September 21, 2024
Lebaran Sehat! Resep Sayur Praktis dan Lezat Tanpa Santan, Cocok untuk Anak-anak

Lebaran Sehat! Resep Sayur Praktis dan Lezat Tanpa Santan, Cocok untuk Anak-anak

0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

JAKARTA – Idul Fitri identik dengan berbagai makanan yang berbahan dasar santan. Misalnya opor ayam, sayur kresek, gulai, dan rendang. Hidangan ini rasanya sangat nikmat apalagi di awal hari raya Idul Fitri. Namun memasuki hari ketiga setelah lebaran seperti sekarang, sajian ini sudah cukup membosankan.

Tak hanya itu, jika dilihat dari segi kesehatan, konsumsi makanan yang mengandung santan secara terus menerus juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk itu perlu dilakukan pengaturan pola makan. Ingatlah bahwa mengonsumsi makanan tinggi kolesterol bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan akhirnya menyebabkan gangguan pada aliran darah.

Ada banyak bukti bahwa asupan lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Nah, untuk menguranginya, mulailah bijak dengan memilih makanan rendah kolesterol, misalnya memilih makanan yang tidak diolah seperti santan. Apa pun? Berikut aneka resep sayur tanpa santan yang menyehatkan seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Resep Sop Ayam Sehat

Bahan:

– 2,2 kg ayam – 1 bungkus sayap ayam – 3 bawang bombay besar – 1 kentang besar – 3 parsnip – 2 lobak – 12 wortel besar – 5 batang seledri – peterseli, garam dan merica secukupnya

Bagaimana membuat:

1. Bersihkan ayam, lalu masukkan ayam ke dalam panci besar, tutup dengan air dingin dan didihkan.   2. Tambahkan semua sayuran kecuali seledri dan peterseli, lalu masak selama 90 menit.   3. Tambahkan seledri dan peterseli, masak selama 45 menit, lalu angkat ayam (bisa digunakan pada resep lain).   4. Potong sayuran dalam food processor, lalu tambahkan bumbu kuah sesuai selera.

2. Capkay Saus TiramCapkay

Bahan Saus Tiram Capkay :

– 3 sdm minyak goreng – 50g udang (buang kulitnya, pisahkan punggungnya dan sisakan ekornya) – 2 bungkus seledri saus tiram – 300ml air – 50g baby corn (diparut) – 50g kancing Jamur (cincang) – 25 gram Kacang polong – 50 gram Brokoli (dimasak setengah matang) – 50 gram Kembang kol (dimasak setengah matang) – 20 gram Kacang polong (dibuang pinggirannya) – 1 Wortel (dimasak setengah matang) – 4 bakso ikan (potong-potong) – 2 batang daun bawang (potong-potong) )

Bagaimana membuat:

1. Panaskan minyak. Goreng udang hingga berubah warna. 2. Tambahkan saus tiram seledri dan air. aduk rata. 3. Setelah matang masukkan baby corn, jamur kancing dan kacang polong. 4. Tambahkan brokoli, kembang kol, dan kacang polong. Kemudian masukkan kembali wortel dan bakso ikan. Aduk dan masak hingga matang. 5. Tambahkan daun bawang. Angkat dan capke saus tiram siap dihidangkan.

3. Sayuran hijau cerah, bayam, oolong

Bahan: – 1 ikat bayam – 200 gram labu kuning cincang – 800 ml air

Bumbu halus : – 3 siung bawang putih – 4 siung bawang merah – Garam sesuai selera – Gula sesuai selera – 1/2 sdt kaldu bubuk – Bumbu sesuai selera

Bagaimana membuat:

1. Cuci bayam dan potong labu botol, sisihkan. Panaskan air dan masukkan bumbu cincang, rebus. 2. Tambahkan labu botol cincang dan bumbu tambahan, aduk rata. 3. Melayani. Sebelum oyong matang, segera masukkan bayam, aduk rata dan masak sebentar agar vitamin yang ada pada sayur tidak hilang. 4. Sayuran hijau cerah, bayam dan labu siam sudah siap. Resep dimsum ayam empuk dan enak, wajib dicoba! Membuat dimsum sendiri di rumah mungkin terkesan rumit, namun dengan resep dan panduan yang tepat, Anda bisa dengan mudah menyajikan dimsum ala restoran yang enak dan empuk harfam.co.id.co.id 17 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link