September 21, 2024
Menengok Krisis Ekonomi dan Ledakan Utang Sri Lanka Rp599 Triliun

Menengok Krisis Ekonomi dan Ledakan Utang Sri Lanka Rp599 Triliun

0 0
Read Time:2 Minute, 26 Second

Sri Lanka telah mencapai kesepakatan dengan pemberi pinjaman bilateral yang dipimpin oleh Jepang dan India untuk memberikan angin segar kepada negara kepulauan Asia Selatan tersebut di tengah krisis utangnya. Seperti diketahui, Sri Lanka telah terlilit utang dalam jumlah besar sejak November tahun lalu.

Sri Lanka akan gagal membayar utang luar negerinya dan kehabisan uang tunai pada Mei 2022 setelah berkurangnya cadangan devisa yang mendorong perekonomiannya ke jurang resesi.

Kreditor Sri Lanka Komite Resmi Kreditor (OCC) Jepang, Dipimpin oleh Perancis dan India, utang luar negeri Sri Lanka sebesar USD 37 miliar berjumlah sekitar USD 5,9 miliar atau Rp 599 triliun (Rp 16.191 per USD). Menteri Keuangan. Pada saat yang sama, Berdasarkan data pemerintah terbaru, Bank Ekspor-Impor Tiongkok (EXIM) menanggung utang sekitar $4 miliar.

Di antara kreditor bilateral, Sri Lanka berutang kepada Tiongkok sebesar $4,7 miliar dan India memiliki utang sebesar $1,74 miliar. Selain itu, Sri Lanka berutang kepada Jepang, yang merupakan bagian dari Paris Club, sebesar $2,68 miliar.

Hingga saat ini, pemberi pinjaman bilateral terbesar di Sri Lanka, Tiongkok, belum menjadi anggota resmi OCC.

Pinjaman komersial, yang mencakup obligasi pemerintah dan pinjaman berjangka lainnya, berjumlah $14,73 miliar. Sementara itu, dana talangan sebesar $2,9 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF) pada Maret tahun lalu membantu menstabilkan situasi ekonomi Sri Lanka.

Pemberi pinjaman global telah menyerukan perjanjian definitif dengan Bank Ekspor-Impor Tiongkok untuk menyelesaikan nota kesepahaman dengan OCC, yang memungkinkan Sri Lanka menstabilkan utangnya dan menguranginya hingga 95% dari produk domestik bruto. PDB) hingga tahun 2032.

Pembicaraan utang Pada bulan April, Sri Lanka menolak tawaran kesepakatan awal untuk merestrukturisasi utang lebih dari $12 miliar. Negosiasi formal dengan pemberi pinjaman swasta internasional akan dilanjutkan segera setelah sekelompok pemegang obligasi menandatangani perjanjian kerahasiaan.

Sri Lanka berhutang sekitar US$10,9 miliar kepada bank multinasional. Selain itu, Sri Lanka mempunyai utang sebesar $6,2 miliar kepada ADB dan $4,3 miliar kepada Bank Dunia, namun utang multilateral tersebut belum direstrukturisasi.

Restrukturisasi utang sangat penting bagi Sri Lanka pada tahun 2025, yang merupakan target fiskal utama yang ditetapkan oleh IMF. Setelah restrukturisasi utang selesai, Sri Lanka diperkirakan akan mengurangi total utangnya sebesar $16,9 miliar.

Utang dalam negeri Selain utang luar negeri, Sri Lanka juga mempunyai utang dalam negeri. Sebagai bagian dari rencana restrukturisasi utang dalam negeri yang diumumkan pada bulan Juni tahun lalu, Sri Lanka menerima proposal untuk menukar sekitar US$10 miliar utang dalam negeri dengan obligasi baru.

Hal ini membuka jalan bagi negosiasi dengan pemegang obligasi dan kreditor. Kementerian Keuangan mengatakan pihaknya telah menyetujui total 3,2 triliun rupee ($9,91 miliar) dari obligasi senilai 8,7 triliun rupee yang memenuhi syarat untuk ditukarkan.

Tinjauan IMF Awal bulan ini, IMF menyetujui peninjauan kedua atas program dana talangan Sri Lanka, yang menghasilkan $336 juta. Namun perekonomian Sri Lanka masih lemah meskipun ada tanda-tanda pemulihan, pemberi pinjaman global telah memperingatkan, dan mendesak Kolombo untuk berbuat lebih banyak untuk merestrukturisasi beban utangnya yang sangat besar.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link