September 21, 2024
Kemenag Reformulasi Besar-besaran Pelaksanaan Diklat, Ini Sebabnya

Kemenag Reformulasi Besar-besaran Pelaksanaan Diklat, Ini Sebabnya

0 0
Read Time:2 Minute, 6 Second

harfam.co.id – Badan Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan dan Pelatihan (Balitbang Diklat) di bawah Kementerian Agama (Kemenag) tengah melakukan penataan ulang pengembangan keterampilan sumber daya manusia (SDM). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Suyitno mengatakan, reformulasi yang sudah selesai meliputi aturan, urgensi, pola operasional, kurikulum dan sumber daya manusia dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (diklat).

Hal itu disampaikan Suyitno saat peluncuran Pameran Reformasi Keterampilan SDM Kemenag yang digelar Pusdiklat Teknis Kemenag di Bintaro.

“Ke depan, pengajaran di Kementerian Agama harus fleksibel dan efektif. Hari ini kita reformulasi secara besar-besaran, berdasarkan urgensinya, cara pelaksanaannya, kurikulumnya, tujuan sumber daya manusianya. Satu hal Yang juga penting menurut saya adalah kita perlu merumuskan kembali widya iswara,” kata Suyitno di Bintaro, Senin, 18 Desember 2023.

Suyitno menambahkan, reformulasi pengembangan keterampilan yang berlangsung direncanakan sejalan dengan kebutuhan dan perkembangan terkini. “Ini akan berdampak luas pada sistem pengembangan SDM Kementerian Agama,” ujarnya.

Suyitno menilai banyak bentuk pelatihan sudah tidak relevan lagi dengan kondisi saat ini. Bahkan, terkadang ada kecenderungan latihan dilakukan sepenuhnya seperti biasa. Oleh karena itu, upaya reformulasi dilakukan.

Dalam acara yang dihadiri pejabat Puslitbang Kemenag, Pusdiklat Keagamaan, dan Widya Iswara, Suyitno mengajak jajarannya untuk berkomitmen penuh melaksanakan reformulasi pengembangan keterampilan SDM.

“Pendidikannya harus fleksibel. Hal ini merupakan bagian dari reformulasi pendidikan. “Kami tidak akan berhenti melakukan reframing pengembangan sumber daya manusia,” lanjut Suyitno.

Hal serupa diungkapkan Kepala Staf Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbangdiklat Mastuki. Menurutnya, pengembangan kompetensi merupakan sebuah kebutuhan bagi Kementerian Agama yang memiliki sumber daya manusia yang luar biasa banyaknya.

“Terus menerus dilakukan pengembangan sumber daya manusia yang baik dan tepat guna akan memberikan kontribusi penting terhadap peningkatan kapasitas, kesesuaian dan fleksibilitas sebagai lembaga pembelajaran,” jelasnya.

“Pengembangan sumber daya manusia yang relevan dilakukan dengan merekrut pegawai baru, serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang ada,” tambah Mastuki.

Mastuki juga mengatakan, pihaknya telah menyusun naskah akademik yang komprehensif berdasarkan serangkaian identifikasi masalah, kondisi obyektif, dan tantangan baru. Pemerintah juga telah melakukan kajian legislatif dan melibatkan beberapa pemangku kepentingan untuk mengkritisi teks tersebut sebelum menjadikannya sebuah teks yang dapat dibaca oleh pengguna dan pembuat kebijakan.

“Kami berharap reformulasi pelatihan dan pengembangan keterampilan ini dapat menjadi pedoman bagi penyelenggara, pengelola di satuan kerja pusat dan daerah, serta pedoman bagi pemangku kepentingan dan pengguna pada umumnya,” tegas Mastuki.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. LG Electronics perkuat pasar di Indonesia melalui riset dan pengembangan LG Electronics terus memperkuat posisinya di pasar Indonesia melalui pusat penelitian dan pengembangan (R&D) yang berlokasi di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. harfam.co.id.co.id 23 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link