September 21, 2024
WhatsApp Luncurkan Fitur Privasi Baru: Lindungi Foto Profil Pengguna dari Penyalahgunaan

WhatsApp Luncurkan Fitur Privasi Baru: Lindungi Foto Profil Pengguna dari Penyalahgunaan

0 0
Read Time:2 Minute, 59 Second

harfam.co.id, Jakarta – Meta dikabarkan sedang menguji fitur privasi baru di WhatsApp, dengan tujuan melindungi penggunanya.

Fitur baru WhatsApp ini disebut-sebut akan membatasi pengguna untuk mengambil screenshot gambar profil orang lain di aplikasi perpesanan tersebut.

Hal tersebut diketahui tim Tekno harfam.co.id saat kami mencoba mengambil screenshot gambar profil pengguna WhatsApp lainnya, Kamis (14/3/2024).

Saat Anda mengambil tangkapan layar, muncul pesan “Aplikasi ini tidak mengizinkan tangkapan layar” atau “Aplikasi ini tidak mengizinkan tangkapan layar”.

Dengan fitur WhatsApp baru ini, perusahaan ingin pengguna merasa lebih aman dan mengontrol siapa yang dapat mengakses konten mereka.

Dalam pengujian beta, upaya mengambil tangkapan layar menghasilkan layar hitam atau pesan kesalahan “Tidak dapat mengambil tangkapan layar karena keterbatasan aplikasi.”

WhatsApp siap meluncurkan fitur Pin Chat hingga 5 percakapan

Di sisi lain, Meta baru-baru ini bereksperimen dengan menyematkan hingga lima percakapan sekaligus.

Fitur Pinned Conversations merupakan fitur yang sudah ada sejak tahun 2017. Memungkinkan pengguna memprioritaskan percakapan tertentu dengan menempatkannya di bagian atas daftar percakapan.

Namun WhatsApp hanya dibatasi tiga percakapan saja. Aplikasi perpesanan besutan Meta kini mencoba memperkenalkan fitur di mana pengguna dapat menyematkan hingga lima percakapan sekaligus.

 

Menurut WBetaInfo, seperti dikutip GizChina, Rabu (13/3/2024), WhatsApp versi 2.24.6.13 yang diunduh melalui Google Play Store memungkinkan pengguna menyematkan lima percakapan secara bersamaan.

Penambahan dua percakapan yang dapat disematkan diharapkan menjadi fitur yang berguna bagi pengguna yang ingin menyematkan lebih banyak percakapan, namun dibatasi hanya untuk menyematkan tiga percakapan pada versi sebelumnya.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa aplikasi chat ini akan mempertimbangkan untuk mengizinkan penggunanya menggambar lebih dari lima chat, namun belum ada bukti kuat yang mendukung rumor tersebut.

Pembaruan ini belum diluncurkan secara luas ke seluruh pengguna beta, menandakan bahwa fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan hingga siap diluncurkan ke seluruh pengguna.

Kabar tersebut muncul setelah Meta mengumumkan pekan lalu bahwa WhatsApp dan Facebook Messenger akan bekerja dengan aplikasi perpesanan pihak ketiga di Eropa.

Sementara itu, WhatsApp diketahui menerapkan enkripsi end-to-end pada platformnya. Dengan cara ini, WhatsApp menjamin keamanan percakapan yang terjadi di platformnya.

Namun label enkripsi end-to-end tidak muncul di kolom chat biasa di WhatsApp. Tag ini biasanya muncul ketika pengguna melakukan panggilan suara atau video.

Namun dari laporan terbaru WBetaInfo, aplikasi chat tersebut berencana menampilkan label enkripsi end-to-end di kolom chat. Hal ini diketahui dari pengujian fitur beta terbaru WhatsApp.

Mengutip informasi dari Android Police, pada WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.3.17, aplikasi akan menunjukkan indikasi bahwa percakapan dilindungi enkripsi.

Indikator akan menampilkan tulisan ‘enkripsi end-to-end’ bersama dengan ikon gembok. Indikator ini dapat muncul di bagian bawah nama akun pengguna.

Konon informasi tersebut tidak selalu terlihat dan hanya muncul sesekali saja.

Perubahan ini bisa dibilang tidak terlalu penting karena hanya indikator yang menggambarkan percakapan di aplikasi Meta chat saja yang dilindungi.

Namun indikator seperti ini seolah menegaskan bahwa aplikasi chatting dilindungi enkripsi.

Di sisi lain, WhatsApp juga merayakan bulan suci Ramadhan dengan merilis satu set stiker baru. Paket stiker baru ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berbagi salam dan doa kepada orang yang mereka cintai.

Dalam keterangan resmi yang diterima, kumpulan stiker WhatsApp versi Ramadhan ini telah tersedia untuk pengguna dan dapat digunakan.

Selain berbagi pangan dan kebersamaan, Ramadhan juga menjadi waktu mendoakan sanak saudara, dekat dan jauh, kata WhatsApp dalam keterangannya.

Seperti stiker lainnya, pengguna WhatsApp dapat mengaksesnya melalui ikon stiker di chat. Kemudian tekan tombol + untuk melihat semua opsi paket stiker yang tersedia.

WhatsApp juga memastikan bahwa stiker ini dienkripsi secara end-to-end. Oleh karena itu, pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan pengguna, sehingga privasi pengguna tetap terjaga.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link