September 21, 2024
Berapa Kali Idealnya Wanita Ganti Celana Dalam? Dokter Sebut Bisa 4 Kali

Berapa Kali Idealnya Wanita Ganti Celana Dalam? Dokter Sebut Bisa 4 Kali

0 0
Read Time:51 Second

harfam.co.id, Jakarta menyarankan wanita untuk rutin mengganti pakaian dalam. Namun bukan dua kali, melainkan tiga hingga empat kali, saran dokter spesialis kebidanan dan kandungan Ardiensza Tara Sjahruddin.

Dengan rutin mengganti pakaian dalam tiga hingga empat kali sehari, Anda dapat mengurangi masalah pada area kewanitaan, termasuk keputihan.

“Jadi ada mikroba yang disebut anaerob, kuman yang tumbuh di tempat yang pengap, maksudnya apa? Alat kelamin tidak boleh sering ditutup-tutupi,” ujarnya.

Mengenakan pembalut atau celana jeans ketat dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan infeksi alat kelamin, kata Ordiansza Dara. Akibatnya, jamur mengeluarkan lendir atau cairan bening sebagai bagian dari mekanisme pertahanannya. Keluarnya lendir atau cairan bening inilah yang disebut dengan keputihan.

“Kalau pakai celana yang longgar, berbahan kain, atau berbahan katun, tidak apa-apa. Jadi, yang mendasar adalah rutin mengganti celana dalam,” ujarnya.

 

 

Ardiansjah Dara menyarankan untuk memilih celana dalam berbahan katun atau bahan lain yang cepat menyerap keringat.

“Jadi misalnya kalau siang kencing, cuci celana, langsung ganti celana dalam yang baru. Lalu, kalau pulang, ganti dengan yang baru,” kata Ordiensza mencontohkan. 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link