September 21, 2024
Praktis dan Lezat, Ini 3 Ide Masakan Korea Simpel yang Cocok dengan Cita Rasa Indonesia

Praktis dan Lezat, Ini 3 Ide Masakan Korea Simpel yang Cocok dengan Cita Rasa Indonesia

0 0
Read Time:2 Minute, 43 Second

harfam.co.id, Jakarta – Kegilaan terhadap drama Korea yang kerap memuat unsur makanan membuat masyarakat Indonesia semakin mengenal beragam makanan Korea. Kiichi, Mandu, dan Sundubu-jigi bukan lagi kata asing di telinga para penggemar K-drama. 

Bagi yang ingin memadukan cita rasa pedas dan aromatik Korea dengan bumbu khas Indonesia, tiga masakan Korea di bawah ini wajib dicoba.

Berikut tiga ide masakan Korea sederhana yang mudah disiapkan dan dipadukan dengan bahan-bahan lokal Indonesia

Perpaduan ini tidak hanya memberikan cita rasa yang unik dan lezat, tetapi juga menghemat waktu dan bahan sehingga cocok bagi Anda yang suka sering memasak di rumah.

Ide masakan berikut ini berasal dari demo memasak yang diadakan di Korea Fair Hero Supermarket. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 17-23 Juni 2024 di Puri Inda Mall Jakarta.

Selain demo memasak, program ini juga mencakup kursus memasak dan sesi memasak makanan penutup untuk anak-anak. 

Hidangan pertama adalah Mandu Sayur dengan Sambal Mata Mandu adalah pangsit dalam masakan Korea. Mandu bisa dikukus, direbus, dipanggang dalam wajan atau digoreng dengan minyak yang banyak. Gaya penyajiannya juga berbeda di berbagai daerah di semenanjung Korea

Chef Anas memadukan mandu dengan sambal mata, sambal khas Bali yang terkenal dengan rasa segarnya, terbuat dari bahan mentah, cukup digoreng dengan minyak panas.

Anda bisa menggunakan pasta beku, yang lebih nyaman karena tidak perlu membuatnya dari awal. Chef Anas menunjukkan cara memasak mandu. Jika bagian bawah berwarna coklat tambahkan air hingga menutupi seperempat mandus Kemudian tutup wajan selama 3-4 menit Jika air habis angkat mandus Tambahkan minyak secukupnya untuk memasak mandus Goreng mandus hingga matang

Ibarat saus mandu, masakan ini hadir dengan sambal matha. Begini cara membuatnya. Parut bawang bombay, cabai merah, daun jeruk, tambahkan kacang mete dan air jeruk lemon. Campur semuanya dalam mangkuk dan tambahkan air jeruk nipis. Tambahkan gula dan garam secukupnya, serta bumbu berupa terasi selatan. Siram dengan minyak panas.

Berikutnya adalah Nasi Goreng Kechi Gochujang yang pastinya mudah diterima oleh orang Indonesia. Nasi goreng merupakan hidangan yang familiar dan terkenal

Namun Anda bisa membuat yang lain dengan menambahkan kimchi dan saus gochujang Korea. Anda bisa menggunakan saus kichi dan gochujang yang banyak dijual di supermarket.

 Bahan: Nasi kimchi Saus Gochujang Telur bawang putih Minyak Seo Saus tiram cabai.

Cara Pembuatan : Panaskan minyak, tumis bawang putih cincang dan cabai hingga harum Kocok telur dan kupas Tambahkan nasi, saus gochujang dan saus tiram Aduk rata Tambahkan kichi cincang dan sedikit air lalu aduk rata Tambahkan minyak lalu aduk kembali Tambahkan bumbu dan sesuaikan bumbu

Ide hidangan terakhir: bulgogi tahu sundabu-jigiga, tahu ekstra lembut, sayuran, jamur, bawang bombay, makanan laut atau daging opsional, dan gochujang atau gochuguru.

Bahan: Tahu sutra Daging sapi iris tipis Bawang Bawang Putih Bawang hijau Minyak Gochujang Seo Kecap manis Kecap.

Persiapan: Campur daging sapi, gochujang, kecap manis, kecap asin, minyak wijen, garam dan merica dalam mangkuk. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit.Potong tahu sutra menjadi kubus.Potong bawang bombay dan daun bawang. Cincang halus bawang putih.Panaskan minyak goreng dalam wajan.Masak daging marinasi hingga berubah warna.Keluarkan dan tiriskan. sisihkan gochujang, aduk rata dan masak 1 menit, tambahkan air secukupnya. Masukkan tahu sutra, masak hingga mendidih kembali Aduk perlahan agar tahu tidak pecah Tambahkan daging giling masak sebentar hingga tercampur rata Tambahkan daun bawang dan aduk rata Bumbui dengan garam, merica sesuai selera Porsi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link