September 21, 2024
Digitalisasi Menjadi Peluang Emas bagi Pengusaha Ultra Mikro

Digitalisasi Menjadi Peluang Emas bagi Pengusaha Ultra Mikro

0 0
Read Time:3 Minute, 10 Second

harfam.co.id – Di era kemajuan teknologi dan revolusi industri 4.0, digitalisasi transaksi keuangan menjadi peluang besar bagi pelaku usaha mikro untuk mengembangkan usahanya.

Meskipun dalam praktiknya penggunaan uang tunai pada segmen ultra mikro masih sangat tinggi dalam bertransaksi sehari-hari, namun antusiasme pelaku usaha ultra mikro terhadap informasi produk perbankan dan aktivitas keuangan merupakan suatu hal yang positif. Hal ini tercermin dari data riset internal BRI yang menyebutkan 51% segmen ultra mikro di semua kelompok umur ingin beralih ke transfer uang melalui aplikasi seluler.

Untuk mendorong berkembangnya Usaha Ultra Mikro, Holding Ultra Mikro (UMi) hadir dan turut berkontribusi dalam sinergi BRI, Pegadaian dan PNM yang telah mengambil langkah strategis dan berkomitmen meningkatkan layanan digitalisasi transaksi keuangan dengan mengintegrasikan marketing tools. BRISPOT (BRI), CELENA (Pegadian) dan PKM Digi (PNM) di aplikasi mobile SENUM.

SenyuM Mobile merupakan perpanjangan tangan dari Ultra Micro Service Center (SenyuM) dengan mengintegrasikan digitalisasi dan akses sawit saja, serta dapat menjangkau berbagai kalangan pengusaha dari segmen ultra mikro hingga seluruh lapisan masyarakat.

SenyuM Mobile merupakan bentuk integrasi layanan BRI, Pegadaian dan PNM. Hal ini merupakan contoh nyata upaya BRI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Aplikasi ini akan mengubah cara pengusaha ultra-mikro berinteraksi dengan layanan keuangan, membuka peluang bagi mereka untuk tumbuh dan naik peringkat.

Terkait hal tersebut, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan SenyuM Mobile akan berperan penting dalam mendorong inklusi keuangan dan meningkatkan taraf hidup segmen ultra mikro.

“Aplikasi ini memungkinkan segmen ultra mikro mengakses langsung layanan keuangan formal dari tiga pihak, khususnya produk tabungan dan investasi, di mana saja dan kapan saja selama menjalankan operasional usaha,” tambahnya.

Supari menambahkan, layanan digitalisasi UMi Holding melalui SenyuM Mobile tidak hanya sekedar peralihan cara kerja dari manual ke digital, namun juga sebagai upaya meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan layanan dan meningkatkan inklusi keuangan khususnya bagi pengusaha ultra mikro.

“Dengan SenyuM Mobile, UMi memberikan layanan cepat, mudah dan aman kepada pengusaha mikro yang seringkali menghadapi hambatan dalam mengakses layanan keuangan formal,” jelas Supari.

Sementara itu, Senior Executive Vice President (SEVP) BRI Ultra Micro M. Chandra Uthama menekankan pentingnya sinergi, kerja sama, dan kolaborasi dalam memajukan UKM. “Beliau mengajak berbagai pihak untuk bergerak bersama mewujudkan UMKM yang semakin maju dan berkembang, penguatan BRI melalui kerjasama yang lebih baik adalah salah satunya,” ujarnya.

Hasil tersebut dipandang sebagai realisasi manfaat sinergi bagi UMi Holding dengan berhasil menggaet lebih dari 50 ribu pengguna seluler SENUM pada akhir Mei 2024. Hal ini menunjukkan kemajuan signifikan dalam digitalisasi transaksi keuangan di segmen ultra mikro yang sebelumnya didominasi oleh transaksi tunai.

Pinjaman yang diproses oleh SenyuM Mobile merupakan peluang emas bagi para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Rata-rata pemanfaatan anggaran untuk pembelian bahan baku dan peralatan usaha menjadi tujuan utama segmen UMi. Salah satu produk yang paling banyak digunakan di SenyuM Mobile adalah obligasi BRI, terlihat dari pertumbuhan batas keberhasilan pembayaran yang signifikan, dari Rp 41,7 triliun pada Desember 2023 menjadi Rp 79,9 triliun pada Mei 2024, meningkat 91,6% per tahun . Sampai saat ini.

Perolehan rekomendasi juga mengikuti perkembangan signifikan di SENUM Mobile, dimana produk Pinjaman PAN muncul sebagai layanan dengan persentase rekomendasi tertinggi. Pada Mei 2024, tingkat keberhasilannya sebesar 90,71. Pinjaman PAN telah terbukti menjadi produk yang sangat populer dan efektif dalam memenuhi kebutuhan keuangan pengusaha mikro dan merupakan indikasi jelas atas kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap layanan tersebut. Dipersembahkan oleh SenyuM Mobile.

“Kemudahan akses terhadap layanan pinjaman melalui SenyuM Mobile akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan menyediakan modal kerja yang diperlukan untuk ekspansi usaha. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan pendapatan pengusaha mikro, tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia,” kata Kandra Digital untuk layanan kesehatan yang cepat dan nyaman Mendorong transformasi Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) dan Privy berkolaborasi untuk mempromosikan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi layanan kesehatan harfam.co.id.co.id 13 Juli 2024.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link