September 21, 2024
Tiang Listrik PLN Bisa untuk Mengecas Kendaraan Ramah Lingkungan, Ini Wujudnya

Tiang Listrik PLN Bisa untuk Mengecas Kendaraan Ramah Lingkungan, Ini Wujudnya

0 0
Read Time:1 Minute, 39 Second

harfam.co.id, Jakarta – PT PLN (Persero) menciptakan ekosistem kendaraan listrik dengan beberapa cara. Salah satunya adalah inovasi transformasi tiang listrik menjadi Stasiun Pembangkit Listrik Umum Kendaraan Listrik (SPKLU).

Menurut Direktur Utama PLN Dharmavan Prasojo, inovasi ini merupakan cerminan keseriusan PLN dalam mendukung infrastruktur ekosistem EV.

Pasalnya, mobil listrik saat ini sedang populer di kalangan masyarakat karena irit dalam hal perawatan dan biaya listrik serta mampu mengurangi emisi CO2 secara signifikan.

 “Kami sangat serius dalam mempercepat ekosistem mobil listrik karena terbukti lebih hemat bagi masyarakat dan dapat mengurangi emisi karbon secara signifikan serta mencapai tujuan Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 atau bahkan lebih cepat lagi.” Dia menjelaskan kepada Dharmavan bahwa hal itu ditulis pada Rabu (1 Oktober 2024).

Charger tipe PLN EYE atau SPKLU merupakan inovasi penawaran EV charger dengan tiang listrik PLN.

Ketersediaan EV Charging diharapkan dapat tersedia bagi seluruh pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi baterai kendaraannya.

“PLN berkomitmen mendukung ekosistem EV yang kuat di Tanah Air. Dengan berkembangnya berbagai inovasi, kami berharap masyarakat semakin percaya diri untuk beralih ke kendaraan listrik karena stasiun pengisian daya semakin mudah ditemukan,” kata Dharmawan.

 

Sementara itu, Kepala Teknik PLN Raisi Rahmatullah menjelaskan, tiga prototipe SPKLU MATA PLN kini sudah terpasang dan berfungsi. Pendistribusiannya akan dilakukan sebanyak dua kali di Kantor PLN KS Tubun, Jakarta Barat, dan satu kali di Sekolah Dasar (SD) Jasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Saat ini terdapat dua jenis kapasitas SPKLU MATA PLN, yaitu 7 kilowatt (kW) dan 22 kW, yang dikembangkan oleh PLN Teknik untuk pengisi daya yang dipasang di tiang, baik model untuk pemasangan di luar ruangan (tiang listrik beton) maupun model yang dipasang di dalam kotak. batang (batang besi) harus dipasang.

Selanjutnya akan dilakukan evaluasi dan penyempurnaan agar dapat menjadi standarisasi seluruh pengisian tiang SPKLU kedepannya.

Lanjut Pembicara, Berkat transformasi digital, kehadiran SPKLU PLN semakin mudah dengan bantuan PLN Mobile Apk.

Pengguna kendaraan listrik cukup membuka aplikasi PLN Mobile di menu kendaraan listrik dan SPKLU PLN terdekat akan otomatis ditemukan.

Pengarang : Maulandi Rizki Bayu Kenkana

Sumber: harfam.co.id

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link