September 21, 2024
Menkominfo Minta Starlink Buka Kantor Operasional di Indonesia

Menkominfo Minta Starlink Buka Kantor Operasional di Indonesia

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

harfam.co.id, IAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meminta penyedia layanan Internet berbasis satelit Starlink membuka kantor operator jaringan (NOC) di Indonesia. Hal ini agar pemerintah dapat mengontrol penggunaan internet.

“NOC harus ada di Indonesia agar pemerintah bisa mengendalikan dan mengendalikan penggunaan Internet di Indonesia, karena ini bisa digunakan untuk perjudian online, pornografi, separatisme, hal-hal yang tidak sesuai atau dilarang peraturan perundang-undangan di Indonesia,” ujarnya. dalam konferensi pers online pada Jumat (24/5/2024).

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga akan memastikan Starlink yang beroperasi di bawah nama perusahaan PT Starlink Services Indonesia menjalin kerja sama dengan penyedia layanan Internet di Indonesia dalam pengembangan teknologi, peningkatan layanan dan jaringan, serta peningkatan kapasitas sumber daya.

Budi mengatakan Starlink bertekad untuk memenuhi perannya sebagai penyedia layanan Internet sesuai dengan hukum untuk penyediaan layanan Internet di Indonesia.

Ia meminta pejabat Kementerian Komunikasi dan Informatika meninjau dan mengevaluasi operasional Starlink di Indonesia.

“Semua ini sangat penting untuk memastikan kesetaraan dalam industri media di Indonesia dan juga layanan internet yang mencakup seluruh masyarakat Indonesia,” kata Budi.

Starlink beroperasi di Indonesia. Pengusaha Amerika Elon Musk selaku pemilik Starlink membuka kantornya di Bali pada 19 Mei 2024.

Budi mengatakan Starlink telah memperoleh izin pendaratan satelit dan izin radio luar angkasa dengan masa berlaku satu tahun dengan enam jenis peralatan yang diperoleh, antara lain antena gateway, navigator, dan antena stasiun operator, untuk beroperasi di Indonesia.

Selain itu, Starlink juga memperoleh Sertifikat Kualifikasi Kinerja untuk penyelenggaraan jaringan tertutup melalui VSAT dan penyelenggaraan jasa penyiaran untuk layanan Internet, serta izin penyelenggaraan jaringan tertutup untuk penyiaran VSAT dan penyelenggaraan jasa penyiaran. untuk layanan akses internet.

Kehadiran Starlink diharapkan dapat membantu pemerintah mengupayakan pemerataan layanan Internet di seluruh Indonesia, termasuk di perbatasan, pinggiran, dan daerah terpencil.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link