September 21, 2024
Bangun Jalan Tol IKN, 2 Ribu Hektare Permukiman Warga Bakal Kena Gusur

Bangun Jalan Tol IKN, 2 Ribu Hektare Permukiman Warga Bakal Kena Gusur

0 0
Read Time:1 Minute, 11 Second

JAKARTA – Pemerintah akan memindahkan rumah warga di dekat wilayah utama nusantara atau IKN karena alasan pembangunan. Kompensasi akan diberikan kepada warga terdampak berupa ganti rugi tanah dan rumah yang dibangun untuk rehabilitasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvs) Luhut Binsar Pandzaitan mengatakan, saat ini lahan seluas 2 ribu hektare belum dilepas dan ditempati warga sekitar IKN.

“Ini sebagian sekitar 2 ribu hektare (yang akan dialihfungsikan), yang ada rumah atau kebun, masih kita pindahkan dan kita bangun (rumah baru),” ujarnya saat Menko Luhut mengunjungi IKN. Rabu (8/5/2024).

Luhut menargetkan penyelesaian pembebasan lahan pada akhir Mei. Mengingat diperlukan waktu penyelesaian yang cepat untuk menyediakan lahan guna mendukung pembangunan ibu kota baru.

Oleh karena itu, saya mohon kepada Kapolda, Pangdam untuk menginformasikan kepada masyarakat, mari kita bekerja dulu sampai yang lain bebas, tapi akhir bulan ini semuanya akan kita selesaikan, ”ujarnya. lanjutan.

Lebih lanjut, Menko Luhut mengungkapkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan pembangunan rumah bagi warga terdampak pemukiman kembali. Harapannya, rumah yang dibangun akan memiliki standar yang lebih baik dan tata ruang yang rapi.

Dalam acara yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kawasan warga yang terkena dampak pembangunan Tol IKN seksi 6A dan 6B, kawasan ibadah, serta perumahan bertingkat akan direhabilitasi. Sepaku sering menyebabkan banjir. .

“Ada masyarakat di hutan. (Tempat pemukiman kembali) dari OIKN karena itu tanah yang dikuasai, kawasannya sedang dikembangkan oleh OIKN. Jadi dekat sini juga,” pungkas Menteri Basuki.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link