September 21, 2024
Pakistan Luncurkan Misi ke Bulan Hari Ini Menggunakan Roket China

Pakistan Luncurkan Misi ke Bulan Hari Ini Menggunakan Roket China

0 0
Read Time:1 Minute, 32 Second

harfam.co.id, JAKARTA — Pakistan mempunyai proyek bulan yang akan diluncurkan dengan roket China. Menurut Institute of Space Technology (IST), peluncurannya akan dilakukan pada Jumat (3/5/2024) pukul 12.50 PKT atau 13.20 Waktu India. 

Seperti dilansir Hindustan Times, Jumat (3/5/2024), persiapan misi tersebut sedang dilakukan di lokasi peluncuran Wenchang Space di Provinsi Hainan, China selatan. Badan Antariksa Nasional China (CNSA) mengumumkan pada Rabu (05-01-2024) bahwa kendaraan peluncuran Long March-5 Y8 akan segera dimuat. 

Sementara itu, Tiongkok akan memulai penyelidikan bulan Chang’e-6 pada Jumat (05-05-2024). Tujuan utama misi Chang’e 6 adalah mengumpulkan sampel dari sisi jauh Bulan. 

CNSA mengatakan misi tersebut akan menandai upaya pertama untuk mengumpulkan sampel dari wilayah bulan ini. Misi Tiongkok juga akan membawa satelit kecil ICUBE-QAMAR milik Pakistan. 

Dikembangkan oleh tim Institut Teknologi Luar Angkasa (IST) bekerja sama dengan Universitas Shanghai SJTU dan Penelitian Luar Angkasa dan Atmosfer Atas (SUPARCO), dengan misi ringan ini Pakistan bertujuan untuk memajukan eksplorasi ruang angkasa. 

Ada banyak hal tentang misi Chang’e 6, yaitu pertama-tama, pesawat luar angkasa misi Chang’e 6 adalah pengorbit, penjelajah, pendakian, dan masuk kembali. Kedua, tujuannya adalah mendarat di Cekungan Aitken bagian selatan untuk mengumpulkan sampel debu dan batuan. 

Ketiga, misi ini dapat memberikan wawasan penting mengenai struktur dan sifat wilayah bulan. Keempat, perlengkapan tambahan seberat 10 kilogram akan menemani misi tersebut. 

Kelima, instrumen ilmiah dari Perancis, Italia dan Badan Antariksa Eropa (ESA) akan termasuk dalam harga. Keenam, muatan Pakistan juga akan dimuat ke pengorbit. 

Di sisi lain, India sukses meluncurkan Chandrayaan 3, menjadi negara pertama yang melakukan soft landing di dekat Kutub Selatan Bulan. Misi tersebut mencakup penjelajah Pragyan, yang bekerja bersama tim misi Chang’e 4 Tiongkok di sisi jauh bulan.

Setelah menyelesaikan eksplorasi bulan yang direncanakan dalam 10 hari Bumi, Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) akan mengaktifkan mode hibernasi sistem. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link