September 21, 2024
Jangan Anggap Remeh Bersepeda, Bisa Kurangi Risiko 2 Masalah Sendi

Jangan Anggap Remeh Bersepeda, Bisa Kurangi Risiko 2 Masalah Sendi

0 0
Read Time:2 Minute, 32 Second

harfam.co.id, Jakarta Bersepeda bukan hanya olahraga yang aman, tapi juga membantu mencegah nyeri lutut dan radang sendi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Latihan menemukan bahwa orang paruh baya yang bersepeda secara teratur atau pernah bersepeda seumur hidup mereka, 17 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami nyeri lutut, dan 21 dari 100 orang tidak mengalami nyeri lutut.

Grace Lo, MD, asisten profesor imunologi, alergi dan rematologi di Baylor College of Medicine di Houston, mengatakan sulit untuk melacak efek seumur hidup dari berbagai jenis olahraga terhadap kesehatan sendi. Namun bersepeda terbukti memberikan manfaat yang signifikan.

Osteoartritis adalah jenis kanker yang paling umum dan dapat menyerang satu atau kedua lutut seiring bertambahnya usia, menyebabkan gejala seperti nyeri sendi, bengkak, dan kaku, menurut Klinik Cleveland.

Beberapa orang mungkin hanya mengalami satu gejala, sementara yang lain mungkin mengalami pembengkakan dan nyeri yang menyulitkan melakukan tugas sehari-hari seperti berkebun atau membersihkan rumah atau bahkan bekerja.

Tidak ada obat untuk nyeri lutut, namun dokter sering merekomendasikan olahraga berdampak rendah seperti bersepeda, berenang, atau berjalan kaki. Hindari aktivitas berdampak tinggi seperti berlari atau bermain tenis untuk membantu mengendalikan gejala. 

Dalam studi baru ini, para peneliti fokus secara khusus pada faktor-faktor yang mendorong bersepeda. 

“Studi ini melaporkan bahwa orang yang bersepeda kapan saja dalam hidupnya mengalami lebih sedikit nyeri lutut dan lutut dibandingkan mereka yang tidak pernah bersepeda,” kata Lo, dilansir Health Today, Rabu, 24 Juli 2024.

 

Justin Keogh, PhD, Profesor dan Kepala Ilmu Kesehatan dan Kedokteran di Bond University Queensland, menjelaskan bahwa osteoartritis sering kali dikaitkan dengan berkurangnya massa otot, fungsi otot dan tingkat olahraga, serta peningkatan lemak tubuh.

“Perubahan ini membuat aktivitas sehari-hari seseorang menjadi lebih sulit dan meningkatkan tekanan pada sendi lutut selama aktivitas seperti berjalan, menaiki tangga, dan jongkok,” kata Keogh, yang tidak terlibat dalam studi baru tersebut.

Keogh menambahkan bahwa bersepeda dan olahraga lainnya dapat membantu mengurangi hilangnya massa otot, fungsi otot, dan aktivitas fisik yang disebabkan oleh osteoartritis, sehingga dapat mengelola gejalanya dengan lebih baik dalam jangka panjang.

Salah satu kelemahan penelitian ini adalah peneliti mengandalkan partisipan untuk mengingat dan melaporkan kebiasaan olahraga mereka selama beberapa tahun, sehingga hasilnya mungkin dipengaruhi oleh bias.

Selain itu, orang yang bersepeda secara teratur sepanjang hidupnya mungkin mengembangkan beberapa kebiasaan positif yang membantu mengurangi risiko nyeri lutut atau lutut.

Penelitian ini juga tidak dirancang untuk menentukan frekuensi, intensitas, atau durasi bersepeda yang optimal untuk pencegahan atau penatalaksanaan osteoartritis lutut.

Namun, peserta penelitian yang bersepeda dua hingga lima kali seminggu selama 20 hingga 60 menit per sesi melaporkan manfaatnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa mengubah rutinitas bersepeda bisa efektif. Frekuensi, intensitas, dan durasi optimal mungkin perlu disesuaikan secara individual dengan penderita osteoartritis lutut,” kata Keogh.

Sekalipun Anda menderita osteoartritis lutut, tidak ada kata terlambat untuk mulai bersepeda, kata Scott Barbuto, MD, PhD, asisten profesor kedokteran dan rehabilitasi di Columbia University Irving Medical Center di New York. sedang membaca.

“Menguatkan otot di sekitar persendian dapat membantu mengurangi tekanan dan mengatasi nyeri akibat osteoartritis. Tentu saja latihan ini tidak bisa menghilangkan penyakit yang ada,” kata Barbuto.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link