September 21, 2024
Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

0 0
Read Time:2 Minute, 4 Second

harfam.co.id Lifestyle – Diabetes melitus, penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah, kini menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Menurut data Kementerian Kesehatan RI, pada tahun 2023, terdapat 19,5 juta penduduk Indonesia yang menderita diabetes, dan diperkirakan jumlahnya akan terus meningkat di masa mendatang.

Salah satu faktor risiko utama diabetes adalah konsumsi nasi putih yang berlebihan. Nasi putih mengandung kadar gula yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah. Secangkir nasi mengandung setidaknya 200 kalori. Gulir untuk informasi lebih lanjut.

Jadi, ketika diolah di dalam tubuh, karbohidrat yang terkandung di dalam nasi akan dipecah menjadi glukosa. Oleh karena itu, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan, banyak masyarakat yang mulai beralih ke sumber karbohidrat lain untuk konsumsi sehari-hari, seperti kentang, ubi jalar, singkong, dan nasi merah dibandingkan nasi putih.

Proses memasak nasi putih juga mempengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya, karena cara memasak yang tidak tepat justru berisiko meningkatkan penyakit diabetes. Hal yang harus diperhatikan adalah tingkat pemasakan nasi yang tepat, jangan terlalu matang namun jangan terlalu mentah.

Nasi yang terlalu empuk akan memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi sehingga dapat memengaruhi kadar gula darah. Di sisi lain, nasi kurang matang juga mengandung bakteri tidak sehat, seperti Bacillus Cereus yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih memasak nasi dengan rice cooker yang menjamin kematangan dan proses memasaknya. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang ada, muncullah rice cooker yang mampu membuat nasi menjadi lebih rendah gula sehingga aman dikonsumsi bagi pasien diabetes.

“Kami bangga mempersembahkan inovasi terbaru rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi gula terkini di Indonesia. Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan CMW 720 LS Serela merupakan rangkaian produk rice cooker revolusioner kami yang tidak hanya dilengkapi dengan berbagai keunggulan. , tetapi juga dapat membantu Anda dan keluarga hidup lebih sehat,” kata Kevin Mulyawan, Direktur PT Tripacific Electrindo (SEKAI), dalam keterangannya, dikutip Rabu, 27 Maret 2024. 

Nasi yang dimasak dengan rice cooker rendah gula didukung teknologi rendah gula yang revolusioner untuk menurunkan kadar gula pada nasi hingga 50 persen. Caranya adalah dengan memisahkan air pati yang merupakan sumber gula tertinggi dari nasi saat sudah matang.

Dengan proses memasak nasi putih yang lebih sehat, Anda bisa menikmati nasi yang lebih sehat dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan jika Anda mengonsumsi nasi merah atau shirataki. Daftar Harga Pangan 10 Juli 2024: Beras Premium Cabai Merah Naik Sejumlah harga produk pangan mengalami kenaikan. Diantaranya adalah beras premium, cabai rawit merah, daging sapi, dan minyak goreng curah. harfam.co.id.co.id 10 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link