September 21, 2024
Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

0 0
Read Time:2 Minute, 23 Second

Jakarta – Membeli sepeda motor bekas menjadi pilihan yang cukup populer bagi sebagian orang karena berbagai alasan, seperti harganya yang lebih terjangkau dibandingkan sepeda motor baru dan tidak memakan banyak waktu.

Namun konsumen tetap harus berhati-hati dan memeriksa kendaraannya secermat mungkin karena ini bukan kepemilikan pertama mereka.

Konsumen tidak mengetahui secara pasti apa yang terjadi pada kendaraan tersebut ketika digunakan oleh pemilik sebelumnya.

Namun konsumen tidak perlu takut tertipu saat membeli sepeda motor bekas, ada beberapa tips jitu agar sepeda motor bekas tetap dalam kondisi baik.

Akbar, salah satu dealer sepeda motor bekas Sahabat Motor mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi kendaraan, mulai dari fisik hingga mesin.

Tipsnya (saat beli motor bekas) cek dulu kondisi kendaraannya, mulai dari fisik dan mesinnya. Orang-orang kebanyakan lihat fisiknya, kelihatannya aman, tapi jangan lupa juga periksa mesinnya. ,” kata Akbar kepada harfam.co.id Otomotif beberapa waktu lalu.

Akbar mengatakan pembeli juga perlu memverifikasi keaslian dokumen terkait nomor mesin dan sasis.

“Cek juga keabsahan nomor mesin dan nomor sasis, kalaupun penjual (motor bekas) sudah mengecek sebelumnya, pastikan pembeli juga harus memeriksanya,” ujarnya.

Akbar kemudian menambahkan, pembeli juga perlu memastikan harga apakah masih bisa bernegosiasi atau tidak.

Harganya juga perlu dipastikan apakah bisa ditawar atau tidak, tambah Akbar.

Menurut Akbar, pembeli juga harus melakukan test drive mobil tersebut sebelum membawa pulang sepeda motor bekasnya.

“Di sini pembeli bisa melakukan test drive kendaraannya terlebih dahulu. Ini juga penting karena memungkinkan konsumen mengetahui secara pasti kondisi sepeda motor bekas yang dicarinya,” jelasnya.

Berdasarkan laman Astra-Honda Motor, pembeli sepeda motor bekas wajib melakukan pengecekan sepeda motor secara menyeluruh, seperti menghidupkan sepeda motor untuk memastikan kondisi mesin dengan memantau suara, torsi gas, dan emisi gas buang.

Nyalakan mesin dan tutup knalpot Jika terdengar bunyi tik pada sepeda motor, itu tandanya klep sudah kendor atau bisa juga karena piston sudah aus. Tips dasar ini bisa digunakan untuk mengecek kualitas mesin sepeda motor bekas.

Kemudian periksa berapa banyak oli yang ada di mesin. Jika level oli terlalu tinggi biasanya digunakan untuk menyembunyikan suara motor agar tidak terdengar keras. 

Periksa juga kebocoran oli setelah test riding sepeda motor. Perlu diketahui bahwa sepeda motor yang berumur lebih dari 5 tahun akan terdapat karat pada tangkinya.

Jika bensin pada tangki terlihat keruh, kemungkinan besar sepeda motor sudah lama tidak digunakan sehingga berdampak pada performa sepeda motor nantinya.

Kemudian periksa kondisi ban dan rem cakram. Tentu saja Anda bisa mengganti ban bekas, tapi biayanya lebih mahal. Jadi kami bisa menawarkan harga untuk menurunkannya karena kami harus segera mengganti ban baru setelah membeli sepeda motor. 

Hal ini juga berlaku pada bagian lain seperti shockbreaker depan dan belakang, apakah masih normal atau bocor. Jangan khawatir dengan speedometer yang masih rendah.

Perlu diingat bahwa tidak selalu harus mencari sepeda motor bekas dalam kondisi sempurna, meski tidak mulus dibandingkan bodinya, namun jika mesinnya masih bagus bisa dibeli. Suzuki berhenti menjual Jimny dan Ignis.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link