelalaian sebenarnya dapat meningkatkan persahabatan Anda.

Jika teman Anda telah bekerja keras melakukan diet selama setahun tetapi Anda tidak bisa melihat hasilnya, mengatakan kepadanya bahwa dia terlihat membuat perubahan akan tetap membuat Anda merasa senang. Terkadang, bersikap baik lebih baik daripada jujur.  5. Tingkatkan mood Anda

Meskipun berbohong mungkin tampak membuat Anda terlihat buruk, mungkin yang terjadi justru sebaliknya. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami depresi bisa lebih realistis dibandingkan orang yang tidak mengalami depresi karena pandangan dunianya yang terlalu realistis. Rupanya penawar rasa sedih bisa dengan sedikit khayalan diri.

Sangat mudah untuk merasa kalah ketika Anda mencoba mencapai suatu tujuan tetapi merasa gagal. Untungnya, sedikit khayalan diri mengatakan pada diri sendiri bahwa 10 menit Anda di gym adalah usaha yang besar.

Contoh lain tentang bagaimana mulai menabung untuk hari esok dibandingkan sepuluh tahun yang lalu juga sama baiknya, hal ini dapat membantu Anda tetap berada di jalur yang benar alih-alih membuat Anda tidak punya pilihan selain memberi.  7. Latih keterampilan negosiasi

Apakah Anda ingin membayar di bawah harga pasar untuk sebuah mobil baru atau menegosiasikan kenaikan gaji? Berbohong pasti akan berguna.

Berbohong tentang kesepakatan yang lebih baik atau mengatakan Anda siap untuk berhenti ketika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan dapat membantu Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan. Karena, bagaimanapun juga, hal itu memang diharapkan. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link