September 21, 2024
Siapkan Mesin Mobil Sport Baru, Media Jepang Singkap Kebangkitan Toyota Celica

Siapkan Mesin Mobil Sport Baru, Media Jepang Singkap Kebangkitan Toyota Celica

0 0
Read Time:2 Minute, 4 Second

harfam.co.id, Tokyo – Mobil sport coupe Toyota Celica sempat dibunuh oleh Toyota pada tahun 2006. Namun mobil legendaris ini dikabarkan akan dibangkitkan kembali.

Kebangkitan salah satu mobil tercepat Toyota ini diusulkan oleh mantan ketua dan CEO Akio Toyoda. Pengembangan mesin 2.0 liter bersama Subaru dan Mazda baru-baru ini juga membawa rumor ini kembali menjadi pusat perhatian.

Dalam agenda pekan lalu pada Selasa (28/5/2024), Toyota bersama Subaru dan Mazda mengumumkan pengembangan mesin pembakaran masa depan yang kompatibel dengan konsumsi bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Pada acara tersebut Toyota meluncurkan mesin empat silinder 1,5 liter dan 2,0 liter baru yang sedang dikerjakan bersama.

Pengumuman mesin turbo 2.0 liter memicu rumor tentang kemungkinan penempatannya di Toyota Celica baru. Pasalnya, mesin baru 2.0 liter turbo yang diperkenalkan merek asal Jepang tersebut akan memiliki performa serupa dengan mesin 2.4 liter turbo yang terdapat pada mobil sport besutannya.

Sementara itu, akhir tahun lalu, mantan presiden dan CEO Toyota Akio Toyoda mengatakan kepada majalah Best Car bahwa dia sangat terbuka terhadap kemungkinan kebangkitan Celica.

“Saya mengatakan ini bukan hanya karena kami berada di acara reli, tapi Kankkunen (pembalap reli Toyota yang saat itu diundang ke acara demo) adalah Pak Celica. Dia adalah juara empat kali di Celica. Sekarang Anda bisa berpikir kenapa saya begitu sering menggunakan Kankkunen!” ujarnya kepada Best Car Oktober lalu, seperti dikutip Motor1.

Sejak diluncurkannya divisi Toyota Gazoo Racing pada tahun 2015 lalu, banyak rumor yang beredar mengenai kembalinya Celica baru sebagai generasi keenam.

Oleh karena itu, rencana untuk Celica baru sudah lama tertunda sejak model coupe dihentikan secara bertahap pada tahun 2006.

Laporan terbaru Best Car juga berbicara tentang kembalinya Celica sebagai model GR dengan mesin empat silinder 2.0 liter turbocharged baru yang akan dipasangkan dengan sistem GR-Four AWD Toyota, yang terinspirasi oleh sedan GR Yaris dan GR Corolla yang sedang naik daun.

Tahun lalu, keinginan Toyoda untuk memiliki Celica baru diikuti oleh rumor bahwa mobil sport listrik memiliki basis yang sama dengan Lexus LF-ZC Concept.

Namun spekulasi terbaru menunjukkan bahwa Celica bisa kembali dengan mesin pembakaran internalnya, yang kini lebih ramah lingkungan.

Majalah tersebut mengklaim bahwa pengembangan mesin performa tinggi baru ini dimulai beberapa tahun lalu dan kini telah selesai.

Meskipun belum ada informasi yang dirilis oleh Toyota, publikasi tersebut berspekulasi bahwa output tenaganya mendekati 400 tenaga kuda. 

Menurut informasi yang belum dikonfirmasi dari pihak perusahaan, interpretasi baru dari Celica kemungkinan akan terungkap pada awal Januari mendatang, di Tokyo Motor Show 2025.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link