September 21, 2024
Digitalisasi jadi Kunci Kebut Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Digitalisasi jadi Kunci Kebut Pertumbuhan Ekonomi Daerah

0 0
Read Time:4 Minute, 24 Second

 

harfam.co.id, Jakarta Upacara penutupan “Jakarta Creative Festival 2024” digelar di Jakarta. Jakarta Creative Festival 2024 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk memajukan dan mengembangkan sektor ekonomi kreatif Jakarta.

Festival ini menghadirkan wirausahawan dari berbagai bidang, termasuk fashion, makanan, musik, seni visual, dan teknologi. 

Ari Rinaldi, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, menilai digitalisasi menjadi kunci mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Ari menambahkan: “Bank DKI akan bekerja keras untuk memperluas jangkauan layanan digital dan berinvestasi pada teknologi terkini untuk menciptakan nilai tambah bagi masyarakat dan daerah”.

Selain itu, Bank DKI juga turut serta dalam acara tersebut bekerja sama dengan Bapenda DKI Jakarta yang menyediakan layanan pembayaran pajak digital. Bank DKI juga telah memperkenalkan berbagai produk dan layanan digital untuk memudahkan transaksi perbankan non tunai. Memberikan dukungan finansial kepada UKM

Berbagai upaya dilakukan Bank DKI untuk mendukung pertumbuhan UKM, salah satunya melalui program digitalisasi pasar yang dimotori PD Pasar Jaya yang memungkinkan para pedagang dan pembeli di ekosistem pasar membayar pembelian melalui akses layanan digital melalui QRIS. Karena pembayaran retribusi pasar dan pajak dapat dilakukan melalui JakOne Mobile Bank DKI.

Hal ini mencakup kredit mikro dan UKM, serta berbagai produk dan layanan yang dapat diakses dengan mudah oleh UKM, seperti Pinjaman Rumah Tangga (KUR) yang tersedia melalui salah satu bank penyalur, yaitu Bank DKI.

Selain itu, Bank DKI memperkenalkan Kartu Pariwisata Jakarta yang merupakan hasil kerja sama Bank DKI dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi untuk memberikan solusi digital bagi wisatawan Jakarta dengan informasi terkini pihak lain untuk mempromosikan pariwisata. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan destinasi, transportasi, dan layanan perjalanan lainnya di Jakarta.

 

 

 

 

Bank DKI kembali mendapat rating tinggi dari Bank Indonesia, dan kali ini Bank DKI bersama 13 bank lainnya terpilih menjadi bank penghubung bisnis pembiayaan UKM. Penghargaan tersebut diterima secara pribadi oleh Kepala Ritel dan Syariah Bank DKI Henky Octavianus pada acara penutupan Jakarta Innovation Festival 2024 di Jakarta.

Sembari mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut, Henkey menegaskan bahwa industri perbankan saat ini sedang melalui masa persaingan yang ketat. Oleh karena itu, Bank DKI berupaya untuk terus beradaptasi, berkembang dan berinovasi untuk mempertahankan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Penghargaan ini mendorong Bank DKI untuk terus mengembangkan produk dan layanan digital, termasuk mendukung sektor UKM yang menjadi tulang punggung perekonomian, sebagai bentuk dukungan Jakarta untuk mencapai visinya menjadi kota global, ujarnya. Henky.

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran masuk modal asing pada minggu pertama Juni 2024. Namun mulai awal tahun 2024, aliran modal asing ke Indonesia akan terus meningkat.

Asisten Gubernur Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan berdasarkan data transaksi 3-6 Juni 2024, nonresiden meraup omzet bersih di pasar keuangan domestik sebesar Rp1,36 triliun.

“Catat pembelian bersih Rp2,42 triliun, penjualan bersih Rp0,66 triliun di pasar SBN, penjualan bersih Rp1,45 triliun di pasar saham, dan Surat Berharga Bank Indonesia Rupiah (SRBI) Rp4,53 triliun termasuk pembelian bersih Rp2,42 triliun. Erwin, Minggu (6 September 2024) dikutip dari situs resmi Bank Indonesia.

Ervin menambahkan, berdasarkan data perkiraan 6 Juni 2024, pada tahun 2024 nonresiden memiliki penjualan bersih di pasar SBN sebesar Rp36,02 triliun, penjualan bersih di pasar saham Rp8,01 triliun, dan pembelian bersih Rp101,34 triliun. . telah melakukan. triliun pada SRBI.

Melihat kenyataan angka tersebut, investor asing atau modal asing masih mempercayai pasar keuangan Indonesia, karena modal asing yang masuk lebih banyak dibandingkan yang keluar.

Erwin mengatakan: “Bank Indonesia terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makro sistem keuangan dan perekonomian untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui penguatan koordinasi dengan Pemerintah dan lembaga terkait.”

Tarif CDS Premium 5 tahun Indonesia turun menjadi 70,50 bps per 6 Juni 2024 dari 71,18 bps pada 31 Mei 2024. Nilai tukar rupiah Rp 16.255 per USD dan SBN (Pemerintah) 10 tahun. Suku bunga Securities) turun menjadi 6,89%.

Sebelumnya, perekonomian Amerika Serikat (AS) tumbuh kurang dari perkiraan pada kuartal I 2024. Realitas pertumbuhan ekonomi AS lebih rendah dari perkiraan pada awal tahun.

Biro Analisis Ekonomi Departemen Perdagangan AS melaporkan pada hari Jumat, 26 April 2024 di CNBC International bahwa produk domestik bruto (PDB), atau pertumbuhan ekonomi negara tersebut, naik 1,6% pada kuartal pertama tahun 2024.

Angka tersebut lebih rendah dari kenaikan sebesar 2,4% yang diperkirakan oleh para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones, setelah kenaikan sebesar 3,4% pada kuartal keempat tahun 2023 dan kenaikan sebesar 4,9% pada periode sebelumnya.

Belanja konsumen AS juga menurun, naik hanya 2,5% pada kuartal pertama tahun 2024, turun dari 3,3% pada kuartal keempat dan di bawah perkiraan Wall Street sebesar 3%.

Namun, investasi tetap dan belanja pemerintah di tingkat negara bagian dan lokal membantu menjaga PDB AS tetap positif pada kuartal pertama, sementara penurunan investasi inventaris swasta dan peningkatan impor mengurangi dampaknya.

Sementara itu, ukuran inti inflasi Federal Reserve, indeks harga konsumen, naik 3,4% tahun-ke-tahun pada kuartal pertama dan 1,8% pada kuartal keempat. tahun 2023.

Tidak termasuk pangan dan energi, PCE inti AS naik 3,7%, melebihi target The Fed sebesar 2%. 

“Ini adalah laporan terburuk, pertumbuhan lebih lambat dari perkiraan, dan inflasi lebih tinggi dari perkiraan,” kata David Donabedian, kepala investasi AS di CIBC Private Wealth.

“Akan ada penurunan suku bunga, yang tidak diperkirakan oleh investor,” katanya. Hal ini menyebabkan (Ketua Fed Jerome) Powell mengambil tindakan tegas pada pertemuan [(Komite Pasar Terbuka Federal)] minggu depan.”

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link