September 21, 2024
Kenali 5 Tanda Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya, Jangan Anggap Sepele

Kenali 5 Tanda Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya, Jangan Anggap Sepele

0 0
Read Time:3 Minute, 48 Second

harfam.co.id, Jakarta – Lapisan pelindung atau skin barier pada kulit merupakan area yang sangat rentan terhadap efek samping akibat penggunaan produk perawatan kulit yang berlebihan, terutama yang banyak mengandung bahan aktif. Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi kulit.

Oleh karena itu, merek perawatan kulit bekerja keras untuk mengembangkan formulasi yang membantu menenangkan, menyeimbangkan, dan memperbaiki kerusakan pada pelindung kulit. Tujuannya untuk mengatasi masalah kulit yang meradang, memulihkan kesehatan kulit dan menjaga keseimbangan.

Hugh Lyford dikutip Glamour pada Minggu, 14 April 2024, mengatakan, “Hampir setiap hari di klinik saya, saya melihat pasien yang merusak pelindung kulitnya dengan produk yang tidak tepat untuk mereka.”

Selain itu, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di San Diego, California, bekerja sama dengan Coates Skin Care, menekankan bahwa kita sering kali terintimidasi oleh produk perawatan kulit yang trendi.

Namun, banyak dari produk ini dirancang khusus untuk jenis kulit tertentu dan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. “Dalam upaya kita untuk mengikuti tren, kita mungkin tidak menyadari dampak jangka panjang yang kita timbulkan pada pelindung kulit kita. Saat rusak, lapisan luar kulit menjadi kusam, kasar, dan kering. Sepertinya memang demikian,” dia berkata.

Rusaknya pelindung kulit tidak hanya mengganggu kecantikan kulit, tapi juga membuat kulit lebih rentan mengalami iritasi dan sensitivitas. “Ketika pelindung kulit tidak berfungsi dengan baik, kulit kehilangan kelembapan dengan cepat dan menjadi lebih rentan terhadap iritasi eksternal,” kata konsultan dermatologi Skin and Me, Ben Esdale.

Esdaile menjelaskan, tanda-tanda kerusakan pelindung kulit antara lain kekeringan ekstrem, iritasi, dan gatal-gatal. Untuk memperbaiki kondisi ini, penting untuk mengurangi penggunaan produk yang keras dan beralih ke formulasi yang lebih lembut yang bertujuan memperkuat dan memperbaiki pelindung kulit.

Ketika menghadapi situasi seperti ini, penting untuk memilih produk yang tepat. Penting untuk menggunakan produk yang mengandung bahan yang membantu memperbaiki fungsi pelindung kulit, seperti ceramide, asam hialuronat, dan lipid esensial. Semua ini membantu mempertahankan kelembapan dan melindungi kulit Anda dari faktor eksternal.

Khawatir skin sawar Anda rusak? Berikut 5 tandanya: 1. Kulit kering, dehidrasi, dan kusam

Ini adalah salah satu tanda paling umum dari kerusakan pelindung kulit. Lindungi kulit Anda dengan perawatan kulit yang mengandung humektan, emolien, dan humektan seperti gliserin, ceramide, dan squalane, serta usahakan untuk menghindari fluktuasi kelembapan, terutama di musim dingin. 2. Kulit saya perih.

Jika kulit Anda terasa perih saat Anda mengoleskan produk manis atau air ke kulit Anda, Anda mungkin melakukan eksfoliasi berlebihan. Mengurangi pengelupasan kulit dan memberikan waktu pada kulit untuk pulih.

Eksfoliasi seminggu sekali dengan exfoliant lembut seperti asam mandelat dapat membantu kulit bersinar tanpa menyebabkan kerusakan.

Ini adalah tanda bahwa pertahanan asam kulit terganggu. Anda mungkin menggunakan produk yang terlalu asam atau basa sehingga menghilangkan lapisan minyak pelindung pada kulit. Memilih produk dengan pH yang menyeimbangkan kulit dapat membantu mencegah jerawat dan peradangan. 4. Sensitivitas dan gatal

Hal ini terjadi ketika mikrobioma kulit menjadi tidak seimbang sehingga memudahkan iritasi akibat polusi dan rokok menembus kulit. Lindungi kulit Anda dengan menambahkan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. 5. Garis-garis halus dan pigmentasi lebih terlihat

Ini juga merupakan tanda klasik bahwa pelindung kulit rusak. Penting untuk mengoleskan tabir surya setiap hari, bahkan di musim dingin, karena kulit Anda terkena sinar UV.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengembangkan rutinitas perawatan kulit sederhana. “Daripada melapisi rutinitas perawatan kulit Anda, kami sarankan untuk tidak menggunakannya sesering mungkin,” kata Dr. Justin Hextall, Konsultan Dermatologi La Roche-Posay.

Tetap sederhana dan gunakan produk perawatan kulit yang terbukti meningkatkan pelindung kulit dalam waktu satu jam setelah pemakaian.

Rutinitas sederhana berupa pembersihan lembut, pengencangan, dan pelembab dengan bahan tambahan seperti ceramide, niacinamide, gliserin, vitamin, dan squalane untuk menutrisi dan mendukung pelindung kulit Anda.

Selain itu, menghindari bahan-bahan keras juga akan mempercepat proses perbaikan. “Alkohol, wewangian, dan asam kuat seperti asam glikolat dan salisilat dapat mengganggu pelindung kulit dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut,” kata Dr. Direktur Medis Dr. Ifeoma Ejikeme.

Hextall merekomendasikan vitamin B5 (panthenol). “Vitamin ini memiliki efek melembutkan yang menarik dan mempertahankan kelembapan pada kulit, menjadikannya halus dan kenyal. Semua manfaat ini luar biasa untuk pelindung kulit kering dan teriritasi,” kata Hextall.

Esdale setuju bahwa bahan pelembab ideal untuk mendukung dan meningkatkan pelindung kulit. Cara terbaik untuk memperbaiki pelindung kulit yang rusak adalah dengan melembabkan kulit dan mengembalikan fungsi pelindung tersebut.

“Gunakan pelembap yang melembapkan seperti asam hialuronat, shea butter, ceramide, dan gliserin, bersamaan dengan perawatan kulit sederhana yang tidak akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut (seperti menghindari pembersih yang keras),” kata Esdaile.

Niacinamide juga direkomendasikan oleh para ahli. “Produk ini meningkatkan hidrasi, menghilangkan penyumbatan, dan memperbaiki. Produk topikal dengan antioksidan dan agen anti-inflamasi juga bertindak sebagai sistem pendukung,” jelas pakar kulit dan kesehatan Marie Reynolds Masu.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link