September 21, 2024
UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024

UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024

0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

harfam.co.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil mencatatkan prestasi global dalam QS World University Ranking (QS WUR) 2024 untuk cluster Theology, Divinity and Religious Studies dengan peringkat 101-140 internasional.

Dilansir Kementerian Agama RI pada Rabu 17 April 2024, UIN Jakarta menjadi satu-satunya Universitas Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang menduduki peringkat 122. Hal ini berdasarkan rilis QS World University Ranking by Subject 2024 : Teologi, Studi Ketuhanan dan Keagamaan.

Rilis yang diakses pada Senin, 15 April 2024 menduduki peringkat 101-140 pada cluster Teologi, Ketuhanan dan Agama berdasarkan empat indikator penilaian yaitu reputasi akademik (52,9), sitasi per makalah (89,3), reputasi pemberi kerja (48) dan H .-indeks kutipan (74.7).

Menurut Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D., Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pencapaian pemeringkatan ini menempatkan UIN Jakarta sejajar dengan banyak universitas kelas dunia dari berbagai daerah. Misalnya Universitas Freiburg di Jerman, Universitas Cornell, Universitas Goethe-Frankfurt am Main, Universitas Nasional Seoul dan Universitas Leipzig.

Sejak didirikan, banyak universitas di seluruh dunia memiliki tradisi akademis yang mapan. Misalnya, Universitas Freiburg yang didirikan pada tahun 1457 termasuk di antara sepuluh universitas terbaik di Jerman. 

Demikian pula Universitas Goethe Frankfurt am Main, yang didirikan pada tahun 1914, dikembangkan dalam semangat pencerahan Eropa dan penolakan rasisme. Begitu pula dengan Cornell University yang didirikan di Ithaca, New York, AS pada tahun 1865, yang terus mengembangkan tradisi akademiknya.

Hanya Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI) yang bergabung dengan UIN Jakarta dalam pemeringkatan negara tersebut. UGM berada pada posisi ke-61, dan UI pada posisi ke-130 dunia.

Sementara itu, Universitas Harvard, Universitas Oxford, Universitas Notre Dame, Universitas Cambridge dan Eberhard Karls Universität Tübingen masuk dalam lima besar QS World University Rankings 2024 untuk mata pelajaran Teologi, Ketuhanan dan Studi Keagamaan.

Asep Saepudin Jahar mewakili pimpinan dan civitas akademika UIN Jakarta menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kerja keras seluruh elemen sehingga banyak aspek yang menjadi indikator klasifikasi dapat terlaksana. 

“Alhamdulillah, saya ingin menginformasikan bahwa di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masuk dalam QS World University Rankings 2024 pada mata pelajaran Teologi, Ketuhanan dan Kajian Agama,” ujarnya.

Apresiasi serupa disampaikan Rektor Asep Jahar kepada Kepala Kementerian Agama sehingga UIN Jakarta bisa mewakili kelompok PTKIN dalam pemeringkatan tersebut. 

“Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan Kementerian Agama RI agar UIN Jakarta dapat mewakili kelompok perguruan tinggi Islam dalam pemeringkatan tersebut,” ujarnya.

Program internasionalisasi Universitas Islam Negeri Jakarta sejalan dengan pencapaian klasifikasi ini. Koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ahmad Tholabi Kharlie M.A. M.H., Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, membentuk kelompok kerja World Class University (WCU).

Salah satu tujuan utama tim ini adalah meningkatkan kualitas dan prestasi akademik UIN Jakarta agar bisa setara dengan kampus kelas dunia. Ke depan, mereka berupaya agar UIN Jakarta meraih peringkat 127 QS Asia Tenggara dan 751-800 QS Asia Tenggara. 6 PTKIN Raih Akreditasi Tinggi, Kemendikbud: Bukti Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kementerian) berhasil mendukung 6 PTKI yang mendapat akreditasi terbaik dari BAN-PT. harfam.co.id.co.id 19 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link