September 21, 2024
Tips Menjaga Kebersihan Organ Intim Saat Menstruasi, Biar Terbebas dari Masalah Kesehatan

Tips Menjaga Kebersihan Organ Intim Saat Menstruasi, Biar Terbebas dari Masalah Kesehatan

0 0
Read Time:2 Minute, 29 Second

harfam.co.id, Jakarta Saat menstruasi, wanita mengalami berbagai perubahan keadaan, mulai dari perubahan suasana hati hingga rasa sakit yang kerap mengganggunya. Tak hanya itu, wanita saat ini harus lebih memperhatikan kebersihan auratnya agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Saat menstruasi, vagina biasanya lebih lembab sehingga dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur. Selain itu, penggunaan pembalut seringkali menimbulkan rasa gatal. Lalu, apa saja tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan bagian pribadi Anda selama ini?

Membersihkan vagina saat menstruasi tidak hanya penting untuk kenyamanan, tapi juga mencegah infeksi. Gunakan air bersih dan sabun lembut yang tidak mengandung pewangi atau bahan kimia keras. Basuh bagian luar vagina dengan lembut dari depan ke belakang untuk menghilangkan bakteri dari vagina.

Hindari misalnya semprotan air atau pembersih atau cairan pembersih vagina, karena dapat mengganggu keseimbangan alami bakteri baik di vagina dan menyebabkan infeksi. Menurut jurnal terbitan National Library of Medicine, menjaga keseimbangan mikroflora vagina sangat penting untuk kesehatan reproduksi wanita.

Memilih pembalut yang tepat sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan saat menstruasi. Pastikan produk yang digunakan terbuat dari bahan yang ringan dan tidak menyebabkan iritasi. Pilih juga pembalut yang bebas pewangi dan bahan kimia, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Ingatlah untuk menggantinya minimal setiap 3-4 jam atau lebih rutin jika terjadi pendarahan hebat. Pembalut yang tidak rutin diganti dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab infeksi dan bau tak sedap. American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan untuk mengganti pembalut setiap jamnya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vagina.

Kualitas air yang digunakan untuk membasuh vagina juga sangat penting. Gunakan air bersih dan pastikan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina. Air yang terkontaminasi dapat membawa bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi pada area genital atau kandung kemih.

Jika Anda berada di toilet umum, hindari penggunaan air dari bak mandi yang terlihat kotor. Disarankan untuk menggunakan air keran yang mengalir untuk membersihkan vagina tidak hanya saat menstruasi tetapi juga setiap hari. Menurut penelitian dalam Journal of Water and Health, air bersih sangat penting untuk mencegah infeksi saluran kemih dan vagina saat menstruasi.

Saat menstruasi, pilihlah celana dalam berbahan katun atau bahan lain yang mampu menyerap keringat lebih baik. Ini membantu menjaga area sekitar vagina tetap kering dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur

Hindari memakai celana dalam yang terlalu ketat karena dapat membatasi aliran udara dan membasahi area vagina. Menurut Mayo Clinic, pakaian dalam yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat bisa meningkatkan risiko infeksi jamur vagina.

Menjaga vagina tetap kering adalah salah satu kunci mencegah infeksi. Setelah membersihkan vagina, pastikan untuk mengeringkan area tersebut dengan tisu lembut. Namun, hindari yang mengandung alkohol atau parfum karena dapat menyebabkan iritasi.

Selain itu, hindari duduk dalam waktu lama dengan pembalut yang lengkap karena dapat melembabkan area vagina. Tempat yang lembap dan hangat merupakan tempat yang ideal bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak

Beberapa tips di atas bisa diterapkan untuk menjaga kebersihan aurat saat menstruasi. Pastikan selalu memberikan perhatian khusus pada area vagina agar terhindar dari masalah yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link