September 21, 2024
iOS 18 Bakal Hadirkan Kemampuan AI Generatif di iPhone, Cek Bocoran Fiturnya

iOS 18 Bakal Hadirkan Kemampuan AI Generatif di iPhone, Cek Bocoran Fiturnya

0 0
Read Time:3 Minute, 6 Second

harfam.co.id, Jakarta – Apple diperkirakan akan meningkatkan dukungan AI di iOS 18 yang rencananya akan dirilis tahun ini. Informasi mengenai rangkaian fitur baru yang akan ditawarkan perusahaan sudah mulai bocor secara online.

Baru-baru ini, seperti dilansir Tech Radar pada Selasa (5/6/2024), bocoran yang diterima Apple Insider dari sumber anonim mengklaim bahwa fokus kemampuan AI generatif Apple berasal dari Large Language Model (LLM) Ajax.

Dengan dukungan tersebut, Apple akan menyertakan sejumlah fitur baru di iOS 18. Salah satunya adalah kemampuan merangkum teks, baik konten teks dari website maupun iMessage.

Secara keseluruhan, kemampuan iOS 18 memungkinkan pengguna memahami inti teks dalam dokumen dan situs web, termasuk percakapan, tanpa harus membaca keseluruhannya. Fitur ini juga dikatakan dapat diakses melalui Siri.

Selain itu, menurut sumber tersebut, LLM Ajax akan memproses permintaan yang dikirimkan pengguna sepenuhnya di perangkat Apple. Agar LLM tidak mengirimkan data ke cloud.

Kemampuan ini disebut dapat meningkatkan privasi dan kecepatan layanan. Pasalnya, jawaban yang diberikan AI generatif akan muncul dalam hitungan milidetik.

Integrasi AI juga akan dicapai melalui sejumlah aplikasi bawaan Apple, termasuk aplikasi kontak dan kalender.

Sementara itu, untuk memberikan jawaban dari layanan cloud AI, Apple kemungkinan akan meminta bantuan Google Gemini atau ChatGPT OpenAI. Namun sebelum melakukannya, kabarnya pengguna akan mendapat notifikasi terlebih dahulu. 

Perlu diketahui bahwa Apple dijadwalkan mengadakan konferensi pengembang tahunan (WWDC) mulai 10 Juni hingga 14 Juni 2024.

Pada konferensi WWDC 2024 ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS akan mengungkap iOS 18.

Rumor saat ini menyebutkan bahwa iOS 18 akan menyertakan sejumlah peningkatan Siri dan fitur AI baru.

Hal ini disebut-sebut menjadi pertama kalinya sistem operasi iPhone mendapat perombakan besar-besaran sejak iOS pertama kali dirilis pada tahun 2007.

Kini Mark Gurman dari Bloomberg telah mengungkapkan informasi baru mengenai fitur-fitur baru yang hadir pada pembaruan iOS 18 mendatang.

Apple akan merombak beberapa aplikasi bawaan di iOS 18, termasuk Mail, Notes, Photos, dan Fitness, lapor Mark Gurman, Senin (29/4/2024).

Selain iOS, perusahaan kabarnya akan menghadirkan pembaruan OS ini ke iPadOS 18 dengan memperkenalkan aplikasi desktop bawaan di iPad.

Dengan hadirnya iOS 18 dan iPadOS 18, pengguna seharusnya dapat menyematkan ikon aplikasi di mana saja di layar utama, meskipun itu berarti menempatkannya di luar grid biasa.

Meskipun fitur AI ini banyak disinggung di banyak iPhone dan iPad, Gurman mengatakan dia tidak memperkirakan iOS 18 akan menyertakan jumlah perubahan desain yang sama seperti iOS 7. 

Di sisi lain, Apple dan OpenAI telah membuka kembali diskusi untuk mengintegrasikan sejumlah fitur AI ke dalam iOS 18, seperti yang diungkapkan Mark Gurman.

Apple juga diketahui sedang membangun model bahasa besarnya sendiri untuk mendukung sejumlah fitur di iOS 18.

Namun diskusi perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu dengan OpenAI lebih banyak mengenai “chatbots atau komponen pencarian”, seperti dilansir Bloomberg, Sabtu (27/4/2024).

Selain OpenAI, Apple saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Google untuk melisensikan Gemini, chatbot Google di iOS 18.

Pembuat iPhone belum memutuskan apakah akan bekerja sama dengan OpenAI atau Google untuk mengintegrasikan AI ke dalam iOS 18.

Sejauh ini, Apple masih bungkam soal fitur AI yang ada di iPhone. Faktanya, sebagian besar perusahaan teknologi AS sudah berlomba mengembangkan kecerdasan buatan untuk produk mereka.

Meski demikian, CEO Apple Tim Cook mengatakan perusahaannya terus berupaya dan berinvestasi pada AI dan berharap dapat berbagi informasi terkini mengenai teknologi AI tersebut.

Perusahaan juga mengklaim bahwa MacBook Air dengan M3 yang diluncurkan perusahaan bulan lalu adalah laptop konsumen terbaik di dunia untuk AI.

Apple juga dikabarkan akan meluncurkan laptop dan desktop bertenaga AI akhir tahun ini. Perusahaan juga mengumumkan awal pekan ini bahwa mereka akan meluncurkan LLM open source yang mampu berjalan secara lokal di perangkat, bukan di cloud.

Namun, sepertinya Apple akan mengungkap rahasia kemampuan AI iOS 18 dan iPhone di WWDC 2024 pada 10 Juni. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link