September 21, 2024
Gastric Balloon atau Balon Lambung, Prosedur Medis untuk Turunkan Berat Badan Tanpa Proses Bedah

Gastric Balloon atau Balon Lambung, Prosedur Medis untuk Turunkan Berat Badan Tanpa Proses Bedah

0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

harfam.co.id, Jakarta Penurunan berat badan kini bisa dibantu dengan banyak cara dengan kemajuan teknologi medis. Salah satunya adalah balon lambung atau balon lambung. Ini adalah prosedur medis yang dirancang untuk mengurangi berat badan.

Prosedur balon lambung dilakukan dengan memasukkan balon silikon berisi udara atau garam ke dalam lambung untuk mengisi sebagian besar ruang lambung. Dengan cara ini, pasien merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama.

Rabbinu Rangga Pribadi, dokter spesialis penyakit dalam, konsultan hepatologi dan gastroenterologi di RS EMC Pulomas, Jakarta, mengatakan: “Manfaatnya adalah asupan kalori harian pasien berkurang dan berat badan bisa berkurang”. Juni 2024).

Menurut Rabbinu, operasi bypass lambung kini semakin populer di masyarakat karena kelebihan dan manfaatnya bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Penurunan berat badan sebesar 12-40 persen bisa terjadi dalam waktu enam bulan begitu pula dengan penurunan obesitas.

“Tentunya cara ini dilakukan tanpa operasi dan juga didukung dengan proses pemulihan yang cepat.”

Setelah enam bulan, balon lambung biasanya diangkat sehingga hasilnya hanya bersifat sementara. Namun keberhasilan jangka panjang dari metode ini masih bisa dicapai jika pasien menjalani gaya hidup sehat. Seperti pola makan seimbang dan olahraga teratur untuk menjaga berat badan yang diinginkan.

Rabbinu melanjutkan: Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan operasi bypass lambung, antara lain: Tidak adanya riwayat operasi lambung dan kandung kemih, sehingga tidak terjadi kerusakan pada lambung dan kandung kemih yang dapat menimbulkan komplikasi seperti infeksi, pendarahan atau bengkak. Memiliki indeks massa tubuh (BMI) 30 sampai 40 atau belum mengalami obesitas (BMI > 40). Ambil tindakan untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Prosedur balon lambung atau prosedur balon lambung dilakukan dengan menggunakan teknik endoskopi. Dokter akan memasukkan balon melalui mulut pasien, melalui kerongkongan dan lambung. Proses instalasi ini biasanya memakan waktu 20 menit hingga 1 jam.

Proses pemasangan dimulai dengan menenangkan pasien untuk memastikan mereka merasa nyaman dan rileks selama proses berlangsung.

Setelah pasien dibius, balon lambung yang masih dikeluarkan akan dimasukkan ke dalam lambung menggunakan endoskopi.

Endoskopi adalah tabung fleksibel yang dilengkapi kamera dan instrumen, sehingga dokter dapat memantau dan mengarahkan balon ke lokasi yang benar di perut.

Setelah balon ditempatkan dengan benar, balon diisi dengan 400 hingga 700 ml larutan garam steril atau 650 hingga 750 ml udara. Prosedur ini dilakukan secara hati-hati untuk mengembang balon dengan baik dan aman di perut, memberikan efek pengurangan kapasitas perut dan mendukung pengendalian berat badan pasien.

Sebelum melakukan prosedur balon lambung, pasien harus melalui beberapa langkah persiapan penting. Salah satu langkah utamanya adalah berpuasa selama beberapa jam sebelum prosedur.

Tujuan dari puasa ini adalah untuk memastikan perut dalam keadaan kosong, sehingga membantu mengurangi risiko komplikasi dan memastikan balon dapat dimasukkan dengan aman dan efektif. Puasa selama endoskopi juga mengurangi risiko aspirasi (menelan muntahan).

Selain itu, dokter akan memberikan petunjuk tambahan, seperti menghindari pengobatan tertentu atau melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan pasien cukup sehat untuk menjalani prosedur.

Setelah pemasangan selesai, biasanya pasien bisa pulang pada hari yang sama atau keesokan harinya.

Selama pemulihan, pasien mungkin merasakan ketidaknyamanan atau nyeri di perut atau punggung. Oleh karena itu, sangat penting bagi pasien untuk mengikuti semua petunjuk dan rekomendasi dokter setelah pemasangan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link