September 21, 2024
Pemecatan 50 Karyawan Google yang Protes Soal Kontrak dengan Israel Dinilai Ilegal

Pemecatan 50 Karyawan Google yang Protes Soal Kontrak dengan Israel Dinilai Ilegal

0 0
Read Time:3 Minute, 14 Second

harfam.co.id, Jakarta – Sekelompok karyawan Alphabet Inc (perusahaan induk Google) mengajukan pengaduan ke Kongres Buruh Amerika Serikat (AS).

Mereka mengklaim perusahaan teknologi itu secara ilegal memecat sekitar 50 karyawannya. protes terhadap kontrak layanan cloud dengan pemerintah Israel

Keluhan yang diajukan ke Dewan Hubungan Perburuhan Nasional AS (NLRB) menuduh Google mengganggu hak-hak karyawan berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan AS. Untuk mendukung kondisi kerja yang lebih baik

Google baru-baru ini mengatakan pihaknya memecat 28 karyawan yang melanggar perintah kantor saat memprotes Proyek Nimbus.

Nimbus adalah kontrak senilai US$1,2 miliar (sekitar R19,5 triliun) yang diberikan bersama dengan Google dan Amazon.com untuk menyediakan layanan cloud kepada pemerintah Israel.

Google mengatakan pekan lalu bahwa sekitar 20 pekerja lainnya dipecat karena memprotes kontrak mereka saat berada di kantor.

Dalam keterangannya yang dikutip Reuters, Kamis (5/2/2024), Google menyebut perilaku pekerja tersebut sama sekali tidak bisa diterima. dan membuat karyawan lain merasa terancam (aman)

“Kami telah mengkonfirmasi dan menegaskan kembali secara hati-hati bahwa setiap individu yang dipecat terlibat langsung dan tegas dalam gangguan di gedung kami,” kata perusahaan itu.

Karyawan Google mengklaim bahwa proyek tersebut mendukung pengembangan peralatan militer Israel.

 

Sementara itu, Google berpendapat kontrak Nimbus tidak ditujukan untuk beban kerja militer atau beban kerja yang sangat sensitif, rahasia, atau terkait dengan senjata atau intelijen.

Zelda Montes, mantan karyawan Google yang ditangkap selama protes Proyek Nimbus, mengatakan Google memecat karyawannya untuk menekan pengorganisasian dan mengirimkan pesan bahwa mereka tidak akan mentolerir perbedaan pendapat.

“Google berusaha menanamkan rasa takut pada karyawannya,” kata Montes dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh No Tech For Apartheid, sebuah organisasi yang berafiliasi dengan para pekerja yang dipecat.

Para pekerja yang terlibat dalam pengaduan NLRB sedang mencari pekerjaan baru. Ia juga mendesak Google tidak melanggar hak pekerja untuk berorganisasi.

Penasihat Umum NLRB, yang juga menjabat sebagai jaksa. Akan menyelidiki keluhan dan mencoba menyelesaikan klaim sesuai keinginan kami.

Jika tidak, jaksa agung juga dapat membawa kasus ini ke hadapan hakim administratif dan panel beranggotakan lima orang yang ditunjuk oleh presiden AS.

Sebelumnya, harga saham perusahaan induk Alphabet naik 10% pada perdagangan Jumat 26 April 2024, setelah perusahaan membukukan hasil kuartal pertama yang lebih baik dari perkiraan.

Perusahaan membayar dividen pertamanya dan menyelesaikan pembelian kembali saham senilai $70 miliar.

Menurut CNBC, harga saham Alphabet telah meningkat secara signifikan sejak kenaikan 16 persen pada bulan Juli 2015. Harga saham Alphabet ditutup pada $171,95, dan valuasi Alphabet melampaui $2,1 triliun.

Alphabet melaporkan pendapatan sebesar $80,54 miliar, meningkat 15 persen pada periode yang sama tahun lalu dan tercepat sejak awal tahun 2022. Pendapatan Google juga mengalahkan perkiraan analis yang disurvei LSEG sebesar 78,59 miliar USD. Perusahaan juga mencatat laba per saham sebesar $1,89, meleset dari ekspektasi Wall Street sebesar $1,51 miliar.

Alphabet juga mengumumkan dividen sebesar 20 sen per saham, yang dibayarkan pada 17 Juni 2024, kepada seluruh pemegang saham yang tercatat pada 10 Juni 2024.

Alphabet juga menerima persetujuan untuk pembelian kembali saham senilai $70 miliar.

Kinerja keuangan positif ini juga didukung oleh pendapatan iklan YouTube dan pendapatan Google Cloud yang melebihi perkiraan analis.

Analis Barclays mempertahankan peringkat kelebihan berat badan mereka pada saham Alphabet dan menaikkan target harga mereka menjadi $200 dari $173.

“Google berada pada posisi yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan. Memperluas margin keuntungan sekaligus memberikan produk lebih cepat dan mengembalikan investasi, pada dasarnya membuktikan bahwa masyarakat tidak dapat menerima tindakan buruk. Momentum akan tetap kuat untuk beberapa waktu,” tulis analis Barclays.

 

Analis Oppenheimer menyoroti percepatan bisnis periklanan Alphabet meskipun ada pengeluaran besar untuk kecerdasan buatan. Dia menaikkan target harganya menjadi $205 dari $185 dan menegaskan kembali peringkat kinerjanya yang lebih baik.

Analis Morgan Stanley mempertahankan peringkat overweight mereka pada Alphabet dengan target harga $195 dari $165, mengutip pertumbuhan mendasar dan kesuksesan awal perusahaan. dalam merestrukturisasi struktur biaya bisnis

Di antara kenaikan target harga lainnya Pada pendapatan Alphabet, JPMorgan menaikkan targetnya menjadi $200 dari $165. Sementara itu, Evercore ISI menaikkan targetnya menjadi $200 dari $160.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link