September 21, 2024
Nomor Hangus bisa Disalahgunakan, Ini Siklus SIM Card dari Aktif, Hangus, dan Dijual Kembali

Nomor Hangus bisa Disalahgunakan, Ini Siklus SIM Card dari Aktif, Hangus, dan Dijual Kembali

0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

JAKARTA – Pengguna Tiktok dengan akun @liong_68 mengaku menjadi korban kejahatan karena terlambat memperbarui nomornya.

Alhasil, nomor tersebut disita dan dijual kembali ke pengguna lain. Kesalahan terbesar @liong_68 adalah meskipun nomor ini sudah tidak digunakan lagi, nomor ini juga dikaitkan dengan beberapa bank, kartu kredit, dan bahkan akun e-commerce miliknya.

Pentingnya menjaga nomor Anda tetap aktif: Kartu SIM atau nomor ponsel sangat penting. Karena selain bisa menelpon, mengirim SMS dan akses data/internet nomor ponsel juga digunakan untuk keperluan perbankan, aplikasi fintech, aplikasi e-commerce, aplikasi ojol dan verifikasi akun media sosial lainnya seperti WhatsApp dll.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga nomor Anda tetap aktif. Jangan sampai kita kehilangan akses terhadap layanan-layanan penting. Hanya karena kita ceroboh dan lupa mengisi ulang nomor kita yang sudah habis masa berlakunya atau habis

Banyak pelanggan yang tidak mengetahui kapan masa berlaku kartunya berakhir. Dan jumlahnya sudah memasuki masa tenggang. Karena pelanggan menggunakan koneksi Wi-Fi atau kartu SIM kedua. Misalnya saat pelanggan menggunakan WhatsApp melalui koneksi Wi-Fi atau kartu SIM kedua. Pelanggan dapat terus menggunakan WhatsApp meskipun kartunya berada dalam masa tenggang atau diblokir.

Masalah muncul ketika nomor Anda didaur ulang dan dibeli oleh orang lain, demikian bunyi keterangan di situs resmi Telkomsel.

“Ketika orang lain mendaftar WhatsApp menggunakan nomor ini, Anda akan kehilangan akses dan riwayat WhatsApp. Hal ini bisa terjadi pada aplikasi lain seperti perbankan, fintech, e-commerce, ojol, dan kepolisian.”

Siklus Kartu SIM Kartu SIM tampaknya memiliki waktu siklusnya sendiri sejak diaktifkan sebagai kartu default atau tetap tidak aktif hingga nomor tersebut digunakan kembali. Detailnya adalah sebagai berikut:

1. Kartu Awal Baru saat ini tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Namun kartu tersebut memiliki masa berlaku tertentu hingga dapat diaktifkan.

2. Setelah kartu aktif diaktifkan, kartu default memiliki masa berlaku. Waktu penggunaan selalu bertambah seiring dengan batas kredit.

3. Masa Tenggang Jika pelanggan lupa melakukan isi pulsa maka akan memasuki masa tenggang. Telkomsel menetapkan masa tenggang selama 30 hari.

4. Masa Pemblokiran Jika pelanggan tidak melakukan isi ulang dalam masa tenggang 30 hari, nomor tersebut akan memasuki masa pemblokiran dan pelanggan dapat membuka kuncinya melalui *888*89#.

5. Masa Penyitaan Jika Pelanggan tidak membuka kunci Kartu Prabayar Pelanggan selama periode ini, maka Kartu Prabayar Pelanggan akan habis masa berlakunya dan tidak dapat digunakan, meskipun Kartu dapat diaktifkan kembali dalam keadaan tertentu.

6. Selama masa pemulihan, kartu siap diproduksi dan dijual kembali dan pelanggan tidak dapat lagi menggunakan nomor tersebut. Jangka waktu sejak kartu baru dibuat hingga siap dijual kembali kepada pelanggan adalah 60 hari sejak tanggal terakhir masa berlaku kartu.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link