September 21, 2024
Banyak Motor Listrik Cina yang Desainnya Dianggap Menjiplak, Ini Kata Yamaha

Banyak Motor Listrik Cina yang Desainnya Dianggap Menjiplak, Ini Kata Yamaha

0 0
Read Time:1 Minute, 31 Second

harfam.co.id, Jakarta – Perkembangan sepeda motor listrik di Indonesia saat ini cukup pesat. Berbagai merek, model, dan jenis kendaraan roda dua ramah lingkungan beredar di Tanah Air, termasuk kendaraan roda dua asal China. Namun banyak pihak yang menilai merek sepeda motor listrik asal China tersebut meniru desain beberapa model yang diperkenalkan sebelumnya, termasuk yang berasal dari Jepang.

Dinamakan merek QCIX EC, mirip dengan Yamaha Qbix. Lalu ada motor Rakata yang desainnya mirip sekali dengan NMax.

Menanggapi hal tersebut, Asisten General Manager Pemasaran dan Humas Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Company (YIMM), Antonius Widiyanto mengatakan, pihaknya menunggu keputusan bos terkait isu sepeda motor listrik di China.

“Iya kita tunggu jawaban dari penanggung jawab Yamaha, karena pemegang patennya adalah penanggung jawab. Jadi sampai saat ini masih mencari,” kata Anton saat ditemui di Solo beberapa waktu lalu.

Menurut Anton, desain Yamaha NMax disinyalir meniru merek sepeda motor listrik tersebut, seperti halnya beberapa model lainnya, hal ini juga terjadi di beberapa negara di luar Indonesia.

Artinya, saat ini kita menunggu (langkah) terkait upaya dan sikap kepala sekolah. Penting diperhatikan, tapi banyak hal yang harus diperhatikan, tegasnya.

Selain Yamaha, PT Piaggio Indonesia sebelumnya juga sudah merespons dengan sejumlah desain sepeda motor listrik mirip Vespa. Managing Director dan CEO nasional PT Piaggio Indonesia (PID) Marco Noto La Diega mengatakan, pihaknya tidak khawatir jika merek lain memiliki desain mirip Vespa.

Ia mengatakan Vespa memiliki kepribadian dan karakter unik yang dapat dinilai secara mandiri oleh konsumen.

“Vespa punya character center tersendiri, merek lain juga punya karakternya masing-masing. Kami mengapresiasi apapun yang terinspirasi dari karakter Vespa. Meski terlihat sangat mirip, Vespa tetaplah Vespa. Punya ciri khas dan konsumen pasti bisa membedakannya.” “ucap Marco.

Munculnya merek lain dengan desain serupa Vespa akan menghadirkan lebih banyak pilihan bagi konsumen.

Hal ini dinilai positif bagi kebangkitan industri sepeda motor yang memiliki pasar besar di Indonesia.

,

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link