September 21, 2024
UMJ Raih Dana Hibah untuk Integrasikan Tri Dharma dan MBKM

UMJ Raih Dana Hibah untuk Integrasikan Tri Dharma dan MBKM

0 0
Read Time:2 Minute, 8 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Universitas Muhammadiyah Jakarta yang meraih predikat Universitas Unggul terus meningkatkan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bukti implementasinya adalah keberhasilan tim peneliti UMJ kembali meraih Dana Hibah Kedai Reka Dana Padanan pada tahun 2024.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Prof Dr Ir Tri Yuni Hendrawati, MSi, IPM, ASEAN ENG ini membawa hasil penelitian terkait pemanfaatan madu, madu dan propolis sebagai bahan aktif dalam produksi produk perawatan tubuh. Hibah ini bekerja sama dengan CV Madu Apiari Mutiara yang dipimpin oleh Direktur Sri Hidayat, dimana perusahaan tersebut mengolah berbagai produk berbahan dasar madu.

Tim peneliti mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk teknik kimia, teknik industri, manajemen farmasi, dan teknik informasi. Selain tim peneliti dari UMJ, tim peneliti juga berasal dari Universitas Guna Dharma dan Universitas Profesor Dr Hamka Jakarta.

Menurut ketua tim peneliti yang biasa disapa Yuni, yang menarik dari kegiatan ini selain terintegrasinya kerjasama perguruan tinggi dengan Dunia Perdagangan dan Industri (DUDI) adalah keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian ini mewakili tiga dharma perguruan tinggi yang dapat dipadukan dengan kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Keterkaitan antara keutamaan pendidikan terungkap ketika siswa memainkan peran kunci dalam mengumpulkan data dan menciptakan produk dalam bantuan terkait ini. Siswa bekerja selama kurang lebih 5 bulan di luar kelas, yang diubah menjadi SKS pada kurikulum masing-masing. Oleh karena itu, penelitian yang didanai Kementerian Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ini juga mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dikembangkan Menteri Pendidikan Nadiem Makariem, khususnya di bidang magang dan penelitian MBKM.

Harapannya, seperti disampaikan Yuni, siswa mendapatkan pengalaman belajar di luar kelas dengan menerapkan ilmu yang diperoleh, menerapkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi, serta belajar berjejaring dengan dunia industri yang nantinya dapat diperoleh siswa. Lulus kuliah.

Mahasiswa peserta Kurikulum Teknik Kimia dan Industri Fakultas Teknik UMJ berjumlah 5 orang. Salah satu mahasiswa peserta, Astri Rahmawati mengatakan, keterlibatannya dalam kegiatan tersebut mendorong Astri untuk mendapatkan pengalaman yang meningkatkan kedisiplinan serta keterampilannya dalam mengolah data dan menciptakan produk yang akan dipasarkan oleh mitra industri nantinya.

Astri yang kini duduk di bangku semester delapan telah menjalani transformasi mata kuliah yang memadukan penelitian dan kerja praktek bersama empat rekan lainnya. Dari sini terlihat bahwa peran guru besar sangat besar dalam memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kelas dalam berbagai bentuk gabungan Tritunggal.

Melalui kegiatan pendanaan terkait ini, selain manfaat bagi tim peneliti industri global sebagai mitra, juga manfaat bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan penelitian. UMJ juga akan terus mendukung program pemerintah yang mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia lulusan yang nantinya akan menjadi intelektual, insinyur Indonesia yang mampu membawa kemajuan di Indonesia.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link